Bright Advisor Sunlife, Perencanaan Keuangan Menjadi Mudah

Perencanaan keuangan masa pensiun, traveling dan pengelolaan keuangan sangatlah penting untuk menciptakan kemapanan finansial. Contohnya tahun depan ingin membeli mobil, rumah atau traveling ke luar negeri wajib direncanakan dari sekarang khususnya keuangan pribadi dan keluarga. Sun Life Financial Indonesia merilis produk baru online yang bisa diakses dimana saja yaitu Bright Advisor.

Bright Advisor adalah media tempat bertanya seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan. Hidup di era milenial seperti sekarang kebutuhan asuransi sangat penting. Bagi sebagian orang ada yang anti dengan asuransi, tetap ada orang yang penasaran dengan asuransi tapi malu-malu bertanya langsung dengan agen asuransi. Takut ditawarin dan dipaksa macam-macam untuk bergabung.

Saya termasuk orang yang malu-malu bertanya tentang asuransi, karena produknya sangat banyak dan malas berlama-lama ngobrol dengan orang yang belum dikenal. Dengan adanya Bright Advisor, saya tidak perlu janjian untuk bertemu agen asuransi hanya membuka website Bright Advisor dan menanyakan seputar asuransi dan perencanaan keuangan. Berikut video mencoba Sunlife Bright Advisor.

Minggu (25/9) di House of Balcony Ambarukmo Plaza saya mendapatkan pencerahan tentang pengelolaan keuangan dan persiapan traveling “Wujudkan Liburan Terbaikmu!” oleh travel blogger Donna Imelda dan Atanasia Rian. Mbak Donna berbagi tips traveling yang seru. Sebelum traveling Mbak Donna berpesan agar pos-pos untuk traveling dipisahkan dari kebutuhan pribadi, keluarga dan investasi.

Untuk menciptakan traveling terbaik diperlukan planning yang matang. Mbak Donna membagi perencanaan traveling seperti tempat tujuan, apakah ingin liburan di dalam negeri atau luar negeri. Gaya liburannya apakah backpacker yang memakai tas ransel atau berhari-hari memakai tas koper dan berpindah antar hotel. Liburan bersama keluarga atau solo traveling. Terakhir, jadwal liburan dan budgeting. Untuk jadwal liburan disarankan Mbak Donna ambil waktu yang low season, karena mengejar tiket yang murah dan tidak begitu ramai di lokasi wisatanya.

Mbak Donna menekankan buat yang sudah berkeluarga akan memilih model family trip yang alokasi dananya bisa 2-3 kali lipat. Pilihlah tempat tujuan yang bisa dinikmati dan menambah value anggota keluarga, jangan dipaksakan harus keluar negeri jika budgetnya dipaksakan. Gunakan dana khusus liburan yang sudah dipersiapkan, jangan mengambil dana dari pendidikan atau dana darurat.

Dana khusus liburan terdiri dari macam-macam pos yaitu transportasi, penginapan, makanan, rekreasi, belanja dan biaya tidak terduga. Itu pos yang wajib dipersiapkan sebelum traveling. Bagaimana jika memakai kartu kredit selama liburan? Mbak Donna tidak menyarankan untuk memakai kartu kredit, lebih baik menabung – pay first & pay later. Liburannya tidak memikirkan hutang.

Terakhir, Mbak Donna menjelaskan liburan yang menyenangkan yaitu memiliki added value setelah liburan. Maksudnya added value yaitu liburan yang memiliki hasil yang bisa dinikmati setelah 1-2 minggu masih terasa liburannya. Contohnya, saat liburan kita bisa berbagi dengan yang lain di lokasi liburan. Efeknya menjadi manusia yang lebih baik. Setelah liburan menghasilkan karya seperti foto dan cerita yang bisa ditulis di blog dan buku.

image: bagus gowes

image: bagus gowes

Sesi kudua, Mbak Rian berbagi mengenai traveling yang murah, lebih baik family traveling atau solo traveling. Traveling yang murah bisa direncanakan jauh-jauh hari dengan memesan tiket dan mencari tahu promo, contohnya penerbangan biasanya pembelian tiket 1 tahun sebelum traveling bisa lebih murah. Mbak Rian menyarankan untuk berlangganan email maskapai penerbangan, agar lebih tahu update informasi jika ada promo.

Mbak Rian menjelaskan mengenai family traveling, berlibur bersama keluarga bisa dengan orang tua dan anak-anak. Banyak orang atau keluarga juga harus diperhitungkan, karena berhubungan dengan tiket dan penginapan. Budget besar itu pasti dan kemungkinan sedikit lebih ribet, karena harus mengatur banyak orang. Tapi lebih seru dengan keluarga besar.

Untuk solo traveling, kalau tidak bepergian sendiri palingan bersama teman yang akrab. Akan berangkat bepergian mikir diri sendiri saja, jika ingin backpacker tidak perlu memikirkan penginapan – di jalan saja oke. Waktunya fleksibel dan liburan dirancang sesuai keinginan pribadi. Enaknya waktu sendiri/me time dan untuk budget tidak begitu besar, bisa diatur sesuai dompet.

image: bagus gowes

image: bagus gowes

image: bagus gowes

image: bagus gowes

Iklan

2 thoughts on “Bright Advisor Sunlife, Perencanaan Keuangan Menjadi Mudah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s