Polygon Xtrada 4.0 – 27,5 Review

Polygon Indonesia kembali membuat inovasi terbaru setelah berhasil pada lini sepeda 29’er (baca: rims ukuran 29). Nah, 2013 ini Polygon mengeluarkan sepeda baru dengan ukuran rims dan ban yaitu 27,5/650b. Untuk kesempatan ini saya mencoba sepeda Polygon Xtrada 4.0 – 27,5.

Fullbike Polygon Xtrada 4.0 - 27,5"

Fullbike Polygon Xtrada 4.0 – 27,5″

Seatstay Bridge Polygon Xtrada 4.0 - 27,5"

Seatstay Bridge Polygon Xtrada 4.0 – 27,5″

Crankset SR Suntour XCM 44/32/22T

Crankset SR Suntour XCM 44/32/22T

Rims ARAYA 27,5/650b

Decal Polygon Xtrada 4.0 - 27,5

Decal Polygon Xtrada 4.0 – 27,5

Tektro Hydraulic Discbrake

Tektro Hydraulic Discbrake

Bagaimana rasanya?

Saya merasakan hal yang berbeda ketika menaiki Polygon Xtrada 4.0 – 27,5 ini. Terlihat lebih tinggi, menggunakan ban lebih besar dan geometri frame lebih nyaman. Tinggi badan saya: 175 cm dan setiap harinya memakai sepeda dengan ban ukuran 26 X 1.50, berasa terlalu pendek sepeda saya setelah mencoba Polygon Xtrada ini.

Spesifikasi groupset dan wheelset sangat mumpuni untuk pemula yang ingin memiliki sepeda offroad/cross country. Crankset SR Suntour XCM: 44/32/22T sangat nyaman untuk melibas tanjakan. Ketika menghadapi turunan, Shimano Tektro Disc-Brake hydraulic berkarakter empuk ketika disentuh satu jari. Fork SR Suntour XCM 100mm untuk kelasnya berada di tengah setelah XCT dan diatasnya XCR, buat pemula sudah cukup ringan.

Polygon mengelompokkan Xtrada 4.0 ini di kelas MTB hardtail XC. Polygon Xtrada 27,5 ini hadir dengan beberapa tipe dan spesifikasi: 1.0, 2.0, 3.0, 4.0 dan 5.0. Bagi yang sudah profesional dan butuh akselerasi yang lebih bisa mencoba tipe diatasnya, yaitu Cozmic 27,5.

Isu yang beredar di forum pesepeda internasional, sepeda dengan ban 27.5 ini adalah inovasi terbaru yang akan menggantikan sepeda 26. Dari sisi akselerasi, momentum, angle of attack, bobot, improved roll overΒ sepeda 27,5 lebih nyaman diatas satu tingkat dibandingkan 26. Berminat?

231 thoughts on “Polygon Xtrada 4.0 – 27,5 Review

  1. warm

    mantap, skarang ada bikin review produk sagala hehe
    saya sih masih seneng ban 26, rasanya pas ukurannya dan suku cadang juga relatif ditemukan dimana2 gus, saya pikir masih blm bisa ngalahin 26 :mrgreen:

    Suka

    Balas
  2. Titiw

    Kak, aku punya Xtrada ini juga tapi kayaknya versi di bawahnya. Gak ada yang buat cewek ya? Aku dapet dari acara kontes lari karena juara 2. Hehe.. Pengen jual tapi sayang, tapi sepeda cowok. Aku kan gak terlalu tinggi jadi takut kejedug batang di tengah itu. Huhu.. Menurutmu, jual aja atau biar dipake nanti sama suami? Kalo udah punya. Aamiin. :))

    Suka

    Balas
    1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

      Kalau buat cewek Polygon ngeluarin tipe: Cleo, mulai dari 1.0: . Saranku simpen aja.. Kalau dijual harganya anjlok, sepeda baru harganya udah mulai naik (efek dollar). Misalnya Kak Titiw tetep pakai Xtrada hadiah itu, diturunin aja seatpostnya (batang di bawah saddle) paling mentok biar nyaman untuk ke kantor/car free day. πŸ™‚

      Suka

      Balas
  3. Anugrah Pasca Ramadhani

    26 vs 27,5 vs 29 . mana yg lebih baik? ga ada yg lebih baik. Anda tidak bisa membuat statement “27’5 berada di atas 26 dalam hal kontrol, traksi, dll” karena apa? karena ukuran sepeda itu menyesuaikan ukuran tubuh pesepedanya! camkan itu! orang dengan tinggi 170 ke atas mungkin memang akan berkata 27’5 atau 29 lebih baik untuk mereka, tapi tetap saja untuk orang yg lebih rendah dari itu, 26′ adalah pilihan terbaik. Lagi pula sudah bertahun2 setiap orang memakai 26′ dan tidak ada masalah. Sekarang hanya karena para produsen dan pemasar sepeda itu bilang 26′ itu sudah ketinggalan zaman, apa lantas 26′ itu benar2 buruk? pikirkan lagi!
    nampaknya anda telah termakan omong kosong pemasaran para pemasar sepeda dunia yang mengatakan kalau 26′ is dead.

    dan yang lebih penting lagi, RIDE WHAT YOU’VE GOT!
    jangan jadi ‘banci teknologi’ yang selalu ngeluh ttg sepedanya.

