Pit-pitan Ulang Taun Pitung Taunan Jogja Folding Bike

Pada hari minggu kuturut ayah ke kota saya bersepeda bersama teman-teman komunitas sepeda lipat Jogja, Semarang, Magelang, Surabaya, Bandung, Solo, dll. dalam rangka Pitulungan (pit-pitan ulang taun pitung taunan) JFB (Jogja Folding Bike). Perayaan ulang tahun komunitas Jogja Folding Bike ke-7.

Saya mendaftar peserta pitulungan JFB, karena keterbatasan orang dan panitia saya diajak menjadi marshall rute gowesnya dari start sampai finish. Pukul 06:00 semua peserta sudah berkumpul di bundaran UGM. Rekap dari Tante Dyah sebagai panitia, ada 200 orang yang mendaftar event gowes pitulungan JFB.

30 menit semua peserta, panitia dan marshall berkumpul. Khusus marshall ada briefing kecil untuk memastikan tiap kelompok dan jalan dijaga marshall. Saya kebagian mengawal kelompok 9 yaitu komunitas Jogja Gowes yang isinya berbagai komunitas di Jogja dan tetap memakai sepeda lipat. Sebagian besar saya mengenal tiap-tiap orangnya, jadi tidak perlu perkenalan dan basa-basi saat koordinasi.

Pukul 07:00 peserta kelompok 1 diberangkatkan, kalau tidak salah dari komunitas sepeda lipat Magelang. Semua peserta sangat antusias mengikuti acara ini, karena acara tahunan dan biaya yang cukup murah hanya Rp 75.000,- sudah dapat gowes, makan, polo shirt dan doorprize!

Start sampai finish kalau memakai jalur utama hanya 7-8 km saja, tapi panitia memberikan jalur yang asik dan seru melewati perkampungan di wilayah Sleman. Kebetulan saya juga baru melewati rute ini, jalan yang agak berlobang dan pemandangan hijau menemani sepanjang perjalanan.

Buat yang ingin mencoba rute gowesnya bisa melihat Stravanya. Rutenya masih oke buat segala jenis sepeda. Check point 1 berhenti di sebuah DAM yang terlihat seperti air terjun, buat peserta yang ingin berfoto dengan background air terjun bisa kebawah. Buat peserta yang tinggal di kota, tidak mungkin terulang lagi pemandangan indah tersebut.

Keseruan yang paling asik saat melahap tanjakan Pakem, jalan kampung Pakem tapi tanjakannya panjang dan perlu strategi khusus menghemat kayuhan dan tenaga. Beberapa peserta ada yang mengambil jalan istirahat di warung sekitar, ada juga yang berfoto-foto sambil menikmati udara yang bersih.

Pukul 10:30 semua peserta sampai di lokasi perayaan pitulangan yaitu Wedangan Kampoeng Jogja, Jl. Kaliurang KM. 11. Restoran yang berdesain desa/kampung, bisa memilih lesehan atau duduk di kursi kayu. Acara selanjutnya makan-makan, hiburan dan pembagian doorprize. Rejeki anak sholeh kata teman-teman, saya mendapatkan power bank, hahaha.. Terakhir, selamat ulang tahun Jogja Folding Bike ke-7, semoga tetap eksis dan rajin bikin acara gowesnya yah! 😀

image: spica pradhityo
image: spica pradhityo
image: spica pradhityo
image: spica pradhityo
image: spica pradhityo
image: spica pradhityo
image: spica pradhityo
image: spica pradhityo
image: spica pradhityo
image: spica pradhityo
image: spica pradhityo
image: spica pradhityo
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s