Upgrade Part MTB di Bawah 200rb yang Paling Berpengaruh

Vintage City Bike MTB

Vintage City Bike MTB

Salah satu hal yang paling sering ditanyakan pehobi sepeda pemula adalah “Upgrade apa ya supaya sepeda terasa lebih enak? Crankset? Wheelset? Ban apa yang paling ringan? Ini merupakan pertanyaan yang tak akan habis jawabannya (apalagi kalau yang menjawab adalah seorang pedagang, hehe..).

Nah, pengalaman ketika dulu mengalami transisi dari newbie dan melontarkan pernyataan yang sama. Namanya newbie, apalagi yang masih mahasiswa, biasanya agak sungkan menghabiskan duit banyak-banyak untuk upgrade pertamanya. Saya batasi di 200ribuan.

Bila kita menggunakan sepeda dengan range harga di bawah 3 juta, maka jawabannya adalah ban. Umumnya ban bawaan sepeda fullbike merupakan ban dengan kompon yang sangat keras dengan dinding samping yang kaku. Yang kalau dijual lagi harganya ngga sampai 100rb per buahnya.

Nah, dengan sedikit investasi, kita bisa mendapatkan ban dengan kompon yang lebih lunak (sehingga lebih nggigit) serta dinding samping/sidewall lebih lentur (sehingga terasa lebih empuk dan nyaman meski tekanannya sama). Ada alternatif lain selain ban, bagaimana menurut goweser?

Iklan

12 thoughts on “Upgrade Part MTB di Bawah 200rb yang Paling Berpengaruh

  1. perbowo wicaksono

    Stem yang lebih pas termasuk tidak ya Mas Bagus, untuk kasus saya perjalanan jauh dengan sepeda mtb saya terasa capek dan reach tangan yang terlalu ke depan, setelah ganti stem lebih pendek jadi jauh lebih nyaman

    Suka

    Balas
  2. rudi ismunarto

    Salam gawes mas…. sepedaku aku ganti ban kecil swallow 26×1.50 tadinya ban bawaan tapi besar 26×2.10…alasannya aku gak pernah pakai ke jalan bukit..batuan atau tanah..paling cuma aspal aja..pertanyaannya kok jadi keras dan gak empuk…kurang nyaman. Atas masukkannya mas bagus terima kasih.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s