    SAYA PAKAI SEPEDA CUSTOM BUILD DENGAN FRAME POLYGON PREMIER 3.0 DAN SEMUANYA BAIK2 SAJA!

    Suka

    Balas
  4. masbebe

    hehe…makasih trir nya mas. dan sy setuju ma mas anugrah..kebetulan tinggi sy cm 160cm. sy lbh nyaman pakai yg 26″. krn handlingnya di tangan sy lbh hidup. scr speed memang kalah ma 27,5″. tp untunglah..sy penganut aliran offroad non speed (mbuh iki aliran opo). suka track gunung, sawah, sungai sambil lirik2 yg mandi (upss), hutan cemara, alami..dan ga butuh speed. just enjoy the our natural world…
    salammmm….

    Suka

    Balas
  5. masbebe

    hehe…makasih trit nya mas. dan sy setuju ma mas anugrah..kebetulan tinggi sy cm 160cm. sy lbh nyaman pakai yg 26″. krn handlingnya di tangan sy lbh hidup. scr speed memang kalah ma 27,5″. tp untunglah..sy penganut aliran offroad non speed (mbuh iki aliran opo). suka track gunung, sawah, sungai sambil lirik2 yg mandi (upss), hutan cemara, alami..dan ga butuh speed. just enjoy the our natural world…
    salammmm….

    Suka

    Balas
  6. Roswidyatmoko

    Salam Gowes mas Bagus, kebetulan saya pakai Xtrada 4 tahun 2010/2011 yang warna coklat. Spesifikasi masih ori hanya saya tambah aksesoris. Salam kenal mas. Asli Bantul merantau Bogor. Coba track Bogor mas ada beberapa jalur yang menurut saya (pemula) lumaya berat. Hehehe

    Suka

    Balas
  7. kang rahman

    saya pake xtrada 5.0 TB 178cm terasa nyaman pake frame 16″ dan ban uk. 26 dan lbh bisa menguasai medan terjal ketika naik turun gunung……………….

    Suka

    Balas
  8. kang rahman

    Bila telah mengetahui ukuran frame sepeda yang tepat untuk ukuran badan kita, misalnya MTB ukuran 17 inch, sedangkan untuk beberapa merek ukuran ini tidak tersedia, maka lebih disarankan untuk mengambil atau memilih ukuran satu inch di bawahnya ketimbang ukuran di atasnya. Jadi lebih disarankan memakai ukuran 16β€³ daripada yang 18β€³, karena pada umumnya seseorang akan lebih menguasai sepeda yang lebih kecil dari badannya dibandingkan ukuran yang kebesaran (β€œkegedean”).

    Suka

    Balas
  9. abud

    mas bagus, mau minta saran nih, saya masih pemula nih soal sepeda gunung mas,
    kata mas bagus sepeda yang enak dipake yang mana premier 4.0 ato xtrada 4.0 tapi buka yg versi 27,5 soalnya saya gk terlalu tinggi, heehe

    makasih sebelumnya

    Salam Gowes dari Bandung πŸ™‚

    Suka

    Balas
    1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

      Hmm.. Kalau saya sarankan Xtrada 4.0 saja, karena geometrinya sudah cukup nyaman buat offroad + part bawaanya lebih bagus dibanding Premier 4.0. Tapi kembali ke budget pembelian sepeda Om Abud. Salam gowes! πŸ˜€

      Suka

      Balas
      1. rin_tesaiga

        Sekarang saya lg semangat2nya nyari info ttg MTB.., coz mo beli…
        Tadinya udah tertarik sama premier 4.0 (warna_nya biru,,, my fav.colour)
        Trus lanjut browsing, ketemu premier 4.0 yg 27,5 (sayangnya kurang sreg ama warna putih-merah)
        Abz liat d blog ini,,, pikiran saya mulai terbuka utk ngelirik xtrada 4.0 yg 27,5 kayak punya Mas bagus (warnanya biru juga).
        Mohon sarannya mas bagus,,, MTB yg cocok bwt saya,,, cwe dgn tinggi 157cm…, dipake_nya bwt santay car free day,,, sekali2 bwt ikut naik gunung jg…

        Suka

  10. Xayi78

    Wah jadi kepengen nih, kebetulan lg pengen gnti ke xtrada setelah sebelumnya pake premier 4.0. Mudah mudahan bisa terwujud

    Suka

    Balas
      1. Xayi78

        Om, kalau saya ambil cosmic cx 1.0 26″, terus suatu saat saya ganti pelek dan ban uk. 27,5 apakah bisa, terus menurut Om frame yg lama dengan yg baru(27,5) bagusan mana baik dari segi kekuatan maupun geometri soalnya model frame’y berbeda, mksh atas penjelasannya.

