Diet Kantong Plastik Yogyakarta

Kemarin malam (22/2) sepulang dari bike to work saya datang ke salah satu Indomaret Yogyakarta di samping Jogjatronik untuk membeli minuman dan mengambil uang di ATM Mandiri. Malam itu antrian tidak begitu panjang, saya cuma membeli minuman rasa buah dan mengantri hanya 1 orang.

Saya melihat tulisan besar tertempel di samping mesin kasir: Indonesia Bersih Sampah 2020 – Diet Kantong Pastik – Kantong Kresek Berbayar Rp 200. Teryata Indomaret Yogyakarta juga masuk di wilayah diet kantong plastik. Wacana seingat saya dulu pernah ada tapi hanya supermarket seperti Carrefour Indonesia, Giant Supermarket, dll.

Informasi mengenai program kantong plastik berbayar saya membaca di Kompas dan dimulai Minggu (21/2). Facebook Walikota Bandung, Ridwan Kamil juga menyuarakan kampanye diet kantong plastik di wilayah kota Bandung. Tidak hanya di kota besar di Jawa, ternyata Banyuwangi juga mulai diet kantong plastik dengan memunguti sampah plastik.

Saya setuju dengan program “Diet Kantong Plastik”, agar kota Jogja lebih bersih dari sampah plastik yang sangat lama terurai. Saya sering membeli barang (makanan, part sepeda, dll.) tanpa meminta kantong plastik. Di sepeda selalu membawa tas pannier di kanan dan kiri untuk membawa barang belanjaan. Kalau kamu sudah ikutan diet kantong plastik?

image: bagus gowes

image: bagus gowes

image: bagus gowes

image: bagus gowes

image: bagus gowes

image: bagus gowes

5 thoughts on “Diet Kantong Plastik Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

