Mencicipi Tanjakan Ranca Upas di Bandung

Federal Depok nanjak bersama sampai Ranca Upas | Pict. Alam Umbara
Federal Depok nanjak bersama sampai Ranca Upas | Pict. Alam Umbara

Tanjakan merupakan salah satu rute favorit saya. Bisa dibilang kalau saya disuruh bikin rute gowes saya kasih bumbu tanjakan di sekitaran Jogja. Untuk melatih kayuhan dan adrenalin mencari tanjakan yang paling menantang.

Bulan lalu saya piknik ke Bandung, tentunya meramaikan acara gowes yaitu Jambore Nasional MTB Federal ke-2 di Ranca Upas, Bandung. Jamnas Federal Bandung kali ini dikonsep unik yaitu bikecamping. Bikecamping adalah bersepeda membawa peralatan camping menuju lokasi tertentu dan camping sendiri/bersama-sama di suatu lokasi.

Oke.. Karena saya tidak begitu suka camping dan alhamdulillah peralatan camping (tenda, sleeping bag, dll.) sudah disediakan panitia, saya mempersiapkan barang-barang pribadi selama 3 hari di Bumi Perkemahan Ranca Upas. Lokasi Ranca Upas berada di Bandung Selatan dekat dengan lokasi wisata Situ Patenggang dan Kawah Putih, Ciwidey. Ketinggian Ranca Upas menurut Google Maps 1800Mdpl.

Jum’at pagi (24/10) saya bersama 20 orang teman-teman Federal Jogja sampai di St. Kiara Condong, Bandung. Trip pertama yang disiapkan panitia yang gowes bersama dari Gedung Sate sampai Soreang. Tapi mobil yang membawa sepeda teman-teman Federal Jogja belum sampai Bandung. Alhasil kami menunggu sampai jam10 siang di Stasiun Kiara Condong sampai mobil pick-up datang.

Jam10 kami gowes menuju Soreang untuk registrasi, sholat jum’at dan makan siang. Panitia menyiapkan 1 orang menemani gowes sampai Soreang. Cuaca Bandung saat itu tidak nyaman untuk gowes beramai-ramai, kecepatan 20 kpj banyak angkutan kota dan asap saya selalu gowes di depan marshal, hehe.. Saya tanya jalur Soreang, akhirnya saya ber-3 bersama Rofi, Ridho dan Romi langsung menuju Soreang tanpa bantuan marshal.

11:15 saya tiba di kantor pemerintahan Soreang untuk sholat jum’at. Terlihat dari jauh sudah ada 200an sepeda terparkir di halaman kantor pemkab Soreang. Saya menyapa beberapa teman-teman Federal dari luar kota, ada yang dari Kediri, Surabaya, Jakarta, Depok, dll. Mereka mengajak registrasi dan mengambil makan siang. 30 menit makan siang dilanjut sholat jum’at di Masjid Agung Soreang.

13:00 panitia sudah woro-woro ke semua peserta yang lanjut gowes sampai Ranca Upas. Kapan lagi gowes nanjak bersama teman-teman MTB Federal dari segala kota, haha.. Saya selalu mencari posisi terdepan karena ingin difoto panitia. 40 kilometer nanjak sampai Ranca Upas dengan view pepohonan sangat menyenangkan. Saya selalu atur tenaga, tidak terlalu memforsir karena pertama kali mengenal tanjakan Ranca Upas.

Tanjakan Soreang - Ranca Upas | Pict. Alam Umbara
Tanjakan Soreang – Ranca Upas | Pict. Alam Umbara

Tidak terlalu kencang saya melahap tanjakan Ranca Upas, sesekali istirahat menikmati udara bersih. Saya maksimalkan chainring ke-2 di gear depan (32T) tidak perlu pindah sampai yang ke bawah. Atur posisi menanjak, merubah posisi handling dan menyapa teman-teman yang saya salip di depan untuk mengurangi rasa lelah. Akhirnya jam15 saya sampai di Bumi Perkemahan Ranca Upas. Tidak penting dapat urutan berapa sampai Ranca Upas, saya menikmati gowes mencicipi tanjakan Ranca Upas kali ini. Salam gowes!

Nanjak Bersama Ranca Upas | Pict. Alam Umbara
Nanjak Bersama sampai Ranca Upas | Pict. Alam Umbara
Nanjak Bersama Ranca Upas | Pict. Alam Umbara
Nanjak Bersama sampai Ranca Upas | Pict. Alam Umbara
Nanjak Bersama Ranca Upas | Pict. Alam Umbara
Nanjak Bersama sampai Ranca Upas | Pict. Alam Umbara
Nanjak Bersama Ranca Upas | Pict. Alam Umbara
Nanjak Bersama sampai Ranca Upas | Pict. Alam Umbara
6 tanggapan untuk “Mencicipi Tanjakan Ranca Upas di Bandung

  1. Om, kalau touring Federal gitu, sepeda lain boleh ikutan gak?
    sepeda saya United Felipe H75, Hybrid, 700c

    maklum yang sering touring kayaknya cuma Heist dan Federal, hehhe

    mohon infonya yaa…

Tinggalkan Balasan

