Kedai Nyah Tan Li, Tempat Makan Romantis di Jogja

Kalau kamu sudah terbiasa makan di puncak gedung tertinggi, makan di tebing dan melihat pemandangan kota di malam hari dengan pasanganmu itu sudah mainstream. Tempat makan romantis menurut saya lebih enak yang sepi, sesekali ada hiburan live music akustik dan tempatnya remang-remang. Kita bebas bercerita mengenai kehidupan dengan pasangan.

Kemarin Rabu (15/6) saya diundang untuk berbuka puasa bersama dengan Komunitas Blogger Jogja di Kedai Nyah Tan Li. Lokasi Kedai Nyah Tan Li berada di Kasongan, Bantul. Kasongan memang identik dengan kerajinan keramik, sangat mudah menemukan Kedai Nyah Tan Li bersebelahan dengan showroom Timboel Keramik sebelum jembatan Kasongan.

Saya datang tepat waktu pukul 16:00 WIB, karena belum tahu lokasi tepatnya. Ternyata sangat mudah dan parkirnya cukup luas. Kedai Nyah Tan Li dimiliki oleh istri Bapak Timboel sebagai owner Timboel Keramik. Bu Timboel menceritakan awal mula memakai nama Nyah Tan Li yang artinya Wetan Kali (barat sungai) Kasongan. Lebih mudah untuk memberikan rutenya.

image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes

Setelah mendengarkan penjelasan dari Bu Timboel mengenai konsep kedai yang dibuat tradisional dengan menu dan interiornya. Saya dan teman-teman Komunitas Blogger Jogja disajikan beberapa menu makanan buka puasa yang sehat yaitu kolak pisang yang sudah ditempatkan dalam gelas. Untuk makanan ringan sudah disiapkan pisang goreng. Cukup untuk membatalkan puasa.

Makanan besar perlahan disiapkan oleh tuan rumah ada Nasi Goreng Kecombrang, Mie Goreng Kecombrang, Nasi Kuning, Nasi Pedas, Nasi Tempe Pedas dan Brongkos khas Kedai Nyah Tan Li. Saya memesan nasi tempe pedas, karena melihat dari bentuknya yang isinya ada bihun manis, timun, telur dan ayam disuwir membuat selera berbuka puasa terasa spesial.

Untuk minuman yang disediakan ada teh panas manis, jeruk panas, es jus beberapa buah lokal dan es dawet. Saya memesan es jus jambu menemani makan nasi tempe pedasnya. Untuk nasinya sangat enak dimakan saat panas, gurih dan tidak terlalu lembek. Menu tambahannya ada tempe, bihun goreng dan ayam yang disuwir memberikan rasa unik di lidah. Buat teman-teman yang tidak suka pedas, minta saja sambalnya dipisah.

Jus jambu di Kedai Nyah Tan Li tidak begitu spesial, sama dengan jus lainnya. Setelah makan pedas lalu minum jus buah rasanya segar di mulut dan perut. Untuk harga tidak begitu mahal dengan tempat romantis, rata-rata makanannya seharga Rp 13.000,- dan minumannya Rp 10.000. Rekomendasi Kedai Nyah Tan Li buat yang ingin berkumpul dengan teman-teman dan keluarga.

image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
image: bagus gowes
Advertisements

2 thoughts on “Kedai Nyah Tan Li, Tempat Makan Romantis di Jogja

  1. Wahhh malem2 baca ginian jadi laperrrrr bangetttt masnyaaa :))
    Pengen deh kalo jalan2 ke jogja gak ke tempat yg itu2 trus. Pengen ke tempat yg anak2 lokal suka juga.. jd gak terlalu yg banyak turis. Huhuhuuu lapaar :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s