Tour de Pangandaran VI 2015 – 108K

Wall Tour de Pangandaran VI 2015 - 108K
Wall Tour de Pangandaran VI 2015 – 108K

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat undangan dari temen di Bike to Work Tasikmalaya untuk menghadiri sebuah event gowes tahunan Tour de Pangandaran – 108K di Tasikmalaya 17-18 Januari 2015. Event ini terbuka untuk umum, khususnya goweser yang hobi touring/gowes jarak jauh.

Walaupun eventnya di kota kecil Tasikmalaya, Jawa Barat, ternyata peserta yang ikut Tour de Pangandaran VI 2015 membludak sampai 850 peserta. Biaya pendaftarannya tidak begitu mahal, biayanya 115.000/orang. Tapi semua itu terbayar dengan paketan jersey dan pelayanan yang bagus.

Jersey Tour de Pangandaran VI 2015
Jersey Tour de Pangandaran VI 2015

Eventnya sendiri berjalan cukup lancar dan rapi. Start dari TELKOM Tasikmalaya 07:30 dengan sambutan Bupati Tasikmaya, Ketua B2W Indonesia dan panitia Tour de Pangandaran VI 2015. Panitia memberikan peta/route map Tour de Pangandaran yang berisi lokasi pit stop/check point sampai Pantai Pangandaran.

Buat orang baru seperti saya yang tidak mengenal medan, route map ini sangat membantu karena dijelaskan juga beberapa tanjakan yang akan dilewati sampai Pantai Pangandaran: Tanjakan Tepung Kanjut (KM 42.7) dan Tanjakan Emplak (KM 87.2). Seru juga nanjak pakai sepeda lipat Dahon Speed P8.

Route Map Tour de Pangandaran VI 2015 | Ari Darmawan
Route Map Tour de Pangandaran VI 2015 | Ari Darmawan
Teman2 B2W Indonesia | Ganjar Prihartanto
Teman2 B2W Indonesia | Ganjar Prihartanto

Saya baru pertama kali mengikuti Tour de Pangandaran ini. Rute yang dilewati sangat asyik dan seru, sama sekali tidak melewati jalur utama Tasikmalaya – Pangandaran. Dari Tasikmalaya menuju Manonjaya – Neglasari – Banjarsari melewati kampung-kampung di Jawa Barat. Beberapa jalan memang sedikit rusak, tapi sepeda lipat masih mampu melewatinya.

Tidak perlu takut tertinggal rombongan atau tersesat, karena banyak marshal dan sweeper sepeda/motor sangat membantu mengarahkan jalan. Tidak ada papan rute yang dipasang panitia menuju Pangandaran dengan route map yang dibagikan panitia sudah cukup membantu.

Saya hobi ngebut dan melibas tanjakan, mohon maaf bagi teman-teman Tour de Pangandaran yang selalu saya salip. Beberapa rute sangat seliable (halus dan lurus), kapan lagi bisa ngebut di jalan yang nyaman. Sampai juga di check-point Telkom Banjarsari 10:30 untuk ishoma dan makan siang, tapi panitia belum ada yang datang.

Saya melanjutkan perjalanan ke Pantai Pangandaran dengan rombongan pleton roadbike Tasik dengan avg. speed 28 km/h, lumayan ngos-ngosan dengan membawa beban pannier 20 kg disamping kiri. Alhamdulillah masih bisa mengikuti sampai KM 20 sebelum Pangandaran, saya berhenti untuk sholat dhuhur dan mengisi air minum.

15 menit berisitirahat sambil menunggu hujan reda, saya melanjutkan sampai Pantai Pangandaran. Pukul 12:30 saya finish di Pangandaran, belum ada teman-teman MTB Federal yang datang. Roadbike Tasik dan Ciamis sebagian besar sudah datang. Saya melanjutkan pulang ke Cilacap.

Pukul 13:00 saya turun dari Pangandaran menuju Kalipucang, rute tersebut terdekat menuju Cilacap. Sepanjang perjalanan dari Kalipucang – Sidareja – Cilacap jalanan sudah mulus, berbeda dengan 2 tahun yang lalu saat menuju Bandung lewat jalur yang sama. 3 jam perjalanan (50 km) dari Pangandaran – Cilacap, 16:30 saya sudah sampai rumah Cilacap. Happy gowes!

Peserta TDP 6 2015 (1)
Peserta TDP 6 2015 (1)
Peserta TDP 6 2015 (2)
Peserta TDP 6 2015 (2)
Batas Provinsi Jawa Tengah - Sisi Selatan (Kalipucang - Pangandaran)
Batas Provinsi Jawa Tengah – Sisi Selatan (Kalipucang – Pangandaran)
Iklan

5 tanggapan untuk “Tour de Pangandaran VI 2015 – 108K

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s