        Suka

      2. Bagus Gowes Penulis Tulisan

        Cosmic CX 1.0 – 26″ dengan 27,5″ sudah beda framenya. Gak bisa ganti pelek ke 27,5″. Untuk kekuatan dan geometri lebih bagus yang terbaru 27,5″, kenapa? Karena material pasti lebih baru dan teknologi mereka pasti sudah mengubahnya. πŸ™‚

        Suka

  11. Suparka

    permisi bang, moh
    on sarannya, saya tertarik beli polygon cozmic cx 2.0 2.75 dengan frame 16 ‘, tapi
    yg tersedia cuma yg frame 17′, tinggi saya 164 cm, bb 60 kg. apa frame 17’ tdak kebesaran? kemarin saya coba di toko , terima kasih, salam goeeees!

    Suka

    Balas
  12. rin rosyarina

    Sekarang saya lg semangat2nya nyari info ttg MTB.., coz mo beli…
    Tadinya udah tertarik sama premier 4.0 (warna_nya biru,,, my fav.colour)
    Trus lanjut browsing, ketemu premier 4.0 yg 27,5 (sayangnya kurang sreg ama warna putih-merah)
    Abz liat d blog ini,,, pikiran saya mulai terbuka utk ngelirik xtrada 4.0 yg 27,5 kayak punya Mas Bagus (warnanya biru juga).
    Kalo menurut spek,,, dari ketiga tipe sepeda di atas,,, mana yg lebih bagus Mas…? Gimana urutannya…? Saya udah coba bandingin 3 tipe MTB itu di web polygon,,, tp saya msh kurang ngerti mana yg lebih unggul.
    Mohon sarannya Mas Bagus,,, MTB yg cocok bwt saya,,, terkait dgn ukuran frame sepeda,,, saya cwe dgn tinggi 157cm, berat 55kg…, dipake_nya bwt santay car free day,,, sekali2 bwt ikut naik gunung jg…
    (Dan yg paling penting,,, dipakenya nyaman,,, ringan bwt gowes)
    Mohon penjelasannya (^_^r)

    Suka

    Balas
  13. yadi

    salam kenal pak/mas bagus. kalo disuruh milih bekas, polygon xtrada 4 2013 standard dan polygon xtrada 5 2011 (udah upgrade hidrolik,crank set deore,fork epicon) milih mana ya mas? mohon segera dijawab, maklum newbie ga sabar nih beli sepeda. hehe. terima kasih

    Suka

    Balas
  14. ade fauzan

    selamat malam mas bagus,nama saya ade dari batam…..bagi-bagi info ttg sepeda wimcycle gt sensor4 2012…,saya mau beli tp sepeda nya di daerah banjar jawa barat…..mohon bantuan nya mas bagus

    Suka

    Balas
  15. Mz. Rangga

    maz Bagus, mau tanya nih, aqu tb180 / bb 75, pingin sepedaan. cocoknya pakai sepeda yg type apa dg bajed mx 5 jt, trimakasih. coz aq pemula/baru pingin mulai ikut2an bersepeda.

    Suka

    Balas
    1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

      Cari sepeda yg ukuran framenya 17,5/18 inch. Harga 5 juta banyak pilihannya: Polygon, Wim Cycle – Thrill Agent, Specialized. Tinggal pilih warna kesukaanya aja. ^^

      Suka

      Balas
  16. yuni

    Gan, saya cewek mo beli sepeda untuk kerja, saya kerja di area perkebunan, jalan ke arah tempat kerja belum aspal, tanah lempung bergelombang cenderung becek kalau hujan. sepeda yang cocok apa ya, tinggi 161 berat 73 :), Ane ngincer Cleo 3/4 atau Xtrada 3/4, cocok kah? mana yang lebih cocok, Kalau cewek overweight pakai XTrada 4 nyaman kah? Maksudnya Kalao beli Xtrada kan bisa juga dipakai suami, kalau Cleo kan sepeda cewek.. mohon pencerahannya

    Suka

    Balas
    1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

      Mau beli sepeda buat keluarga (suami), beli Polygon Xtrada saja. Kalau mau beli Polygon Cleo, langsung ganti seatpost yang ukuran 40cm. Kalau suami Mba’ Yuni lebih tinggi, bisa ditinggikan seatpostnya. πŸ™‚

