Susur Selokan Mataram sampai Candi Prambanan

 

Tidak ada kata bosan saat bersepeda melewati persawahan, pepohonan dan sungai yang mengalir deras. Suasana seperti itu saya nikmati saat bersepeda melewati selokan mataram menuju Candi Prambanan. Minggu (1/7) saya bersama 17 teman dari komunitas MTB Federal melewati selokan mataram sampai komplek Candi Prambanan. Tujuan bersepeda kali ini yaitu survei rute untuk jambore komunitas sepeda MTB Federal Indonesia yang akan dilaksanakan pada Jum’at-Minggu (23-25/11) di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta. Seperti biasa, 06:00 di Tugu Jogja adalah lokasi start yang kita pilih untuk memulai perjalanan bersepeda kali ini. *pasang tripod*

Foto Bersama di Tugu Jogja | Source: Eskawan Azis

Satu jam menunggu teman-teman datang. 07:00 kita berangkat dari Tugu Jogja menuju selokan mataram bagian timur yang menghubungan Jalan Seturan dan Babarsari. Kalau dari Tugu Jogja ambil arah timur menuju Jalan Solo melewati Jalan Sudirman, Cik Di Tiro (Bundaran UGM), Gejayan sampai perempatan Babarsari. Kita memilih rute tersebut karena lebih safety, diperkirakan peserta jambore dihadiri 300 pesepeda se-Indonesia. Dari Jalan Babarsari menuju Seturan, kita akan bertemu jembatan yang dibawahnya mengalir selokan mataram. Kalau ke timur menuju Candi Prambanan.

Masuk selokan mataram sampai komplek Candi Prambanan, jalur yang dilewati lumayan sempit, semi offroad dan berbatu. Itu beberapa kenikmatan bersepeda melewati sungai dan pedesaan di Jogja. Rute seperti itu kurang lebih 5 kilometer dari selokan mataram Seturan sampai komplek Candi Prambanan. Pemandangan yang selalu terlihat yaitu sawah yang menguning *waktu panen*, petani sibuk menanam padi dan air mengalir. Masuk wilayah Kalasan yang memang terkenal dengan wilayah candi, kita bisa melihat Candi Sari. Candi Sari adalah candi Buddha yang letaknya tidak jauh dari Candi Sambi Sari. Kalau dari Candi Sari, 2 kilometer sudah masuk komplek Candi Prambanan. Karena sudah terbiasa berfoto di Candi Prambanan, kita langsung menuju lokasi lain yaitu Candi Plaosan di samping timur Candi Prambanan.

Ini beberapa dokumentasi Eskawan Azis, salah satu teman dari komunitas MTB Federal Jogja. Cuaca Jogja yang begitu panas dan lalu lintas kendaraan yang macet, survei rute jambore kali ini berakhir di Candi Plaosan.

Candi Sari, Kalasan, Jogja | Source: Eskawan Azis
Candi Plaosan Lor, Prambanan, Klaten | Source: Eskawan Azis

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s