Topeak CageMount Bottle Cage Adapter

Topeak Cage Mount Bottle Cage Adapter

Solusi ketika gowes jarak jauh untuk menambahkan biddon/botol minum sepeda sangatlah ideal. Beberapa sepeda pabrikan modern sudah memberikan 2 titik di frame untuk menaruh botol minum, yaitu top tube dan down tube. Tapi sayangnya, beberapa teman-teman sepeda roadbike mengeluh dengan posisi botol minum di top tube. Entahlah, posisinya susah dan merepotkan untuk mengambil minum saat kecepatan diatas 30 kpj.

Nah, beberapa waktu yang lalu saya menemukan produk Topeak yang unik: Topeak CageMount Bottle Cage Adapter. Bentuknya fashionable dan fungsional, bisa dipasang di segala sepeda (handlebar, handlepost dan seatpost). Topeak CageMount Bottle Cage Adapter menawarkan solusi tambahan botol minum di sepeda. Menarik!

IMG_0524

Pemasangannya cukup gampang. Topeak CageMount Bottle Cage Adapter bisa diatur posisi sesuai besar handlebar/seatpost. Clamp terbuat dari allumunium yang dilapisi karet lentur membuat handlebar/seatpost di sepeda tidak mudah lecet. Hanya membutuhkan kunci L untuk mengencangkan semua baut di Topeak CageMount Bottle Cage Adapter. Langkah-langkah detail tersedia dalam lembar instruksi. Tak sulit kok.

Saya pakai di sepeda lipat Dahon Speed P8. Semua pabrikan sepeda lipat mendesain lobang untuk menaruh botol minum di frame yang arahnya horisontal. Buat commuter dengan jalanan yang flat, masih bisa menjangkau/mengambil botol minumnya. Kalau untuk jarak jauh dan menanjak akan kesulitan mengambil botolnya. Solusinya dengan Topeak CageMount Bottle Cage Adapter saya pasang di handlepost, memudahkan untuk mengambil botol minum.

2014-08-27 08.44.45

Kekurangannya, Topeak CageMount Bottle Cage Adapter baut bawaanya kurang bagus. Jangan terlalu kencang saat memasang baut Topeak CageMount Bottle Cage Adapter di handlepost/seatpost. Drat yang terpasang di Topeak CageMount Bottle Cage Adapter akan merusak plastik rumahannya. Solusinya sebelum memasang Topeak CageMount Bottle Cage Adapter ini di lem alteco semua bautnya, agar selalu presisi. Salam gowes!

 

 

Advertisements

10 thoughts on “Topeak CageMount Bottle Cage Adapter

  1. untuk sepeda lipat beneran keren ini mas
    tp untuk federal saya rasanya agak wagu sih, jd pengen nambah lubang dudukan utk tempat botol minum, ke ngipik ah hehe

  2. om bagus, maaf OOT. mau tanya nih, tinggi ane 173 berat 65 kg, pakai xtrada 5.0 2013 frame 16, kok ngerasa kekecilan ya? padahal baru beli om, apakah ukuran 16 itu pas untuk saya atau setingan sepeda yang tidak pas? thanks om 🙂

    1. Hm.. Ukuran secara umum sz. frame 16″ diperuntukkan untuk tinggi badan di bawah: 170cm, dari 165-170cm. Kalau mau tetap mempertahankan framenya, bisa ganti seatpost dg panjang 40cm. 😀

      1. wah nyesel deh 😥
        yang bedain size frame itu apa sih? cuma tingginya aja? kalau panjang fullbike frame 16, 17, 18 itu beda apa sama? maklum newbie om.. hehe

      2. Beda di geometri (seattube, headtube, center tube). Masing2 merk sepeda juga beda2 ukuran menghitung 16, 17 dan 18″-nya. Ada yang geometrinya sloopy dan lurus biasa. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s