      Suka

      Balas
  17. graha

    Salam gowes dulu mas,

    Mas bagus., saya lagi bingung sangat memilih sepeda ni., pemula sangat di dunia gowes

    Klo dari striping frame kepincut ama xtrada 5.0 2014 (item merah doff) tap kynya spec ngga jauh beda sama ya 4.0 2014, sbenernya bedanya apakah ya? Beda harganya lmyn sampe 600k d r*dali*k ,
    TB : 188, BB : 82
    Sempet liat united miami 29er, kepincut jg, haha,,
    Keperluan brangkat kantor, sama rncananya sesekali ikut ke gunung bareng org kntr,

    Banyu pencerahan mas,

    Suwun.,

    Suka

    Balas
      1. graha

        Klo united miami 779 (29er) kira2 sudah cukup blm y mas, klo upgrade groupsetnya ken brp ya? mau ngelirik polygon yang 29er ngga tahan harganya, haha, budget d 5jt-an, klo ganti seatpost itu mksdnya gmn y? Dganti dgn apa? Mklum nubi nih

        Suwun ms bagus

        Suka

  18. Mr. Aulia

    mas bagus, saya lagi bingung nih nyari-nyari info tentang mtb yang bagus.
    kalo polygon Premier 4.0 27.5 sama polygon broadway 3.0 bagusan mana ya ? terus kalo untuk pemula bagusnya pake yang fulsus atau yang hardtrail mas ?
    sarannya dong mas, kalo merk yang lain yang kisaran harga 2-3,5 jutaan apa ya ?

    Suka

    Balas
    1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

      Hmm.. Kalau saya pribadi buat newbie pilih hardtail saja dulu. Bisa dibilang hardtail itu sepeda all-terrain cocok u/ olahraga dan bike to work. Kalau fullsus buat harian kurang nyaman. πŸ˜€

      Suka

      Balas
  19. aldo

    Om bagus nanya dunk saya pemula nie, mau sepedaan harian, tinggi saya 172 berat 60kilo sedikit kurus hehhe. Cocok pakai spek apa ya om. Mau ambil polygon xstrada 2014

    Suka

    Balas
  20. ryuso

    sy pemula yg butuh bimbingan boss… skrg lagi bingung cari spd apa yg cocok untuk gowes ringan ( car free day ) n kadang off road ringan. tinggi 173cm brt 80kg, pengennya warna biru dan budget maximal 5jt.

    Suka

    Balas
  21. Marcus

    Saya baru mau mulai gowes nih Mas.. sekitar kompleks rumah aja. jadi 80% bakalan jalan di aspal. Tinggi 178 cm. lagi review Polygon Xtrada 5.0 27.5″ vs United Miami 779 29″.
    Menutur mas enak yg mana nih? trims sebelumnya

    Suka

    Balas
  22. membara

    bang.,., saya mau beli sepeda., yang kuat untuk BeratBadan 150 apa ya merk nya.,.,
    biasa orang yang hati nya damai., badan nya besar ., trimz sblm nya

    Suka

    Balas
  23. sugeng

    maaf saya pemula mohon pencerahannya, BB/TB 55/179 naksir sepeda yang model 27,”.
    pilih premier 4.0 27,5 atau Extrada 3.0 ya?
    Terimakasih

    Suka

    Balas
  24. hana

    om maaf mau nanya, sy ingin membelikan sepeda gunung untuk anak saya, laki laki 8 tahundgn budget 2 jt an. Sy ingin membeli yg 24 inci. Tapi saya bingung apakah merk wimcycle ataukah polygon. trus apakah yang biasa atau dah cakram? Sy tinggal dibogor yang jalannya naik turun. mksh..

    Suka

    Balas
  25. aziz

    maaf bang saya masih pemula… mau nanya sepeda XC yang sesuai dengan ukuran saya TB:170 berat 79kg budget:5jutaan.. saya tertarik dengan polygon cozmic cx 1.0 27.5 terbaru…. trimakasih

    Suka

    Balas
  26. Aditya

    Mas mw tanya,saya cowo TB 165 cm,trtarik sm cozmic cx 1.0 26″ sm Xtrada 4.0 27,5″..nah menurut mas lebih baik pilih yg mana? Saya takutnya pake 27,5″ apa g natap dgn frame bag.tengah ? Trus dr spek jg jauh bgt cozmic cx 1.0 sm xtrada 4.0..mohon bantuannya mas..terima kasih..

