Mencoba Aplikasi Traveling Explore Pekalongan di ASUS Zenfone 3

Kemarin Rabu (5/10) Pemerintah Kota Pekalongan melaunching sebuah aplikasi traveling khusus untuk Kota Pekalongan yaitu Explore Pekalongan. Pemkot Pekalongan berkerjasama dengan PT. XL Axiata membuat aplikasi traveling tersebut untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang Kota Pekalongan.

Saat ini aplikasi Explore Pekalongan sudah bisa diunduh di Play Store. Saya memakai smartphone ASUS Zenfone 3 cukup lancar menjalankan aplikasi Explore Pekalongan ini. Untuk menjalankan aplikasi ini perlu mengaktifkan GPS di smartphone, karena berhubungan dengan maps yang menunjukan lokasi kita menuju tempat yang ingin dituju di Kota Pekalongan.

Untuk tampilan utama langsung disuguhkan header foto tempat wisata di Pekalongan seperti Grosir Batik Setono Pekalongan, Kampung Batik Pesindon Pekalongan dan Kampung Batik Kauman Pekalongan. Saya mencoba masuk di tampilan Kampung Batik Pesindon, ada penjelasan mengenai Kampung Batik Pesindon yaitu diresmikan satu tahun sejak pengukuhan batik oleh UNESCO dan melewati gang-gang kecil, Kampung Pesindon masih dapat dijangkau dengan kendaraan beroda empat.

Di aplikasi Explore Pekalongan ada beberapa kategori seperti Pasar Batik, Riset, Kominfo dan Pariwisata. Masuk di kategori Pasar Batik ada sub kategori baju anak, kemeja, celana, blus, sarimbit, kain, gamis, daster dan house hold. Saya coba pilih kemeja ada berbagai macam pilihan kemeja pria dari lengan panjang dan pendek. Untuk harga dari mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 150.000, bisa langsung beli di halaman tersebut.

Saya coba masuk di kategori lain yaitu riset, menemukan segala berita tentang Pekalongan seperti prestasi, pameran produk dan pengumuman di Kota Pekalongan. Cukup update dan informatif berita tentang Kota Pekalongan. Selanjutnya saya masuk Kominfo yang masuk ke website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan. Terakhir, kategori Pariwsata yang langsung terhubung dengan Badan Promosi Pariwisata Kota Pekalongan. Ada news, events, destination, accomodations, virtual tours.

Cukup bagus aplikasi Explore Pekalongan, membantu wisatawan yang ingin berlibur dan mencari oleh-oleh khas Pekalongan. Sedikit kritik untuk aplikasi ini sangat banyak kategori dan tulisannya sangat kecil, jadi kurang nyaman untuk dibaca dalam waktu lama. Untuk awalan sangat bagus, semoga kota lain bisa mengikuti.

aplikasi traveling terbaik aplikasi traveling terbaik aplikasi traveling terbaik aplikasi traveling terbaik

Iklan

2 tanggapan untuk “Mencoba Aplikasi Traveling Explore Pekalongan di ASUS Zenfone 3

  1. Maturnuwun ulasannya, pas lg butuh info sblm download aplikasi ini. Adakah aplikasi serupa utk perbandingan? Trs aplikasinya bs interaktif ndak, misal kita urun post foto/info?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s