Pengalaman Liburan Murah ke Bali ala Backpacker

Baru kemarin saya ke Bali meramaikan Maybank Bali Marathon 2016. Saya ingin berbagi pengalaman perjalanan menuju dan saat di Bali. Bisa dibilang perjalanan saya di Bali kemarin sangatlah murah dan beruntung. Lumayan bisa jalan-jalan gratis dengan GrabCar dan menikmati Bus Sarbagita semacam Bus TransJakarta dengan tarif yang murah.

Rencana awal di Bali memang tidak foya-foya, makan seadanya dan daily budget: Rp 300.000,- (3 hari, makan dan transportasi) alhamdulillah bisa terlaksana.

Day 1 – Sabtu (27/8)

Saya membeli tiket Air Asia 3 bulan sebelum Maybank Bali Marathon 2016, Jogja – Bali: Rp 550.000,- (pulang -pergi). Kebetulan ada website pemesanan kamar hotel yang sedang promo, saya menginap di Bedbunkers Hostel 2 Kuta: Rp 205.000/4 hari. Sesampai di Bandara I Gusti Ngurah Rai saya langsung ke halte Bus Sarbagita menuju Westin Nusa Dua Bali untuk mengambil racepack Maybank Bali Marathon, sekali perjalanan: Rp 3.500,- dan menuju Bedbunkers Hostel 2 Kuta menggunakan bus yang sama: Rp 3500.

Day 2 – Minggu (28/8)

Saat registrasi Maybank Bali Marathon 2016, ada pilihan penjemputan peserta race dari parkiran Discovery Mall Bali ke Bali Safari and Marine Park dengan membayar Rp 7.500,- Setelah race saya istirahat di hostel.

image: bagus

Day 3 – Senin (29/8)

Alhamdulillah setelah marathon 42 km, recoverynya saya cukup cepat, tidak pegal-pegal semua kaki. Saya niatkan untuk berkunjung ke The Bike Shop Bali yang lokasinya di Jl. By Pas Ngurah Rai arah Nusa Dua, kurang lebih 8 kilometer dari hostel. Saya menggunakan jasa GrabCar dengan promo gratis Rp 50.000,- sekali jalan, kalau lebih dari Rp 50.000,- bayar cash kekurangannya. Kebetulan tidak lebih dari Rp 50.000,- jadi gratis.

Dari The Bike Shop Bali lanjut ke Pantai Nusa Dua yang lokasinya di belakang hotel dan cottages elit Nusa Dua. Saya kembali menggunakan GrabCar dari The Bike Shop Bali ke Pantai Nusa Dua, sekedar menikmati sunset dan es krim di pantai tersebut. Pulang dari Nusa Dua ke hostel di Kuta saya memakai GrabCar dengan menambah cash Rp 4.000,-

image: bagus

Day 4 – Selasa (30/8)

Hari terakhir saya di Bali, saya check-out pukul 09:00, karena pesawat ke Jogja pukul 13:45 WITA. Menunggu agak siang saya kulineran Gusto Gelato Bali, karena tokonya buka jam 10:00 WITA saya paskan saat toko buka. Saya tetap memakai GrabCar menuju Gusto Gelato Bali dengan tarif gratisnya. Selesai menikmati gelato 3 scoop: Rp 42.000,- melanjutkan perjalanan terakhir Krisna Oleh-Oleh Bali sekedar membeli camilan buat teman-teman di Jogja.

Terima kasih GrabCar, pengalaman pertama memakai jasa GrabCar sangatlah memuaskan. Kebetulan mendapat sopir GrabCar yang ramah dan enak diajak ngobrol. Selama di Bali memakai Bus Sarbagita juga cukup nyaman, dengan tarif Rp 3.500,- bisa keliling Bali dengan murah dan aman.