Nglanggeran Mountain Bike 2015

Setelah tahun sebelumnya panitia obyek wisata Gunung Api Purba cukup sukses melaksanakan Nglanggeran Mountain Bike pertama. Beberapa waktu lalu (23/8) Gunung Api Purba kembali mengadakan Nglanggeran Mountain Bike 2015 yang kedua dengan skala yang lebih besar dan medan yang lebih menantang.

Tentu saja saya kembali mengikuti event tersebut untuk menjawab undangan dari panitia Gunung Api Purba dan mencoba medan offroad di wilayah Nglanggeran. Untuk Nglanggeran Mountain Bike 2015 saya memakai Surly Troll ber-dropbar, karena penasaran bagaimana rasanya offroad dengan handlebar tersebut.

image: wayan setiawan

image: wayan setiawan

Biaya pendaftaran event ini terbilang cukup murah, hanya Rp 25.000/orang dengan fasilitas t-shirt, makan, snack dan asuransi. Buat penghobi seperti saya dengan membayar Rp 25.000,- dan trek offroad yang menantang sangat puas. Jarak offroad di Nglanggeran Mountain Bike 2015 hanya 16 kilometer, tetapi sangat menguras tenaga ada tanjakan dan makadam batu padas.

Gunung Api Purba Nglanggeran lokasinya cukup jauh dari kota Jogja, banyak komunitas dan peserta menuju event Nglanggeran ini sepeda diangkut menggunakan mobil pribadi dan truk. Saya beranikan diri untuk bersepeda langsung dari Jogja sama Gunung Api Nglanggeran (pulang-pergi), buat melatih endurance dan tahu jaraknya ke Nglanggeran.

image: bagus gowes

image: bagus gowes

Saya berangkat pagi dari Jogja 4:30, karena saya tau medannya cukup menanjak tidak membawa banyak barang. Saya hanya membawa jaket windbreaker, air minum 1 liter buat cadangan dan beberapa snack untuk camilan selama perjalanan. Cuaca pagi itu sangat dingin, pakai jaket windbreaker sampai daerah Piyungan sangat membantu menghangatkan badan.

Tidak terlalu cepat untuk mengayuh sampai Nglanggeran, dengan speed 16 km/h dan berhenti 1 kali di swalayan Piyungan untuk membeli minuman manis. Setelah Piyungan bertemu dengan tanjakan Patuk sampai Bukit Bintang, akhirnya bertemu dengan teman sepeda yang akan menuju event Nglanggeran tersebut.

Tidak terlalu banyak ngobrol, takutnya telat sampai di Nglanggeran saya melanjutkan perjalanan. Tanjakan Patuk merupakan medan yang melelahkan untuk menuju Nglanggeran/Wonosari menggunakan ban offroad. Setelah melewati Patuk, belok kiri di depan polsek Patuk menuju Nglanggeran dengan medan rolling yang tidak begitu berat.

Sepertinya pihak Gunung Api Purba akan terus mengadakan acara sejenis dengan kualitas yang terus meningkat dan tentunya skala dan kapasitas yang terus membesar di masa mendatang. Layak ditunggu. Siap untuk meramaikan Nglanggeran Mountain Bike jika diadakan lagi?

image: catur adhi

image: catur adhi

image: catur adhi

image: catur adhi

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s