Tour de Madura IX Bikeberry 2015

Tour de Madura IX Bikeberry 2015

Ketika mendengar kata “tour” dan “touring”, kita akan membayangkan lomba sepeda balap jarak jauh seperti: Tour de France, Tour de Oman, Tour de Singkarak, dll. Namun Tour de Pangandaran yang saya ikuti Januari kemarin dari Tasikmalaya sampai Pangandaran dan Tour de Madura ini bukan race, ajang silaturahmi komunitas sepeda lipat dari beberapa kota.

Lalu, kenapa disebut tour?

Sejatinya, Tour adalah perjalanan jauh antar kota, provinsi, negara. Mengapa Bikeberry menamakan event ini Tour de Madura, kita bersepeda dari Surabaya menyebrang Pulau Madura menggunakan kapal ferry, lalu bersepeda menuju salah satu wisata Madura yaitu Mercusuar peninggalan Belanda.

Ketika ingin mengikuti Tour de Madura ini saya sedikit ragu, kira-kira seramai apa yah yang bergabung? Apakah akan mengelilingi Madura? Madura kota yang panas, disana akan melihat apa saja? Namanya juga event komunitas, bukan event organizer yang handle dan bayarnya cukup terjangkau: 60.000,- saja.

Tiket Penyebrangan Surabaya - Madura

Saya putuskan H-1 untuk mendaftar ikutan Tour de Madura ini. Cari-cari informasi tentang Tour de Madura Bikebbery ini ternyata sudah ke-9 kali. Saya pikir ini event tahunan Bikeberry buat teman-teman sepeda lipat yang hobi touring, ternyata tidak setiap tahun diagendakan.

Untuk menghemat waktu, dana dan tenaga saya membawa sepeda lipat Dahon Speed P8 (namanya event sepeda lipat, gus) memasukkanya ke bagasi bus Sumber Kencono bukan Bencono. Rencana berangkat dari Jogja malam jam22 sampai Surabaya jam5 pagi, langsung gowes dengan rombongan. All izz well.. Sesuai perencanaan, sampai Surabaya jam 04:45 lalu sholat shubuh dan menuju lokasi start di Mc.D Darmo.

Tour de Madura 2015 ini saya ditemani Rendra Ady Wijaya. Teman saya ini baru membeli Dahon Speed P8 dan sudah mencobanya sampai Dieng, Wonosobo – 2093 mdpl. Diawal saya sudah bilang ke dia, agak sedikit lecet karena sepeda akan masuk bagasi. Tau sendiri Bus Sumber Kencono kalau jalan pasti ngebut, hahaha..

Registrasi Peserta Tour de Madura 2015

Pukul 18:30 peserta sudah berkumpul di Mc.D Darmo lalu menuju Pelabuhan penyebrangan Tanjung Perak untuk menerima tiket dari panitia. Berjabat tangan, ramah tamah dan foto-foto sambil menunggu teman lain yang belum datang. Kami dibagi menjadi 4 kelompok dengan pita dan masing-masing road captain ada merah, kuning, hijau dan biru.

Tidak perlu menunggu lama kapal ferry menuju Bangkalan, Madura sudah datang setiap 30 menit. Masing-masing peserta membawa sendiri tiket penyebrangan, hanya 5.000 rupiah sepeda dan orang bisa menyebrang dengan kapal ferry ini. Saya pikir akan lama di atas kapal, bisa 1-2 jam ternyata cuma 20-30 menit sampai Pelabuhan Madura.

Karena pesertanya rata-rata goweser yang sering ikut event, setelah turun dari kapal kami briefing dan megelompokkan sesuai pita dengan road captainnya. Saya mendapatkan pita kuning dengan road captain Fahmi Ndut. Dari Bangkalan semua peserta menuju Desa Socah yang menjadi lokasi wisata mercusuar peninggalan Belanda.

Gowes ke Mercusuar Madura

Tidak terlalu jauh dari Desa Kamal sampai Desa Socah, Madura bersepeda sekitar 35 km dengan jalan yang relatif mulus dan tentunya panas. Kapan lagi bisa merasakan panasnya Madura di siang hari? hehehe..

Saya sangat menikmati Tour de Madura 2015, jalan di Madura tidak terlalu lebar seperti di Jawa dan Sumatra. Pemandangan laut dan bakau hijau sepanjang perjalanan sangat indah. Seandainya ada Tour de Madura yang benar-benar keliling Madura saya akan mendaftar.

Buat goweser yang ingin mencicipi bersepeda di Madura perlu membawa bekal makanan dan minuman sendiri yang cukup. Saya melihat keramaian Madura hanya dekat di pelabuhan, selebihnya itu sudah masuk perkampungan tidak ada yang menjual makanan dan minuman.

Kedua, kalau suka camping banyak tempat menarik untuk membuka tenda tentunya dipinggir pantai. Kalau tidak suka camping, bisa menumpang di warga ataupun motel terdekat di tempat wisata.

Mercusuar Madura

Untuk menuju mercusuar tidak mudah memakai sepeda lipat, jalan yang kita lewati bebatuan padas/kapur yang tidak di aspal. Kurang lebih 7 km melewati jalan bebatuan. Sepeda lipat dengan ban kecil dan tidak stabil, menyulitkan untuk handling. Pemandangan di kanan-kirinya sawah dan hutan bakau.

Jam10 siang sudah sampai lokasi mecusuar untuk berfoto dan menikmati camilan/rujak asli Madura. Lokasi mercusuar lumayan adem dan angin sepoi-sepoi bisa menikmati kapal tangker lewat. Jam11 rombongan melanjutkan perjalanan untuk makan siang di sebuah restoran seafood tidak jauh dari mercusuar.

Teman-teman Tour de Madura 2015

Mercusuar Madura

Advertisements

7 thoughts on “Tour de Madura IX Bikeberry 2015

  1. warm

    “Tour adalah perjalanan jauh antar kota, provinsi, negara..”

    ya fleksibel aja sih, menurut kamus soalnya gini ..

    a journey for pleasure in which several different places are visited..

    nah sepanjang jalan2 senang2 di beberapa tempat udah tour namanya hehe

    Like

    Reply
  2. Pingback: Serunya Rute Jogja Fun XC 2015 | Bagus Gowes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s