    Suka

    Balas
  27. aditya pandu

    Assalamualaikum mas.,saya m2 bertanya..lebih bagus mana Thrill 3.0 d3ngan Xtrada 4.0 ? Karena dari segi spesifikasi jauh lebih bagus Thrill 3.0..cm saya msh tidak tau kekuatan frame Thrill..trus TB sy 165 cm mas..Kalau Xtrada kn 27,5 tp klo Thrill 26..lebih baik mana mas ? Mohon bantuannya..terima kasih

    Suka

    Balas
  28. Aditya

    Kalau menurut mas,adrenaline TR 2 it apa lebih bagus dgn XTtrada 5 ? Soalnya dr harga hampir sama..hanya saja Adrenalin TR 2.0 ada shock breaker di tengahnya..
    Maaf y mas banyak tanya πŸ˜€

    Suka

    Balas
      1. Aditya

        buat harian sm naik gunung mas..lebih seringnya harian sebenernya..trus ditambah polygon Cozmic CX 1.0 27,5 itu harganya jg hampir sama mas dgn Xtrada 5.o & Adrenalin TR 2.0..gimana menurut mas ?

        Suka

  29. ozi

    Malem mas, mau tanya. saya laki tinggi bdn 170 cm, berat 100 pas, ad dana 2-3,5jt. bagus nya klo beli sepeda merk apa am serinya ap ya dengan bugdet segitu, tolong d bantu y mas, maaf masih baru di dunia persepedaan…terima kasih

    Suka

    Balas
  30. ozi

    cuma mau sharing buat kwan” yg mau beli sepeda, jgn ke web toko aneka jaya sepeda di jembatan V jakarta barat, karna itu fake, gak sesuai sama toko asli nya, itu cuma kerjaan sekelompok penipu yg mengatas namakan toko aneka jaya sepeda, terlebih lagi untuk orng dgn nama hartono sanjaya atau richard jonatan. Udah bnyak yg jadi korban penipuan nya.

    Suka

    Balas
  31. rona

    Mas mimin mau nanya dong, kalo xtrada 3 27.5 sama premier 3 27.5 bagus mana ya? Trus kalo buat di bawa BTW udah aman blm ya? Makasih

    Suka

    Balas
  32. rona

    Mas bagus mau nanya dong, kalo xtrada 3 27.5 sama premier 3 27.5 bagus mana ya? Trus kalo buat di bawa BTW udah aman blm ya? Makasih

    Suka

    Balas
    1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

      Hmm.. Saran saya, bisa pilih Polygon Heist 4 atau 5, buat commuting/bike to work sangat nyaman buat kota-kota. Apalagi sudah ada lobang u/ pasang rak belakang dan pannier. πŸ™‚

      Suka

      Balas
  33. rona

    Wah makasih banget nih om, tapi mau nanya lagi nih. Kalo dari spek heist 3 sama xtrada 3 bagus mana ya? Kayanya opsi yg saya pilih itu om hehe

    Suka

    Balas
  34. Nur Buana

    Gan, lg survey sepeda nih , pilihanya broadway 3.0, premier 3.0 27.5, heist 3.0. peruntukan untuk olahraga, b2W, gowes2 d jln aspal aja. TB sy 165 brt 78kg. Kira2 mana yg cocok buat saya yach? apa size 27.5 cocok bt saya ? krn prnh coba msih gantung kakinya deh.

    Suka

    Balas
  35. Zal'S

    Halo mas Bagus..
    Saya newbie banget soal sepeda.
    Mau tanya seputar xtrada series.
    Apa perbedaan
    1) Xtrada 4.0 tahun 2014 dan 2015
    2) Xtrada 5.0 tahun 2014 dan 2015
    3) Xtarada 4.0 dan 5.0

    saya mau beli salah satu diantaranya mas.
    tinggi badan 155 cm. Pasnya beli sepeda yang gimana yah..? Prefer xtrada

    makasih banyak
    salam sepeda

    Suka

    Balas
  36. Zal'S

    Halo bro Bagus..
    Saya newbie banget soal sepeda.
    Mau tanya seputar xtrada series.
    Apa perbedaan
    1) Xtrada 4.0 tahun 2014 dan 2015
    2) Xtrada 5.0 tahun 2014 dan 2015
    3) Xtarada 4.0 dan 5.0

    saya mau beli salah satu diantaranya mas.
    tinggi badan 155 cm. Pasnya beli sepeda yang gimana yah..? Prefer xtrada

    makasih banyak
    salam sepeda

    Suka

    Balas
  37. GP

    Dear Om Bagus, salam kenal, mau minta sarannya nih, saya TB/BB 180cm/73kg, istri TB 160cm, apakah sepeda ring 27,5 yang recommended buat kami bisa ganti2an pakai? yang kelas spec dan harganya kurang lebih seperti xtrada apa saja ya om bagus? merek dan type apa saja opsinya? dengan ukuran frame berapa? terimakasih, salam.

    Suka

    Balas
  38. S hidayat

    Gan maaf tinggi ane sekitar 168-170, nah itu kalo pake ukuran 27,5 bagus ga? Truk harus pake yg 16″ atau 17″. Sekalian romendaisiin gan merk sepeda MTB yg murah dan bagus, makasih..

