Mari Bersepeda Ke Pantai Ngliyep, Malang Selatan

Bersepeda di Pantai Ngliyep, Malang Selatan
Bersepeda di Pantai Ngliyep, Malang Selatan

Mendengar kota Malang, apa yang ada di pikiran goweser? Kalau saya: tanjakan, apel, dingin, batu dan pantai. Tapi sebenarnya dimana dan ada apa sih di Malang? Yang katanya kota terbesar kedua di Jawa Timur.

Malang termasuk kota wisata di Jawa Timur, kalau kita ingin ke Gunung Bromo dan Semeru bisa melewati kota Malang. Awal mula saya tertarik dengan Malang, karena ada informasi tiket promo dari Kereta Api Persero di posternya tertulis 49.000,- tapi tidak sejumlah itu ketika memilih tanggal keberangkatan jadi 69.000,- memakai Kereta Malioboro Express (Jogja – Malang). Saya mengajak teman gowes Jogja: Rendra Ady Wijaya. Akhirnya membeli 2 tiket PP Jogja –  Malang.

Datang ke lokasi wisata yang mainstream kesannya biasa aja yaah.. Akhirnya saya membuat trip 2 hari di Malang yang lengkap dari Malang Utara dan Selatan (tanjakan, turunan, pantai dan gunung). Hari pertama saya rencanakan untuk bersepeda ke Pantai Ngliyep, Malang Selatan. Informasi Pantai Ngliyep di internet belum terlalu banyak, bisa dibilang surganya Malang Selatan. Kami turun di stasiun Kepanjen, stasiun terdekat menuju Pantai Ngliyep.

Sebelum berangkat ke Malang saya menghubungi teman gowes Malang: Roni Hidayatullah, siapa tau ada teman di Malang yang mau menemani ke Pantai Ngliyep. Roni menginfokan ke teman-teman Malang, akhirnya ada yang menemani dari Kepanjen sampai Pantai Ngliyep. Kami ber-4 menuju Pantai Ngliyep dengan susah payah menghantam banyak tanjakan, haha..

Bersama Federal Malang
Bersama Federal Malang

Pantai Ngliyep, di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terletak 63 kilometer dari pusat Kota Malang. Menurut Google Maps jarak dari Malang – Pantai Ngliyep: 60 km, naah.. Kalau dari Kepanjen – Pantai Ngliyep: 40 km, dari kilometernya sudah memotong 20 km menuju Pantai Ngliyep. Rute menuju Pantai Ngliyep semacam pantai di Gunung Kidul, awalnya kita turun masuk daerah Kepanjen, ketika masuk perkampungan yang jalurnya sepi rute rolling naik dan turun sampai Pantai Ngliyep.

Buat teman-teman yang beragama Islam tidak perlu bingung mencari masjid ataupun mushola, sepanjang perjalanan menuju Pantai Ngliyep banyak masjid kampung yang bagus dan megah. Jalan menuju Pantai Ngliyep sama dengan Pantai Balekambang, ketika ketemu perempatan terahir ada tanda menuju Pantai Ngliyep belok kanan dan ke kiri Pantai Balekambang.

Tips dari saya buat goweser yang ingin ke Pantai Ngliyep atau Balekambang, usahakan sarapan atau makan berat dulu sebelum gowes. Jarang sekali warung yang menjual nasi di sepanjang perjalanan. Banyak warung di sepanjang jalan, tapi tidak menjual makan berat hanya menjual minuman dan camilan. Warung nasi terahir yang saya temui saat turun di stasiun Kepanjen, keluar dari kota Kepanjen susah sekali menemukan warung nasi.

Wisata di Pantai Ngliyep
Wisata di Pantai Ngliyep

Masuk ke Pantai Ngliyep membayar retribusi 15.000,- bisa saja gratis, jika kamu menunjukan KTP desa Donomulyo. Akhirnya sampai Pantai Ngliyep, selain wisata pantai di Pantai Ngliyep ada beberapa wisata yang bisa kamu datangi yaitu Teluk Putri, Goa Patuk dan Gunung Kumbang. Lokasinya di sepanjang Pantai Ngliyep, berjalan kaki juga sampai.

Buat yang suka berenang bisa menuju Teluk Putri, waktu itu cuaca sangat panas jadi saya tidak berani untuk berenang. Kata warga sekitar, kalau musimnya penyu bertelur bisa melihat penyu berenang di Teluk Putri tersebut. Goa Patuk, berada di utara Pantai Ngliyep biasanya dipakai untuk berdoa yang percaya dengan kejawen. Gunung Kumbang, perbukitan karang di Pantai Ngliyep. Yang suka hiking bisa mencoba Gunung Kumbang sampai atas dan melihat Pantai Ngliyep dari atas.

IMG_0205 IMG_0206 IMG_0207 IMG_0208 IMG_0209 IMG_0210

Iklan

5 tanggapan untuk “Mari Bersepeda Ke Pantai Ngliyep, Malang Selatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s