Sepeda Hybrid, Apa Kabar?

Sepeda Hybrid Polygon Heist 3.0 (2010)
Sepeda Hybrid Polygon Heist 3.0 (2011)

Apa pertimbangan orang waktu mau beli sepeda? Harga? Brand? Part yang menempel di sepeda? Bobot sepeda? Setiap orang pasti punya jawaban masing-masing. Ada orang yang ingin membeli sepeda untuk transportasi ke kantor, kampus dan sekolah. Ada juga yang ingin membeli sepeda untuk gengsi olahraga dan mengikuti sebuah kompetisi: cross country race, audax, down-hill competition, dll.

Jadi gini. Gak cuma sesekali saya ditanya pemula ingin membeli sepeda yang keperuntukannya buat transportasi sekaligus rekreasi untuk menjelajah ke tempat-tempat seru. Saya selalu menjawab sepeda gunung (MTB) dan sepeda hybrid (hybrid bike), kedua sepeda tersebut sangat cocok untuk kontur di Indonesia.

Sepeda gunung (MTB) tidak asing dengan penampakannya, pabrikan besar lokal dan international pasti memproduksi sepeda tersebut. Sepeda hybrid? Sepeda yang memadukan karakteristik sepeda balap (roadbike) dengan MTB yang menjadikannya melaju lebih cepat dibandingkan MTB biasa.

Sepeda hybrid didesain untuk general-purpose utility (umum), commuter dijalan beraspal dan tidak beraspal. Untuk saat ini sepeda hybrid menjadi pilihan orang-orang yang doyan touring (menjelajah kota, pulau). Pilihan v-brake dan disc-brake, lobang eyelet buat pasang rak touring dan double bidon biasanya sudah ada di sepeda hybrid ini.

Saya pengguna sepeda hybrid sebuah pabrikan lokal – go international yaitu Polygon Heist 3.0 (2011). Saya pakai sepeda ini mulai 2011 saat mengikuti Jelajah Sepeda Kompas: Surabaya – Jakarta. Pengalaman pribadi memakai sepeda hybrid cukup nyaman melibas tanjakan di Jawa Timur (Trenggalek, Pacitan, Malang, Wonogiri) dan Jawa Barat (Puncak, Sumedang).

12-14 Desember 2014 saya akan menggunakan sepeda hybrid ini untuk jelajah sepeda Bandung – Jogja (400 KM) dalam rangka Dies Natalis UGM ke-65. Ini video openingnya:

9 tanggapan untuk “Sepeda Hybrid, Apa Kabar?

  1. Om Bagus, bahas Rack donk… saya sendiri pengguna heist, masih bingung rack yang cocok seperti apa, karena pengetahuan rack saya yang minim.

  2. matep heist nya om, salam kenal, saya pemula nih dalam dunia sepeda, mau tanya nih, tinggi saya 180, berat 90, united felipe atau slick cocok g y kira2 utk bodi ky saya, hee…thx before.

Tinggalkan Balasan

