Gowes Explore Pantai Gunung Kidul

Beberapa waktu yang lalu saya diajak Mbak Dyah Purwanti dan Om Dennis P. Yapsir gowes explore Pantai Gunung Kidul. Lokasinya tidak begitu jauh kurang lebih 60-70 km dari kota Jogja. Ini bukan yang pertama kalinya saya explore Pantai Gunung Kidul, sebelumnya saya pernah dengan komunitas EnTe Jogja keliling seluruh pantai.

Minggu (4/10) kami berkumpul di perempatan PLN Gedong Kuning Jogja. Ada 16 pesepeda lipat sudah berkumpul untuk mengikuti acara “Gowes Explore Pantai Gunung Kidul”. Karena kami sudah mengenal tiap-tiap peserta, pagi itu kami ngobrol, streching dan sarapan pisang rebus.

image: dennis yapsir
image: dennis yapsir

Gowes explore Pantai Gunung Kidul bukan ajang kebut-kebutan dan cari yang tercepat, kami ber-16 gowes bersenang-senang dan foto di tempat-tempat seru. Untuk menghemat waktu sampai Pantai Baron, Pantai Sepanjang dan Pantai Sundak kami sepakat untuk mengangkut sepeda ke dalam truk. Mulai gowes setelah Hutan Bunder Wonosari sampai Pantai Sundak cukup melelahkan 42 km.

Jalur yang kami lewati merupakan jalur alternatif menuju barisan pantai di Gunung Kidul: Pantai Krakal, Pantai Baron, Pantai Sepanjang, dll. Buat road bike dan mountain bike cukup nyaman, karena jarang dilewati mobil umum dan bus pariwisata. Kalau bisa dibagi presentase 90% jalanan aspal mulus dan sisanya aspal krikil.

image: dennis yapsir
image: dennis yapsir

Keindahan menuju Pantai Gunung Kidul di kanan-kirinya pasti akan menemukan hutan jati dan pinus yang musim ini sedang kemarau banyak daun yang berguguran. Background pohon-pohon tersebut membuat indah perjalanan kali ini. Kami sering sekali berhenti karena cuaca saat itu sangat panas dan angin yang selalu berlawanan arus.

Kebetulan saya ditunjuk menjadi road captain mengatur kecepatan untuk rombongan. Karena semua memakai sepeda lipat dan rata-rata memakai ban 20 inch, saya atur kecepatan maksimal 25 km/h, yang belakang masih bisa mengikuti dan tidak terlalu ngoyo.

Ban sepeda terkecil yang dipakai sepeda lipat Brompton 16 inch. Alhamdulillah tidak ada trouble selama perjalanan. Istirahat pertama di Pantai Baron untuk berfoto dan sarapan pagi dengan gudeg yang sudah disiapkan Om Dennis. Om Dennis salah satu penggagas gowes explore Pantai Gunung Kidul ini sekaligus founder group Bike2graphy.

image: dennis yapsir
image: dennis yapsir
image: dennis yapsir
image: dennis yapsir

Tips buat yang ingin bersepeda explore Pantai Gunung Kidul sebaiknya berangkat pagi sebelum jam 06:00, jalanan menuju Pantai masih belum terlalu ramai. Buat goweser yang tidak kuat panas, gunakan jersey lengan panjang atau manset tambahan untuk mengurangi panas di tangan. Wajib gunakan helm dan topi, karena untuk melindungi panas di kepala. Perbanyak minum dan sedia air putih.

Daripada jauh-jauh ke Bali untuk melihat pasir putih, Gunung Kidul juga banyak pantai yang berpasir putih. Pemandangan Gunung Kidul tidak beda dengan di Bali, ada batu karang dan dibatasi batu besar diantara pantainya. Di sepanjang Pantai Gunung Kidul tidak diperbolehkan berenang, karena sewaktu-waktu ombaknya pasang sampai ke batas pantai.

image: dennis yapsir
image: dennis yapsir
image: dennis yapsir
image: dennis yapsir
image: dennis yapsir
image: dennis yapsir
Iklan

2 tanggapan untuk “Gowes Explore Pantai Gunung Kidul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s