Gowes Mubeng Ringroad Jogja Bersama Jogja Folding Bike

Hallo.. Morning world! Apa kabar hari ini? Kemarin malam Jum’at (11/3) saya bersepeda bersama komunitas Jogja Folding Bike. Bersepeda kali ini cukup menantang dan melatih endurance, gowes mubeng/keliling ringroad Jogja sejauh 42 kilometer. Tapi jangan dibandingkan dengan kecepatan sepeda balap atau roadbike, kami hanya pelan-pelan dan sesekali berhenti untuk regrouping.

Ini gowes keliling ringroad pertama saya di tahun 2016 dan finishnya Bakmi Jawa Pak Jiono, Kotagede. Menurut poster yang diposting di group Jogja Folding Bike titik kumpul 16:30 WIB di perempatan Dongkelan, Bantul. Saya datang tepat waktu 16:30 tapi tidak menemukan seseorang pun goweser disana. 15 menit lalu datang Om Dicky Ari Risandy yang rumahnya dekat Asrama Haji Yogyakarta.

Kami mengobrol mengenai aktivitas dan hobi bersepeda. Om Dicky pernah bersepeda dari rumahnya sampai Klaten, Muntilan dan Selo Boyolali. Itu perjalanan bersepeda yang cukup keren buat pemula yang baru mengenal sepeda. Keinginan Om Dicky ingin touring tapi tidak lama-lama menggunakan KHS Folding Bike F20 Pink.

Pukul 17:00 datang teman-teman lain yaitu Om Supriyadi Plat AB, Om Imam Syafii dan Om Firdian, karena sudah terlalu sore kami putuskan untuk berangkat arah barat ke timur. Ada teman lain yang sudah menunggu di perempatan demak ijo jogja, kami berisitirahat sebentar disana. Ada masalah sedikit di sepeda lipatnya Om Gareng, crankset kirinya tiba-tiba lepas. Kemungkinan bautnya kurang kencang dan drat bautnya sudah aus.

image: bagus gowes

Setelah bersepeda 15 km, kami tiba di perempatan Jombor Sleman buat yang muslim menunaikan sholat maghrib dan Om Gareng mencari bengkel motor untuk mengencangkan cranksetnya. Ada teman lain yang menunggu juga di perempatan Jombor Sleman, total peserta ada 10 orang melanjutkan misi keliling ringroad Jogja.

18:30 kami bersiap melanjutkan perjalanan, dari perempatan Jombor sampai perempatan Kaliurang Jogja hanya 10 kilometer. Di perempatan Kaliurang/Kentungan Jogja tambah 5 orang yang sudah menunggu, kebanyakan ibu-ibu berumur. Kami mengurangi ritme kayuhan agar tidak ada yang ketinggalan, karena kondisi malam dan banyak motor/mobil setelah pulang kerja. Kebetulan saya memiliki lampu yang cukup terang, saya menemani ibu-ibu di belakangnya menerangi perjalanan.

Tema gowes kali ini adalah mubeng ringroad dan kuliner Bakmi Jowo Pak Jiono. Setelah melewati Blok O Jogja, kami ke selatan sampai ketemu perempatan ringroad Kotagede. Perempatan ringroad Kotagede cukup ramai mobil, lalu ke barat menuju lokasi Bakmi Pak Jiono. Sampai pukul 21:00 kami masih di Bakmi Pak Jiono. Sekitar Pukul 21:30 kami berpamitan untuk pulang ke rumah masing-masing.