Gowes Jambore Federal Kediri 2016

Selamat ulang tahun Komunitas Sepeda Federal dan Jambore Federal Kediri 2016. Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan silaturahmi antar pemilik, pecinta dan penggemar sepeda Federal di Jambore Federal Kediri 2016. Acara Jambore Federal Kediri 2016 dilaksanakan selama 3 hari Jum’at – Minggu (20-22/5) di Pinggir Sungai Brantas dan Air Terjun Irenggolo Kediri.

Untuk Jambore Federal Kediri saya berencana untuk bersepeda dari Jogja – Kediri bersepeda selama 1 hari, karena ingin menikmati setiap kayuhan dengan sepeda Surly Troll. Sudah lama tidak touring antar kota dan provinsi, hehe.. Ternyata waktunya tidak pas, karena orang tua datang ke Jogja untuk kontrol mata di Rumah Sakit Dr. YAP Yogyakarta. Saya langsung ambil keputusan untuk membeli tiket Kereta Api Malioboro Express dan membawa sepeda lipat Dahon Speed P8.

Kamis malam (19/5) pukul 21:00 WIB saya berangkat sendiri menuju Stasiun Tugu Yogyakarta dan berhenti di Stasiun Kediri pukul 03:00 WIB. Panitia Jambore Federal Kediri sudah menyiapkan tempat transit untuk para peserta dari luar kota di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Saya langsung bersepeda dari Stasiun Kediri ke Pondok Pesantren Lirboyo yang jaraknya cuma 8 km saja. Saya istirahat sampai pukul 05:00 WIB dan bersiap mengikuti agenda Jambore Federal Kediri.

image: gusti bayu

Hari 1, Jum’at (20/5) acara pembukaan Jambore Federal Kediri dan city tour mengelilingi Kota Kediri. Peserta yang terdaftar di Jambore Federal Kediri sejumlah 500 orang, semua berkumpul di Stadion Brawijaya Kediri untuk berfoto dan absen perwakilan dari tiap-tiap kota se-Indonesia. Dari Nanggroe Aceh Darussalam sampai Denpasar ada perwakilannya. Saya angkat jempol untuk Jambore Federal Kediri tahun 2016, antusias pesertannya sangat bagus.

City tour Jum’at semua peserta Jambore Federal Kediri keliling wilayah Kediri dari Gudang Garam, Simpang Lima Kediri Gumul dan perkampungan di wilayah Kediri. Kami sarapan pecel pincuk Kediri di Simpang Lima Kediri Gumul. Setelah sarapan kami berkenalan dengan wilayah lain dan berfoto di depan ikon Simpang Lima Gumul dilanjutkan pulang menuju Pondok Pesantren Lirboyo untuk sholat jum’at.

Setelah sholat jum’at registrasi dan pembagian kaos Jambore Federal Kediri sekaligus makan siang di kantin Pondok Pesantren Lirboyo. Sorenya kami diarahkan menuju Sungai Brantas untuk bikecamping di tepian sungai. Suasana di tepian Sungai Brantas sangat bagus, waktu itu turun hujan tapi tidak mengurangi semangat melanjutkan acaranya. Panggung musik sudah dipersiapkan panitia untuk menghibur semua peserta.

image: gusti bayu

Puncak acara bersepeda di Jambore Federal Kediri saat Sabtu (21/5) menuju Air Terjun Irenggolo Kediri. Pagi pukul 06:00 WIB semua peserta sudah dibuat group masing-masing daerah mengikuti marshall dari check point 1 sampai finish. Jarak yang kami tempuh hanya 40 km dari Sungai Brantas sampai Air Terjun Irenggolo Kediri, sepanjang perjalanan banyak tanjakan yang aduhai, hahaha…

Tanjakan menuju Air Terjun Irenggolo Kediri bisa diibaratkan menuju Selo dari arah Ketep atau Muntilan, sepanjang perjalanan kita menikmati tebing dan jurang. Beberapa jalur kemarin memang rawan longsor, berhati-hati jika mobil melewati jalur tersebut tikungannya sangat tajam. Jarang sekali dilewati truck apalagi bus pariwisata, sepeda agak mudah mengatur kayuhan saat tanjakan.