Beginning: Bikepacker Indonesia Pulang Kampung

Bikepacker Indonesia Pulang Kampung

Bikepacker Indonesia? Bikepacker Indonesia Pulang Kampung, itu apaan Gus?” Beberapa teman di dunia maya sering sekali menanyakan “Bikepacker Indonesia” yang tercantum di bio. twitter saya. Bikepacker Indonesia adalah sebuah semangat petualangan bersepeda jarak jauh dengan menikmati keindahan alam di seluruh daerah, mengenal lebih dalam budaya daerah sambil menikmati kuliner khas daerah tersebut. Dapat menambah dan mempererat tali persaudaraan di berbagai daerah. Serta mendukung kegiatan green environment dan mencegah pemanasan global. *copy-paste di facebook Bikepacker Indonesia*

Saya mengenal komunitas Bikepacker Indonesia di tahun 2010 saat acara touring sepeda “Kompas Jelajah Nusantara: Surabaya – Jakarta”. Waktu di acara tersebut saya berkenalan dengan Devin juga sebagai peserta touring dan bercerita mengenai perjalanan touringnya menggunakan folding bike (sepeda lipat) dari Jakarta menuju Sabang, Nangroe Aceh Darussalam. Saya cukup takjub “WOW!” beribu-ribu kilometer memakai sepeda!! Dari pertemuan itulah Devin menceritakan adanya komunitas Bikepacker Indonesia, teman-teman yang suka bepergian jauh/touring menggunakan sepeda. *elus2 bokong*

nah.. Karena forum dan social media (sepedaku.com, Facebook dan Twitter) ternyata diluaran sana sudah banyak orang yang melakukan perjalanan keliling Jawa, Indonesia maupun dunia menggunakan sepeda. Seperti teman saya Bambang Hertadi – Paimo yang pernah bersepeda mengelilingi dunia dan membuat buku “Bersepeda Membelah Pegunungan Andes”. Selain Om Paimo, ada teman saya di Surabaya yang ingin mengeksplor keindahan Pulau Jawa dengan sepeda: Turis Jawa. Ini video perjalanan Turis Jawa di Youtube. Keren!!

okesip! Saya juga bercita-cita suatu saat bisa melakukan perjalanan bersepeda seperti kedua teman tersebut. Bisa menikmati keindahan alam sambil mensyukuri ciptaan Allah SWT. Kalau sekarang karena aspek waktu dan budget touring, saya melakukan touring jarak dekat saja. Untuk waktu dekat ini, saya dan beberapa teman dari segala tempat akan melakukan perjalanan pulang kampung menggunakan sepeda ke kampungnya masing-masing diberi judul Bikepacker Indonesia Pulang Kampung. Insyaallah saya akan melakukan perjalanan bersepeda dari rumah saya Cilacap menuju kampung Ibu saya di Brebes.

Leave a Reply

