Pelayanan Gangguan PLN Jogja Memuaskan

Kamis malam (11/2) sepulang dari bermain bekerja dari kantor Maliome Hackerspace kira-kira pukul 20:00 pulang ke rumah Ngadinegaran. Seperti biasa merapikan meja, menaruh MacBook dan membaca buku atau majalah yang belum dibaca. Malam itu kebetulan hujan deras, saya bersepeda dari kantor untuk pulang ke rumah. Saya langsung ke kamar mandi untuk mencuci kaki, menyalakan lampu tiba-tiba tegangan lampu tidak stabil seperti lampu mau mati.

Dilanjutkan menyalakan lampu kamar, kira-kira kondisinya sama saja. Kondisi seperti ini sudah 2x, saya ambil keputusan untuk mandi tanpa menyalakan lampu dan mencabut semua perangkat yang berhubungan dengan listrik. Saya coba menyalakan semua lampu, ternyata ada bunyi konslet di rumah listrik atas genteng. Saya coba cek rumah tetangga sebelah, tidak terjadi apa-apa.

Jum’at pagi (12/2) sekitar pukul 05:30 saya coba cek semua lampu lagi ternyata masih ada gangguan di tegangan listrik. Pukul 07:00 saya langsung menelpon PLN Jogja, kebetulan semalam saya sudah mencari nomor telepon pelayanan PLN Jogja. Saya menelepon menggunakan smartphone, disarankan depannya ditambah kode telepon Jogja (0274 – 123). Tersambung dengan customer service PLN, lalu menjelaskan kronologi konslet listriknya, alamat rumah, nomor pelanggan dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Masuk pukul 08:00 – 09:00 tidak ada telpon konfirmasi kehadiran petugas PLN Jogja, mungkin sedang banyak keluhan atau gangguan di Kota Jogja. Tiba-tiba pukul 09:00, ada 2 orang yang mengetuk pagar ingin pengecekan listrik. Alhamdulillah.. 2 orang tersebut pegawai PLN Jogja yang satu memakai seragam dan satunya tidak. Saya persilahkan masuk, bapak tersebut segera menanyakan “Ada tangga Mas?” Ada, lalu saya keluarkan tangga dari belakang rumah.

image: bagus gowes
image: bagus gowes

Kedua petugas PLN tersebut langsung sigap megecek ke atas rumah, satunya memegangi tangga mungkin mengkoordinasikan kendalanya. Saya sempat ngobrol dan menanyakan nama, yang memakai seragam PLN bernama Pak Danang dan Pak Budi yang tidak memakai seragam. Pak Danang sudah bekerja di PLN Jogja dari tahun 1997, statusnya sampai sekarang outsourcing.

Pak Danang menyarankan untuk sebuah rumah yang banyak menggunakan listrik seperti komputer, air conditioner, kulkas, dll. lebih baik 2x pengecekan rumah listrik dalam setahun. Karena kita tidak tahu kondisi kabel atas, banyak gangguan seperti cuaca, angin, burung dan pohon. Pak Danang mencontohkan, motor dan mobil yang mesinnya di dalam saja masih saja ada permasalahan mogok dan mesin mati.

Selain musim hujan, lebih utama musim kemarau sering banyak kendala untuk kelistrikan. Banyak pemakaian listrik di musim kemarau dan kabel biasanya tidak kuat jika terkena panas. Solusinya mengurangi tegangan listrik yang tinggal di daerah pedesaan. Mengenai pro kontra listrik pulsa dan biasa, ke depan memang akan dijadikan listrik pulsa semua. Semua pemasangan baru, perubahan daya dan pergantian nama wajib diubah listrik pulsa.

Terakhir, saya ucapkan terima kasih PLN Jogja telah menyelesaikan gangguan listrik di rumah saya. Baru kali ini saya merasakan mudahnya pelayanan BUMN secara cepat. Petugas PLN tidak meminta bayaran sepeserpun, karena sudah termasuk dari tagihan bayaran listrik PLN. Berhati-hati jika ada petugas PLN yang tetap meminta uang jasa listrik.

image: bagus gowes
image: bagus gowes
Tinggalkan Balasan

