Gowes Merdeka Bersama 3 Komunitas Sepeda Jogja

Merdeka! Selamat hari kemerdekaan tidak terasa sudah 70 tahun Indonesia merdeka. Sebagai anak muda yang kekinian harus melanjutkan perjuangan pahlawan Indonesia tempo dulu. Sebagai goweser yang mencintai Indonesia saya selalu memposting keindahan tempat wisata yang wajib dikunjungi menggunakan sepeda. Untuk postingan kali ini saya merayakan 3 hari bersepeda ke 3 tempat berbedan dengan 3 komunitas sepeda yang berbeda.

Hari ke-1

Sabtu (15/8) saya tergabung di komunitas sepeda besi MTB Federal Yogyakarta. Pada hari Sabtu saya bersama 23 teman Federal Jogja bersepeda dari Jogja – Solo (PP -+ 120km). Niatan awal bersepeda menuju Solo mengajak member baru yang hobi touring/sepedaan jarak jauh untuk mencicipi aspal Jogja – Solo. Ternyata animonya cukup bagus, perwakilan komunitas lain seperti UGM Bersepeda, Arkeologi UGM ikut meramaikan gowes Jogja – Solo ini.

image: iyink petruk

image: iyink petruk

Hari ke-2

Diluar prediksi waktu pulang gowes dari Solo ke Jogja jam 18:00 atau 19:00, eh sampai rumah jam 22:00. Minggu (16/8) bersama teman-teman Keong Cycling Team ke Waduk Sermo berkumpul 5:30 di Kantor Pos Yogyakarta. Badan masih pegel-pegel dan agak ngantuk saya beranikan datang ke lokasi kumpul. Kurang lebih ada 40 pesepeda yang memakai sepeda balap/roadbike.

Pada hari Sabtu ada insiden pesepeda Jogja yang berani memberhentikan rombongan Harley Davidson yang melanggar lampu merah. Teman-teman Keong sepakat menuju Waduk Sermo untuk taat peraturan dan berhenti jika lampu merah. Kebetulan juga gowesnya speed santai avg speed cuma 30 km/h, jadi saya yang memakai sepeda lipat masih bisa mengikuti tempo gowesnya teman-teman Keong.

image: keong gowes roadbike

image: keong gowes roadbike

Hari ke-3

Perayaan gowes merdeka yang sebenarnya di depan sang saka merah putih pada Senin (17/8) bersama perwakilan teman komunitas sepeda: Jogja Gowes, Panic, Keong Gowes Roadbike, Waskita, dll. Senin pagi berkumpul di Tugu Jogja pukul 06:00 untuk mempersiapkan sepeda dan berkenalan satu sama lain. Berbagai macam model sepeda dari MTB, roadbike, sepeda lipat dan ontel ikut meramaikan gowes merdeka ini.

Untuk rute gowes merdeka 17 Agustus sangat menantang dan perlu perjuangan menuju Goa Kiskendo. Goa Kiskendo masuk di wilayah menoreh, Kulon Progo yang naik mobil harus pakai gigi 1, pakai sepeda ada jalan yang sangat menanjak tidak bisa dilewati sepeda. Sepeda yang melewati jalan tersebut akan mengangkat ban depannya, kecuali yang sudah biasa melewati jalan tersebut.

Pukul 10:30 semua goweser sampai lokasi Goa Kiskendo. Panitia sudah menyiapkan tiang portabel untuk mengibarkan bendera, acaranya disana menyanyikan lagu Indonesia Raya dan berdoa untuk semua goweser dan Indonesia agar lebih damai dan sentosa. Pukul 12:00 meninggalkan lokasi Goa Kiskendo menuju lokasi makan siang di Mang Engkin, Godean.

image: eko eshape

image: eko eshape

Ada yang kemarin merayakan gowes merdeka juga? Bagaimana ceritanya? Salam gowes! #RI70

Iklan

8 thoughts on “Gowes Merdeka Bersama 3 Komunitas Sepeda Jogja

  1. ElementMTB

    nice 🙂
    yuk kunjungi website elementmtb.com buat yang ingin tahu tentang jenis-jenis dan tipe-tipe sepeda element 🙂

    dan jangan lupa untuk like fanpage FB “Element MTB” yah..trimakasih ^^ salam gowes untuk semuanya 😀

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s