Musi Triboatton 2016, Lomba Dayung Perahu Naga Tahunan di Palembang

Musi Triboatton 2016, kata Musi saya langsung teringat dengan Sungai Musi yaitu sungai terpanjang di Indonesia dan Jembatan Ampera sebagai ikon Kota Palembang. Triboatton? Saya belum pernah mendengar istilah itu. Saya taunya olahraga Triathlon yaitu 3 olahraga berenang, bersepeda dan berlari dijadikan 1 dalam sebuah kompetisi. Saya coba mencari informasi mengenai acara Musi Triboatton 2016, menurut Kompas.com yaitu lomba dayung variatif menggunakan tiga jenis perahu: river boat, kayak dan traditional boat racing.

Oaalaah.. Saya langsung mengambil kesimpulan Musi Triboatton 2016 adalah lomba dayung yang berskala internasional dengan perahu antar desa melalui aliran Sungai Musi. Flashback sedikit saya kecil di Kota Cilacap yang dekat dengan laut dan tentunya perahu ikan. Jika kamu berkunjung ke Pantai Teluk Penyu Cilacap pasti akan menemukan perahu yang bersandar. Hal biasa melihat perahu. Saya coba melihat foto-foto Musi Triboatton ternyata kapal yang dipakai sangat indah dan bagus penuh dengan ornamen.

Di kota Cilacap setiap tahunnya juga ada lomba dayung menggunakan perahu ikan dalam rangka meramaikan ulang tahun kota Cilacap. Kota Cilacap berbeda dengan Palembang sebagai provinsi Sumatera Selatan, tidak begitu meriah publikasinya. Cilacap terkenalnya Pulau Nusakambangan, Benteng Pendem dan perayaan sedekah laut di bulan suro. Saya belum pernah menginjakkan Palembang, semoga Musi Triboatton 2016 adalah momen yang tepat menikmati kota Palembang dan berbagai macam kuliner yang khas.

image: wonderful sriwijaya
image: wonderful sriwijaya

International Musi Triboatton (IMT) 2016 akan digelar pada tanggal 11-15 Mei 2016. Jarak tempuh peserta IMT 2016 mencapai 523 km, meliputi daerah Hulu Sungai Musi dan berakhir di Kawasan Jembatan Ampera. Ternyata perlombaan dayung sama dengan perslombaan sepeda, 523 km tidak dihabiskan hanya 1 etape. Panitia membagi 5 etape untuk IMT 2016. Semua peserta membutuhkan tenaga ekstra, suplemen, istirahat dan mungkin pergantian personel di setiap etape dayung.

Pembukaan etape 1 akan dilaksanakan di Musi Banyuasin bertepatan dengan ajang pemilihan duta wisata Palembang yaitu Bujang Gadis. Jika saya berkesempatan untuk menonton IMT 2016 saya penasaran dengan masing-masing etape yang dilewati, karena beberapa titik etape memiliki arus yang deras dan tenang. Keseruan pasti ada di arus deras, membuat adrenaline semakin memuncak.

Mengutip Kompas.com mengena etape awal kegiatan akan dimulai di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang. Kemudian dilanjutkan di Desa Ulak Mengkudu Lapangan SDN 14 Empat Lawang sebagai lokasi estafet peserta dengan finish di Jembatan Kuning, Tebing Tinggi untuk etape pertama.

Etape kedua akan dilaksanakan di Desa Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas. Etape ketiga dilaksanakan di Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin. Etape keempat dimulai di Dermaga Pangumbuk, Kabupaten Banyuasin. Terakhir, etape kelima akan menjadi titik akhir peserta di Kecamatan 10 Ulu, Kota Palembang.

image: wonderful surabaya
image: wonderful sriwijaya

Naaah.. Sudah mulai terbayang panjangnya Sungai Musi seperti di foto yang menjadi sungai paling panjang di Pulau Sumatera dan terpanjang ke-5 di Indonesia tidak ada anaconda. Sungai musi yang menjadi urat nadi peradaban dari masa sebelum Sriwijaya, masa keemasan Sriwijaya, keruntuhan Sriwijaya hingga masa sekarang. Kalau kamu belum pernah dan berfoto di Sungai Musi, belum sah ke Palembang yah!

Saya sudah tergambar akan kemeriahan International Musi Triboatton 2016, semua warga Palembang dan sekitarnya berkumpul di kanan dan kiri Sungai Musi dengan pakaian adat Palembang yang berkilau emas dan elegan. Event internasional pasti akan disambut warganya dengan meriah, acaranya hanya 1 tahun sekali dan tahun 2016 perhelatan ke-5 mulai tahun 2012.

Yuk teman-teman backpacker dan traveller ramaikan Musi Triboatton 2016. Acara ini masuk agenda wajib traveller yang disupport Pesona Indonesia dari Kementrian Pariwisata Indonesia. Informasi lengkap mengenai Musi Triboatton 2016, silahkan follow akun Twitter dan Instagram resminya @pesonasriwijaya atau memantau tagar Twitter/Instagram: #wonderfulsriwijaya #pesonasriwijaya #MusiTriboatton2016. Ayo ke Palembang!

image: wonderful sriwijaya
image: wonderful sriwijaya
image: wonderful sriwijaya
image: wonderful sriwijaya
Iklan

Satu tanggapan untuk “Musi Triboatton 2016, Lomba Dayung Perahu Naga Tahunan di Palembang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s