Jamselinas Solo 2015

Selamat Hari Blogger Nasional dan sukses terselenggaranya Jambore Sepeda Lipat Nasional Solo 2015. 2 minggu yang lalu (16-18 Oktober) saya datang meramaikan sebagai peserta Jamselinas Solo 2015. Niatan awal saya tidak ikutan hadir Jamselinas Solo 2015, kebetulan ada teman sepeda Jakarta yaitu Devin cancel menyuruh saya menggantikan peserta Jamselinas Solo 2015.

Jum’at, 16 Oktober saya niatkan berangkat ke Jamselinas Solo dengan bersepeda bersama teman-teman komunitas sepeda lipat Jogja Folding Bike dan Bikeberry Surabaya kurang lebih 20 orang. Pukul 15:00 berkumpul di Rodalink Jogja lalu beramai-ramai bersepeda ke Solo melewati jalur utama. Hari pertama Jamselinas tidak ada cara khusus hanya night ride keliling kota Solo dan makan malam bersama seluruh peserta Jamselinas.

image: rizal hasyim

Hari ke-2 Jamselinas Solo yaitu gowes seru keliling kota Solo. Semua peserta dikelompokkan sesuai komunitasnya masing-masing: jogja folding bike, id-folding bike, dahon indonesia, sepeda lipat bandung, dll. Sebelum gowes seru, kami berkumpul di Balekambang Solo mendengarkan pidato Menteri Lingkungan Hidup. Dengan kami bersepeda membantu juga mengurangi efek global warming.

Pukul 09:00 kami diberangkatkan oleh Menteri Lingkungan Hidup. Rute gowes seru Jamselinas sejauh 45 km membuat beberapa peserta kelelahan. 20 km pertama melewati jalur aspal yang biasa, kami berhenti di lapangan untuk mengisi air minum dan makan serabi notosuman Solo. Total peserta Jamselinas Solo yang terhitung dari registrasi sejumlah 600 orang. Tidak semua datang, tapi pada gowes seru terlihat begitu ramai dan penuh dengan sepeda lipat.

Gowes seru ada di kilometer akhir, kami melewati Waduk Cengklik Solo bisa dibilang rutenya banyak tanjakan. Beberapa peserta yang tidak kuat menuntun dan mendorong sepedanya sampai Waduk Cengklik. Cuaca hari itu memang sangat panas dan kering. Kami sering melewati sawah yang gersang dan tidak ada pohon sepanjang jalan. Perjalanan tersebut terbayarkan dengan es kelapa muda yang sudah disiapkan panitia di Wadung Cengklik.

image: rizal hasyim

Hari ke-3 Jamselinas Solo panitia membagi 2 acara yaitu gowes endurance Kemuning dan car free day Slamet Riyadi. Buat penghobi yang suka dengan tanjakan dan destinasi seru, saya memilih Kemuning. Lokasi Kemuning di sebelah barat kaki Gunung Lawu. Saya belum pernah gowes ke Kemuning. Saya ditemani Om Galih teman Strava menuju Kemuning tidak melewati jalur utama.

Dari awal start di Hotel HAP Solo saya, Om Galih dan Om Vidi Widyastomo selalu gowes bersama. Titik pertama berhenti di Monumen Pancasila Karanganyar menunggu teman lain yang ada di belakang. Masing-masing goweser memiliki tenaga yang berbeda. Tidak begitu lama di monumen tersebut untuk foto-foto lalu kami menuju jalan arah Tawangmangu. Kebetulan marshal Om Galih asli Karanganyar kami melewati rute teman-teman sepeda Karanganyar.

Menuju Kemuning melewati jalur alternatif sangatlah menarik, kami melewati hutan karet dan kampung di kaki Gunung Lawu. Sepanjang perjalanan hampir tidak dilewati bus umum dan truk pengangkut pasir. Untuk rutenya dari Solo tetap arah menuju Tawangmangu, sampai di terminal Karangpandan ambil jalan masuk ke Pasar Karangpandan lalu masuk ke perkampungan di belakang pasar.

Kalau untuk tanjakan kata Om Galih lebih landai dibandingkan melewati jalur utama (Terminal Karangpandan ke arah Tawangmangu). Jarak yang kami tempuh memang lebih panjang tapi tidak begitu menanjak. Beberapa rute juga dilewati roadbike untuk menuju Kemuning. Tanjakan menuju Kemuning saat siang hari memang menguras tenaga. Alhamdulillah semua peserta gowes endurance finish sampai Ndoro Donker, ada beberapa yang keram tapi dibantu panitia bisa terselesaikan.