    Suka

    Balas
    1. S hidayat

      Gan maaf tinggi ane sekitar 168-170, nah itu kalo pake ukuran 27,5 bagus ga? Trus harus pake yg 16β€³ atau 17β€³. Sekalian rekomendasiin gan merk sepeda MTB yg murah dan bagus, makasih..

      Suka

      Balas
      1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

        Polygon Xtrada dan Premiere 27,5 adanya size 17″. Ukurannya pas u/ 168-170cm. MTB murah dan bagus, kembali ke budget beli sepedanya juga. Produk lokal: Polygon, Wim Cycle dan United bagus. πŸ™‚

        Suka

  39. Rahma

    Kak mau tanya kalau anak perempuan tingginya 150 an mending pake polygon yang serie apa ya, tp bukan sepeda yg pake keranjang?? Makasiih πŸ™‚

    Suka

    Balas
  40. Risti Ani

    Salam kenal mas bagus….. kemarin suami( tinggi 158-160 cm). sempat lihat-lihat di toko sepeda. Tertarik dengan Xtrada 4.0 – 27,5, cocok dengan buget, penampilan dan speknya. Tapi kok tinggi ya….. Kira-kira nyaman tidak ya untuk sekedar goes akhir pekan sekali-kali ke gunung. Mohon pendapatnya…..

    Suka

    Balas
  41. utuh

    mas mau tanya nih…
    saya cowok tb 175cm bb 90kg
    mau nyari mtb yg cocok, naksir polygon xtrada ama cozmic
    kira2 yg cocok yg mana ya, buat weeken, cfd dan sedikit offroad
    Thanks…

    Suka

    Balas
  42. vedder

    Halo om bagus,
    mau nanya kalo size 17″ bisa pake ban 29″ ga?
    Tinggi saya 171cm, berat 75kg. Budget 5jt.
    pengennya yg 17″, merk apa ya yg cocok?

    Suka

    Balas
  43. nur ayu

    mas bagus mohon sarannya nih saya tinggi 159cm/bb 60 kg mencari sepeda yg bs utk sehari-hari dan bs ke gunung jg, pertama saya naksir cleo 3.0 dan cleo hello kitty, selain itu ada jg pembanding nya Xtrada 4.0, Cozmic CX.01. menurut mas cocok yang mana ya buat saya

    Suka

    Balas
    1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

      Kembali ke budgetnya Mba’ Nur Ayu aja.. Kalau dilihat dari tiap sepeda yg disebutkan, rata2 ukurannya sama antara 16-17 inch. Untuk lebih condong ke frame cewek bisa coba Polygon Cleo 3.0. πŸ˜€

      Suka

      Balas
  44. Rancid

    Misi Gan mau nanya, dl wkt smp kls 2 sy pakai sepeda bridgestone 3jt model balap ban kecil trus di pakai dari bdg ke lembang serasa mudah & ringan trus semenjak smu dah jarang pakai lg sy jual. Nah skrg sy dah krja umur 29thn pgn sepedahan lg dah bl speda polygon mtb xtrada ban 27,5 yg 5jt an. Trus di pakai ke lembang jg, tp aneh nya skrg agak berat & tdk semudah ky dl wkt smp. Ini kira2 faktor umur & dah lama gak bersepeda/sepeda nya ych?

    Suka

    Balas
    1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

      Kurang latihan aja Broo.. Kedua, ban yang dipakai di Polygon Xtrada cocoknya buat offroad/main tanah, dipakai di aspal berat. Solusinya ganti ban yang kembangan/batikannya alus untuk onroad sudah cukup.

      Suka

      Balas
  45. irwan aja

    Gan… tolong dibahas dong perbedaan antara xtrada 5.0 sm xtrada 5.0 27.5. Saya tertarik nih… saya mau ganti federal bob cat nya..
    Trims.. salam gowes..

    Suka

    Balas
  46. Rancid

    Gan klo nyari rak boncengan blkng sepeda xtrada 27,5 ada gak ych? Coz jd pgn gowes brg anak yg msh TK nch. Mdh2 han aja ada yg dari besi & kuat gitu

    Suka

    Balas
  47. Lividia

    Mau nanya nih pak..kami lgi cari sepeda. ,yg satu u ank saya perempuan sekedar u olahraga, TB 148 cm..tp yg sekiranya jika dia tinggi badannya nambah,masih tetap nyaman dipakai ( jangka pnjang pakainya).Polygon yg mana?inginnya yang alloy, budget 2,5 – 3 juta..adakah?
    Yang satu lagi cari yg bisa nyaman dipake bergantian antara suami ( TB 164 cm) dg anak lelaki saya ( TB 174 cm).. u sekedar olah raga & mngkin nantinya naik” bukit dulu kali ya..pemula nih..budget 5-6 juta..Makasih bnyak sblmnya

    Suka

    Balas
  48. Habibie

    Mas bagus. Mau nanya
    Saya tb 173 cm / Bb 62
    Smntara pakai xtrada 3. 27,5
    Tpi koq rasa kekecilan.
    Ap yg mesti di upgrade biar lebih enak.
    Misalkan mau ganti
    Ke cozmic atau thrill xc. Yg cocok pakai frame ukuran berapa. Terima kasih.

