5 Tempat Paling Menyenangkan di Cilacap

hmm.. ini postingan tidak berhubungan dengan #gowes. Saya mengikuti topik menulis blog #seminggusatu adalah 5 tempat paling menyenangkan di kota anda. Setelah membaca postingan teman-teman blog: Wijna, Pitra, Fanabis dan Suprie *lanang kabeh*. Saya akan menceritakan 5 tempat paling menyenangkan di kota kelahiran saya yaitu Cilacap #ngapak. Saya bangga sejak lahir sampai dengan SMA dibesarkan di kota Cilacap. Sesuai slogan: Cilacap Bercahaya, Cilacap termasuk kota kecil di selatan Pulau Jawa yang memiliki pantai, laut, pulau, pelabuhan, bandara dan pabrik. Yaudah deh.. Daripada kepanjangan ngomongin Cilacap yang terkenal juga dengan kasus korupsinya. Ini dia 5 tempat paling menyenangkan di Cilacap. Cekidooot..!!

1. Pantai Teluk Penyu

Terletak di Cilacap Selatan. Pantai Teluk Penyu membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap) sampai selatan (Pulau Nusakambangan). Pantai Teluk Penyu sangat cocok untuk menikmati panorama ombak besar, perahu tradisional dan kapal-kapal tanker yang sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Intan, Pulau Nusakambangan yang terlihat hijau, Kilang minyak Pertamina yang berdiri tegak dan kuliner khas hasil laut yang dijual di sepanjang pantai.

2. Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan termasuk wilayah Cilacap Selatan yang dipisahkan oleh Selat Segara Anakan dengan daratan Pulau Jawa. Pulau Nusakambangan dikenal juga pulau penjara yang mempunyai kesan menyeramkan. Orang-orang Indonesia yang memiliki kasus besar seperti pembunuhan, korupsi, dll. dilarikan di Pulau Nusakambangan. Pulau Nusakambangan memiliki daya tarik wisata seperti goa, pantai, benteng, batu karang dan keindahan panorama alam, hutan cagar alam, dan hutan belantara.

3. Benteng Pendem

Benteng Pendem Cilacap merupakan markas pertahanan tentara Hindia-Belanda yang dalam bahasa Belanda “Kusbatterij Op De lantong Te Tjilatjap”. Di dalam Benteng seluas 6,5 Ha kita bisa merasakan diorama bangunan tempo dulu di jaman Belanda seperti 60 kamar/barak, benteng pengintai, gudang senjata, terowongan, ruang penjara, ruang rapat, ruang amunisi, ruang penyiksaan, ruang tembak dan tempat-tempat penting untuk pertahanan yang dikelilingi oleh pagar.

4. Kampung Laut

Sebuah kampung yang berada di atas laut segara anakan dan sekelilingnya merupakan wilayah perairan. Kita bisa menikmati goa karst, fauna laut, hutan bakau dan pola hidup masyarakat di atas perairan laut. Jika suka dengan makanan laut, Kampung Laut surganya kepiting gemes dan lobster. Untuk menuju Kampung Laut harus melewati Pulau Nusakambangan dan hutan bakau.

5. Sedekah Laut

Sedekah laut adalah tradisi/upacara tahunan bagi nelayan di perairan Cilacap sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sedekah laut dilaksanakan pada malam Jum’at Kliwon di bulan Syura. Sedekah Laut dilakukan oleh kelompok nelayan di wilayah Donan, Sidakaya, Sentolokawat, Tegal Katilayu, Lengkong dan Pandanarang. Saat ini sedekah laut oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap dijadikan sebagai event pariwisata tahunan Kabupaten Cilacap.

Advertisements

50 thoughts on “5 Tempat Paling Menyenangkan di Cilacap

  1. Wah manteb! banyak pantai.. jadi kepengen maen ke Cilacap. Eh btw, Nusakambangan, walaupun kesannya seram. Tapi katanya alamnya masih bagus yah ?

    1. Masih bagus bangeeet Mas! Habis dari Nusakambangan lanjut ke kampung laut. Kalau mau kesana ada pelabuhan sendiri khusus ke Pulau Nusakambangan. Biasanya ditanyain mau liburan/njenguk saudara (napi) =)

  2. Klo di Cilacap jangan lupa makan di Warung Klangenan jalan Gatot Subroto dekan Terminal Bis …. enak2 makananya

  3. Mas Bagus, didaerah Pantai Cilacap Bisa untuk tempat camping tidak? akhir tahun saya dan teman mau roadtrip Jawa, checkpoint pertama kemungkinan cilacap untuk kamping. terima kasih

      1. kangen sudah sama kampung halaman 3 tahun tidak injakan kaki di cilacap……aku bangga sma cilacap.ora ngapak ora kepenak…..

  4. aku wong cilacap tpi blm tau isi keindahan nya cilacap tiaap kli pulang mau jalan2 gak tau mana mana,,takut nyasar

  5. cilacap kotanya bersih,indah apalagi pantai teluk penyunya,jalan jalan naik motor atau sepeda sangat nyaman.

  6. InsyaAllah awal bln maret mau ke cilacap, meeting point ama tukang minyak (pacar) hahahahaha….. πŸ˜€
    nice info gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s