Crankbrothers Eggbeater 3 Review

(Left to right: Smarty, Egg Beater MXR, Egg Beater C, Candy C, Egg Beater 2, Egg Beater 3)
(Left to right: Smarty, Egg Beater MXR, Egg Beater C, Candy C, Egg Beater 2, Egg Beater 3)

Saya suka sekali bersepeda. Sejak punya sepeda touring dan perlengkapan pendukung seperti sepatu, helm dan pannier saya malah ketagihan untuk selalu memakai setiap gowes. Seperti helm adalah perangkat wajib ketika saya gowes, tanpa helm tidak aman dan nyaman. Sepatu juga termasuk wajib, tapi kalau musim hujan seperti ini jarang-jarang dipakai kalau memang hujan lebat plus banjir, hahaha..

Tiga tahun belakang ini saya suka sekali gowes memakai sepatu cleat MTB di setiap aktivitas bersepeda: kulineran, gowes pagi – siang – malam. Bukannya susah memakai sepatu dan pedal cleat? Ribet copot dan pasang dengan traffic yang macet di perkotaan?

Buat pemula yang ingin mencoba sepatu dan pedal cleat memang terlihat susah, harus terlatih dan siaga untuk melepas cleat saat kondisi darurat (macet, lampu merah, berhenti mendadak). Pedal cleat Shimano memberikan opsi untuk memudahkan untuk melepas cleatnya yaitu dengan memutar baut di bawah cleatnya. Tujuannya lebih nyaman untuk pedaling.

Crankbrothers Eggbeater 3 - elite-level pedal for xc/trail riding.
Crankbrothers Eggbeater 3 – elite-level pedal for xc/trail riding.

Saya mencoba berbagai pedal Shimano dari entry – high level, masing-masing kelas pedal Shimano berbeda di bobot dan bentuk. Untuk kenyamanan saya rasakan sama semua, ketika masuk kelas Shimano XT lebih ringan dan mudah untuk melepasnya.

Crankbrothers Eggbeater 3. Mencoba sesuatu yang baru dan anti-mainstream sangatlah menarik. Pedal Crankbrothers dengan bentuk khasnya seperti pengocok telur, lucu aja buat dibeli trus dicoba. Bukan langsung saya murtad untuk tidak memakai pedal Shimano, Shimano terkenal awet dan bagus.

Saya membeli Eggbeater 3 di sebuah toko sepeda di Jogja seharga 1.200.000, disamakan kelas dengan range harga yang sama bisa mendapatkan Shimano XTR. Tenang, diatas Eggbeater 3 ada Eggbeater Titanium/Ti yang harganya lebih mahal 2x lipat dari Eggbeater 3. Crankbrothers Eggbeater 3 diperuntukkan xc/trail riding.

Dibalik keunikkan Crankbrothers Eggbeater 3 ini ada beberapa keunggulan dibandingkan Shimano. Pertama, 4 lubang (sisi atas, bawah, kanan dan kiri) untuk memasukan cleat sepatu ke pedal. Kalau Shimano cuma ada 2 yaitu sisi atas dan bawah. Kedua, yang suka bersepeda di medan lumpur tidak repot menyikat pedal Crankbrothers ini, kecuali mau membersihkan sampai noda menempel. Semprot aja beres. Ketiga, masuk dan keluarnya mudah. Biasa pakai sepatu cleat reflek memasukkan cleat sepatu ke pedal. Eggbeater memudahkan untuk itu.

There’s so much to love about Crankbrothers’ Eggbeater pedals: 4-side entry, mudproof design, and it repels bike borrowers. Buat temen-temen yang suka meminjam sepeda dan kebetulan memakai sedal, agak susah menapakkan pedal Crankbrothers Eggbeater ini. Dipaksakan bisa, tapi harus pelan-pelan gowesnya, karena akan terpleset ketika mengayuh agresif.

Advertisements

2 thoughts on “Crankbrothers Eggbeater 3 Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s