Bali Marathon 2016

Selamat pagi Bali.. Selamat buat teman-teman runner yang berhasil finish Maybank Bali Marathon 2016 dari semua kategori 400m children, 10K, 21K dan 42K. Kemarin Minggu (28/8) saya mengikuti acara lari full marathon 42.195 kilometer Maybank Bali Marathon 2016 bersama teman-teman komunitas Indorunners Jogja ak.a Playon Jogja. 40 orang dari Jogja mendaftar Maybank Bali Marathon 2016.

Maybank Bali Marathon 2016 merupakan full marathon kedua setelah tahun 2015 saya berhasil finish BII Maybank Bali Marathon 2015 dengan kaki yang terseok-seok tanpa persiapan yang matang. Maybank Bali Marathon 2016 persiapan saya dari Januari 2016 dengan berlatih tiap hari, minggu dan bulan kontinyu 21K setiap bulan. Alhamdulillah bisa finish strong sampai garis finish tanpa cedera.

image: bagus

Pukul 09:00 WITA saya sampai Ngurah Rai International Bali Airport rencana awal ke Bali selain mengikuti Maybank Bali Marathon 2016 yaitu eksplore Bali dengan transportasi publiknya Bus Sarbagita. Dari bandara Ngurah Rai kedatangan domestik saya langsung menanyakan ke petugas “Adakah halte Bus Sarbagita menuju Nusa Dua?” Saya diarahkan menuju kedatangan international yang ada halte Bus Sarbagita.

Dari Bandara Ngurah Rai rencana utama menuju Westin Bali Nusa Dua Hotel sebagai tempat pengambilan race pack Maybank Bali Marathon 2016. Untuk pengambilan race pack dibuka mulai pukul 08:00 – 20:00 WITA. Tidak terlalu buru-buru menuju lokasi pengambilan race pack. Saya menunggu di halte Bus Sarbagita hampir 30 menit sampai ada bus menuju Nusa Dua.

Dari Bandara Ngurah Rai Bali sampai Westin Bali Nusa Dua Hotel kurang lebih 14 km, kalau naik GO-JEK: Rp 27.000,- dan saya pilih yang murah naik Bus Sarbagita: Rp 3.500,- tepat di depan pintu masuk satpam Westin Nusa Dua Hotel pukul 11:30 WITA. Karena hari itu terakhir pengambilan race pack, antrinya hampir 60 menit karena tidak dipisah kategori full marathon dan half marathon. Setelah selesai ambil race pack saya langsung menuju halte Bus Sarbagita terdekat dari Westin Bali Nusa Dua Hotel, tidak sampai 30 menit datang bus menuju central lokasi terdekat dari Kuta tempat saya menginap.

image: bagus

Pukul 01:00 WITA dipaksa bangun pagi karena acara lari dimulai pukul 05:00 WITA dan shuttle pick up Maybank Bali Marathon 2016 dari parkiran Discovery Mall Bali ke lokasi start lari Bali Safari and Marine Park pukul 03:00 WITA. Dari hotelku menginap cuma 500 meter ke parkiran Discovery Mall Bali, sebelum itu mandi dan sarapan roti isi coklat dan keju biar perut tidak kosong.

Tepat pukul 05:00 WITA peserta full marathon Maybank Bali Marathon 2016 dilepas, saya memilih rombongan paling belakang bersama teman Playon Jogja: Robertus Indra dan Deviyanti Nur Rahman. Kilometer 1 sampai 8 berlari dengan pace 7 dan 8, karena motivasi awal tidak ada target personal best yang penting finish dan badan tidak capek. Setelah itu saya berlari meninggalkan Indra dan Devi dengan pace 6 sampai ketemu teman yang lain.

Setiap bulannya saya rutinkan 1 kali untuk berlari 21 km dan terakhir peak training Maybank Bali Marathon 2016 saya berlari mengelilingi Waduk Sermo Kulon Progo 17 km ditambah 5 km, total: 22 km. Pada saat Maybank Bali Marathon 2016 cuacanya cukup menyenangkan sampai 15 km, diatas itu mulai pukul 08:00 cuaca Bali di bulan Agustus sangat panas dan terik.

Saya terbiasa berlari di jalur aspal yang datar, rute Maybank Bali Marathon 2016 campuran naik turun di wilayah perkampungan Gianyar itu yang membuat sangat capek setelah 30 km berlari. Faktor kedua, sepertinya saya terlalu banyak makan pisang (3 buah) dan 1 GU Gel, perut berasa kenyang dan ingin buang air besar. Saya tahan sampai hotel, karena kamar mandi darurat yang disediakan panitia tidak ada air.

Terakhir, sepatu yang saya pakai alasnya terlalu empuk. Tahun lalu saya memakai Nike Zoom Structure 18 yang solnya tidak begitu empuk, jadi mantab untuk melangkah. Tahun ini saya memakai Skechers Go Run Ride 3 yang dapet diskonan solnya sangat empuk, saya rasakan setelah 30 kilometer berasa sepatu trepes tidak ada busa yang menyangga kaki. Untuk half marathon masih bagus.

Saran dan kritik untuk panitia Maybank Bali Marathon 2016 agar pengambilan race pack lebih bagus lagi dibagi per kategori half dan full marathon. Bisa juga dikasih banyak panitia untuk buka pintu pengambilan lagi. Untuk tahun ini tidak ada buah segar di beberapa water station. Saat saya mendaftar di website, memilih kaos race ukuran L kenapa tiba-tiba di data panitia mendapat kaos XXL.