Brooks Cambium, Tidak Perlu Break In Rasakan Kenyamanan

Cambium Denim. New collaboration with Levi's Commuter | pict. Brooks England
Cambium Denim. New collaboration with Levi’s Commuter | pict. Brooks England

Coba deh tanyakan ke teman-teman gowes yang memakai saddle racing seperti Fizik, San Marco, WTB, dll., apakah nyaman menggunakan saddle seperti itu buat harian/commuting? Kebetulan salah satu sepeda saya memakai saddle racing Fizik, sangat tidak nyaman untuk bike to work dan wajib ai’n memakai celana padding. Tapi Brooks mengubah kenyamanan saddle racing bisa dipakai untuk harian yaitu Brooks Cambium.

Pertengahan 2013 Brooks England melaunching dengan membagikan 100 saddle Brooks Cambium. 100 orang yang beruntung mendapatkan Brooks Cambium dengan cara menuliskan pengalamannya memakai saddle Brooks. Saddle Brooks sudah diproduksi dari tahun 1866. Brooks = leather, inovasi 2013 untuk Brooks menggunakan “vulcanized natural rubber”.

Rasa penasaran saya ingin mencoba saddle Brooks Cambium ini adalah satu-satunya saddle racing yang berbahan baku karet. Tampilan yang modern dan warna yang unik sangat cocok dipasangkan di sepeda sekarang. Untuk varian lain ada Brooks B17, Flyer, Team dari segi tampilan terlihat classic, bagi penggemar sepeda klasik sangat cocok.

Bulan Februari 2014 saya mendapatkan saddle Brooks Cambium. Dari kemasan terlihat tidak terlalu special, hanya menggunakan kardus tipis yang bisa dibuka dari 4 sisi. Dibalik dari sisi kanan dan kiri terdapat spesifikasinya: Vulcanized natural rubber, organic cotton canvas, die cast alumunium structure, tubular stainless steel rails. Saya suka di sisi kanannya: Immediately comfortable, waterproof with numac, maintenance free, built for life and ready to ride. Tidak perlu menunggu break in untuk merasakan kenyamanan.

Mencoba special saddle baiknya di event touring yang special juga. Bulan Mei 2014 bersama teman-teman Federal Jogja gowes bikecamping ke Cemoro Sewu, saya sengaja memakai Brooks Cambium ini. Perjalanan Jogja – Solo (60 km) masih berasa nyaman tanpa menggunakan celana padding. Kebiasaan touring menggunakan padding dan tempo gowes saya memang cepat, masuk Karanganyar terasa panas dan tidak nyaman. Berfikir positifnya saya waktu itu, namanya juga saddle baru belum cocok dengan pantat.

Penasaran dengan kata-kata di dusnya “immediately comfortable”. Saya coba di sepeda commuting atur maju dan mundurnya rail saddle. Viola! Sangat nyaman untuk dipakai keseharian. Saddle Brooks Cambium ini terpasang di sepeda klasik Master Hermes. Saya suka dengan Cambium ini. Itu halus, nyaman dan membuat sepeda tampak indah. 😀

13 tanggapan untuk “Brooks Cambium, Tidak Perlu Break In Rasakan Kenyamanan

  1. Mmg harga gak bohong om, sblm pake brooks di comencal sy udah gonta ganti sadel 6x ! Tetep masih kurang aja . . Akhirnya sy pake brooks baru pas . . . Walaupun spd xc kt orang gak cocok tetep aja aku cuek yg penting nyaman he he . . . btw fendernya lsg plak di LHT om . . . ga perlu modif lagi . . He he

  2. Profil pant*at saya agak lebar cocok pakai brooks tipe apa ya om? Kalo brooks yg tipe per pegas apakah berpengaruh ke efisiensi kayuhan ya om? Terimakasih om bagua

Tinggalkan Balasan