    Suka

    Balas
  49. awan

    mas bagas, aku pakai roadbike gitu kok baru bentar doang bahu sama leher belakang sudah pegal2 ya? Itu yg salah dimana mas?

    Suka

    Balas
  50. ade bangun

    tanya donk, tinggi 172 berat 92Kg bagusan pake sepda rim 26 or 27,5 coz kemaren pas nanya di sodorin yang 27,5…. dan untuk ketahanan kuatan yg mana 26 or 27,5, kalo kata saya semakin kecil semakin kuat nahan beban…. jadi bagusnya dgn berat saya yang agak over beli sepeda ukuran yg mana, kemaren pas saya coba 2-2 nya nyaman………..

    Suka

    Balas
    1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

      Berat 92 kg pakai 26 dan 27.5 inch bisa. Keperuntukannya sekarang buat apa? Kalau cuma untuk bike to work 26 inch cukup. Kalau suka offroad, 27,5 inch aja gpp..

      Suka

      Balas
  51. Leo

    Gan, mau minta saran. Wimcycle hotrod 2.1 27.5 terbaru dgn harga 3,95jt worth it gak ya? Apa mending beli polygon premier 3.0 27.5 terbaru dgn harga 3,2jt aja? Makasi gan

    Suka

    Balas
      1. Leo

        Ini gan specnya wimcycle hotrod 2.1 27.5

        Frame ALLOY 6061, HYDROFORMING TUBING
        Fork SUNTOUR XCM-HLO 100MM TRAVEL
        Shock N/A
        Handle bar FUNN ALLOY 31.8MM
        Stem FUNN ALLOY A HEAD 31.8MM
        Seat post FUNN ALLOY ZERRO OFFSET 31.6MM
        Saddle CO-UNION THIN SHAPE
        Pedals VP NYLON PLATE FORM
        Shifters SHIMANO ACERA SL-M390
        Front Derailleur SHIMANO ALTUS FD-M371
        Rear Derailleur SHIMANO ACERA RD-M390 9-SP
        Brakes SHIMANO ALTUS BR-M355
        Brake Lever SHIMANO ALTUS BL-M355
        Cassette SHIMANO CS HG-20-9, 11-34T, 9-SPD
        Chain YABAN S9CR
        Chainwheel FUNN THIRILLA 44/32/22T X 170MM
        Bottom Bracket FUNN SEALED CATRIDGE BEARING
        Rims ALLOY DOUBLE WALL
        Front Hub SHIMANO ALTUS HB-M33
        Rear Hub SHIMANO ALTUS FH-M33
        Spokes STAINLESS STEEL
        Tires DELI 650B X 2.1″
        Extras
        1. CHAIN STAY PROTECTOR

        2. WATER BOTTLE & CAGE

        Suka

      2. Leo

        Specnya lebih bagus wimcycle, tapi harganya uda dr taun 2014 gak turun2, sepeda langka soalnya. Worth it gak ya tambah 800rb buat wimcycle hotrod itu?

        Suka

  52. Leo

    Kalau misalnya polygon premier 3.0 27.5 nya 3jt aja gimana gan? Pilih Polygon atau wimcycle?

    Worth it gak tambah 1jt buat wimcycle itu? Makasih gan

    Suka

    Balas
  53. Dedi T

    Salam gowes, saya baru 2 bln beli xtrada 5 ukuran M, gowes pertama berasa berat, sakit selangkangan & pundak akhirnya ganti stang rada tinggi, ganti ban aspal & cover silicon sadle….biar lbh nyaman utk gowes kira2 apa lg yg musti di upgrade?

    Suka

    Balas
  54. rianhamijoyo

    Salam kenal lagi om bagus,ganggu dikit ya πŸ™‚ minta saran om, mo beli sepeda mtb pertama, diantara 2 pilihan hidup sejauh ini :
    1. Polygon Premier 4.0 ban 27.5 New (3,4 juta)
    Shimano Altus 24sp, Suntour XCT fork, Tektro Auriga, Hydraulic Disc Brake.
    2. Miami XC 77 United (harga bekas rentang 2.8-2.9)
    RST – GILA W/LOCK OUT, ACERA group set, SHIMANO – M395 HYDRAULIC DISC BRAKE

    Kedua groupset diatas perbedaan signifikan gk ya om?
    Fisik saya 175-180 cm om, pengennya buat ngantor om, sama sesekali blusukan pedesaan n camping gitu. Thank y om, kalo pas ad waktu di kasih saran ya, ntar klo ad kesempatan bertemu sya traktir bakso wis πŸ™‚

    Suka

    Balas
    1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

      Kalau saya pilih yang lebih murah: Miami XC 77. Kalau sepedanya kurang tinggi bisa dibelikan seatpost panjang 40cm. Belum punya helm, gloves dan kunci pengaman bisa dibelikan dari sisa uang beli sepedanya, hehe..

