Osing Deles, Surganya Oleh-Oleh Kaos Khas Banyuwangi

Osing Deles Banyuwangi adalah sebuah toko oleh-oleh khas Banyuwangi yang isinya ada kaos, polo shirt, topi/peci, kopi, teh, dll. asli Banyuwangi. Bisa dibilang Osing Deles surganya oleh-oleh Banyuwangi. Tapi yang menjadi ciri khasnya yaitu kaos distro berdesain Banyuwangi. Buat wisatawan yang melihat kaos Osing Deles pasti akan bertanya-tanya maksud dari kata-kata yang menempel di kaosnya.

Saya bertanya ke pramuniaga Osing Deles “apa arti Osing Deles?” Osing Deles berarti using sekali atau banget. Using adalah suku asli di Banyuwangi. Produk Osing Deles memperlihatkan sisi ke-Banyuwangi-an pemakainya, secara tidak langsung bangga dengan produk Banyuwangi dan memperkenalkan Banyuwangi untuk masyarakat luas.

image: bagus gowes

image: bagus gowes

Saya masuk ke Osing Deles langsung terfokus dengan kaos distro yang banyak sekali desainnya. Kebetulan saya tidak begitu suka desainnya, karena terlalu ramai dan warna kaosnya begitu terang. Itu selera saja. Untuk harga barang di Oseng Deles relatif terjangkau mulai dari Rp 10.000 sampai termahal Rp 300.000 untuk kerajinan tangan. Untuk kaos mulai Rp 75.000 sampai Rp 110.000.

Uniknya, di Oseng Deles tidak menyediakan pembelian barang secara online karena pihaknya ingin pembeli produknya benar-benar mengenal Banyuwangi dengan datang ke kabupaten yang terletak di paling timur Pulau Jawa tersebut.

image: bagus gowes

image: bagus gowes

Saya datang ke Banyuwangi bertepatan dengan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITDBI) 2016 dengan undangan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaBanyuwangi. Ada beberapa desain yang tematik dengan acara di Banyuwangi yaitu ITDBI 2016. Osing Deles mengambil peluang dengan menjual kaos tematik event di Banyuwangi.

Sudah main ke Osing Deles dan bertanya-tanya dengan pramuniaganya, gak enak aja kalau tidak membeli 1 atau 2 barang. Akhirnya saya memutuskan membeli camilan khas Banyuwangi yaitu Kue Bagiak Banyuwangi, gak terlalu mahal hanya Rp 7.000,- per dusnya. Buat yang suka foto, ornamen di Osing Deles sangat unik menjadi background foto-foto selfie.

image: bagus gowes

image: bagus gowes

image: bagus gowes

image: bagus gowes

image: bagus gowes

image: bagus gowes

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s