Gowes Weekend November ke Pantai Congot

Polygon Heist di Pantai Congot, Kulon Progo
Polygon Heist di Pantai Congot, Kulon Progo

Tak terasa bulan November akan segera berakhir. Banyak hal yang menyenangkan dan perubahan yang terjadi di tahun 2014 ini. Mulai dari aktivitas baru, suasana kerja yang baru, sampai semangat baru! Semangat baru ini pun tak jauh-jauh dari keputusan daku yang tepat untuk memulai latihan gowes dengan konsisten.

Gowes weekend akhir November kali ini seru abis. Bisa gowes dengan orang-orang yang baru saya kenal di dunia nyata dan rata-rata mereka berprofesi sebagai dokter, dosen, ceo dan manajer. Gowes ke Pantai Congot, Kulon Progo memang disetting sebagai bagian dari latihan Audax UGM yang akan dilaksanakan bulan Desember 2014.

Start dari Paradise Resto pukul 5:30 WIB, kebetulan saya datang pas 5:30 sampai sana sudah berkumpul 10 orang goweser yang akan latihan bareng menuju Pantai Congot. Saya bersalaman dengan semua goweser yang sudah berumur. Menunggu 10 menit datang teman lain Untuk kali ini seimbang antara yang memakai roadbike dan mtb.

Sebelum berangkat menuju Pantai Congot kami berdoa dan sedikit briefing dari panitia gowes memberikan rute yang kita lewati. Jalur utama dari Gamping menuju kota Wates, Kulon Progo sampai arah papan hijau bertuliskan Pantai Congot. Rombongan dibagi menjadi 2 group: group dengan average speed max. 30 kpj dan average speed 20 kpj, silahkan memilih sesuai kekuatannya masing-masing.

Selfie bareng Pak Adityo Hidayat
Selfie bareng Pak Adityo Hidayat

Perjalanan menuju Pantai Congot dari mulai start sampai lokasi Pantai Congot dimanjakan dengan rolling jalur perkotaan jalan aspal yang halus. Masuk ke arah Pantai Congot banyak karamba/kolam yang dibuat warga untuk usaha udang dan kebun kacang tanah. Alhamdulillah tidak ada trouble fisik keram, beberapa peserta ada ban bocor di sepanjang perjalanan.

Jarak dari kota Jogja sampai Pantai Congot 55 km, kalau naik sepeda bisa 1 1/2 jam dengan kecepatan rata-rata 25 km/jam. Perlu hati-hati ketika bersepeda melewati jalur utama kendaraan, musuh terbesar yaitu bus dan truk besar yang sesekali menyalip dengan klakson dadakan. Solusinya tetap berhati-hati dan berbagi jalan, selalu mengalah ketika bus/truk ingin lewat.

7:30 WIB rombongan sampai Pantai Congot. Kami memang belum membooking tempat untuk makan sea food bersama di Pantai Congot. Ternyata di hari Sabtu pagi belum ada warung sea food yang buka. Kami mengambil keputusan untuk cari makan sembari pulang ke Jogja lewat jalur yang berbeda yaitu Daendels.

Jalan di Pantai Congot, Kulon Progo
Jalan di Pantai Congot, Kulon Progo
Peserta Gowes ke Pantai Congot
Peserta Gowes ke Pantai Congot

Kalau saya pribadi disuruh pilih jalan pulang lewat Daendels dan jalan utama Jogja – Wates, saya tetap pilih jalan utama Jogja – Wates. Kenapa? Rute yang membosankan luruuuus… dengan view sawah dan pastinya angin kencang selama perjalanan. Kalau lewat jalur utama banyak minimarket bisa berhenti minum-minum, hehe..

Karena saya pulang duluan bersama Pak Adityo Hidayat dan Mas Apris Kiswandi sepakat memilih jalur yang berbeda dari berangkat yaitu Jalur Daendels. Sebagai pacer/marshal saya atur ritme gowes maksimal speed 25/26 km/jam, supaya sampai tujuan dengan selamat tidak keram. Masuk beberapa kampung di jalur Daendels kami diguyur hujan sampai Srandakan, Bantul. Kecepatan berkurang karena guyuran hujan dan makin beratnya kena air.

Beberapa kali saya mengurangi kecepatan agar gowesnya bersama dengan Mas Apris. Saat masuk Srandakan tidak terlihat Mas Apris dari belakang, ternyata behenti di warung untuk makan sambil menunggu hujan. Saya dengan Pak Adityo berhenti 10 menit di Alfamart Srandakan untuk mengisi air minum dan membeli camilan.

Pemberhentian terahir di Alfamart Srandakan, kami langsung menuju kota Jogja melewati kota Bantul. Masuk kota Bantul kering tidak ada tanda-tanda habis hujan. Ini sebuah nikmat, ketika dikasih panas di sepanjang Daendels bakal kecapaian dan kehausan. Kata Pak Adityo, gowes bareng Mas Bagus tidak keram. Kuncinya atur stamina dan gowesan secara stabil (tidak perlu ngoyo), apalagi jarak jauh 110 km (pulang – pergi). Gowes kemana weekend ini goweser?

Advertisements

4 thoughts on “Gowes Weekend November ke Pantai Congot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s