      Suka

      Balas
  55. rianhamijoyo

    Maksih om bagus, bisa buat pertimbangan.Kemarin habis dari Tepat juga om?, saya di luar ngeliat sepeda Helios full pannier klo gk slah πŸ™‚ kok rasa2 nya pernah liat ni om (via online) yang borong ban luar πŸ™‚

    Suka

    Balas
  56. Trisno

    Salam kenal om Bagus numpang tanya,pemula nih mo beli sepeda tp rakit sendiri dengan TB 170 BB 60kg peruntukan cross country cocoknya frame size berapa ya?
    Misal yg ukuran ring 27,5 ketinggian tidak

    Suka

    Balas
  57. Kiwo aja

    Misi mau nanya sy dah bl xtrada 27,5 kok berat ych, kt nya hrs di ganti dl ban nya. Pas ke toko ban lht ban maxxis bnyk type nya jd bingung, kira2 ban maxxis type apa aja yg cocok buat sepeda ini & yg lbh ringan dari ban standar nya. Mksh

    Suka

    Balas
  58. Rico Fitrialdy

    Xtrada 6.0 sanggup ga gan buat nahan BB 100kg? Trus dibawa jalan ke aspal kuat ga? Btw, saya msh belum tahu fungsi shift level, ada post yang membahasnya? Maklum baru pertama kali tertarik sama sepeda.

    Suka

    Balas
  59. Guntur

    Mas saya tinggal di pakem jakal km 17,tiap akhir pekan ada aja yg gowes lewat depan rumah jadi pengen punya sepeda. Nah klo di jogja toko sepeda lengkap dan ada yang bekas dimana ya?, suwun

    Suka

    Balas
  60. kevingilbert22

    Salam kenal mas. Saya punya xtrada 3.0 ukuran frame S dan ukuran whell 27,5. TB saya 181 BB saya 65. Apakah ukuran sepedah saya terlalu kecil untuk saya mas? Lalu apa solusinya supaya sepeda saya pas untuk badan saya? Tks

    Suka

    Balas
    1. Bagus Gowes Penulis Tulisan

      kalo lihat dari size sepedanya terlalu kecil, kalau ada M atau L lebih baik itu aja. solusinya ganti seatpost yang lebih panjang 40cm aja. sepedanya dipakai u/ offroad/onroad/bike to work?

      Suka

      Balas
      1. kevingilbert22

        Terimakasih mas masukannya, nanti saya ganti seatpostnya. Sebelum ini saya sering nyeri dibagian bahu dan pinggang kalo suda gowe lebih dari 10km, saya pikir memang karena ukuran frame yg terlalu kecil. Biasa untuk onroad mas kadang juga offroad sih hehe

        Suka

  61. Harjum

    Mas mohon infonya, saya punya xtrada 5.0 2012 yang lingkar velgnya masih26. Kalau saya ganti dengan lingkar velg 27.5, bisa gak mas? Tq

    Suka

    Balas
  62. Lutvi Ya Begini

    salam gowes om, smoga slalu gowes dan slalu sehat

    minta review Xtrada 6 yg udah pake XCR 120 dong om, TB ane 172Centimeteran, BB 75KG, ukurannya enak pake S atau M ? masih kurang paham sama ukurannya, terima kasih

    Suka

    Balas
  63. EKA WJ

    om Bagus,minta saran dong. mendingan ambil xtrada 5 th 2014 ban ukuran 26″ atau xtrada 4 th 2014 ban 27.5″ sama2 warna biru om kesukaan ane haha. tinggi badan 168 cm dan berat 56 kg. moho sarannya om. makasii

    Suka

    Balas
  64. EKA WJ

    Salam kenal om pecinta gowes, mohon saran dong ane rencana mau beli sepeda polygon xtrada nih. Bingung mau ngambil Xtrada 4 2014 ukuran ban 27.5″ atau xtarda 5 2014 ban 26″. secara sekarang sepeda keluaran baru ukuran ban udah 27.5 gan. harga keduanya ga beda jauh gan..
    mohon pencerahannya gan mending ane ambil yg mana?
    tinggi 168 cm, berat 58 kg
    tks om

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

