Pemanfaatan Sosial Media Untuk Bisnis dan Hobi

Sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram bisa dijadikan media untuk bisnis dan berbagi karya kepada masyarakat agar mereka tahu. Untuk sekarang sosial media kebanyakan dipakai hanya untuk berbagi aktivitas narsis tentang keseharian. Tidak salah sebenarnya, social media dimanfaatkan lebih maksimal akan bermanfaat bagi orang lain.

Senin (5/9) saya diundang oleh BCA dan Blogger Perempuan Network mengikuti talkshow “Ngobrol Bareng Blogger Yogyakarta bersama Yehezkiel Cyndo”. Tema talkshow masih berhubungan dengan media online yaitu pemanfaatan sosial media untuk bisnis dan hobi. Yehezkiel Cyndo merupakan anak muda yang memiliki hobi menggambar di kertas dan menjadikannya cerita seperti komik. Cyndo Little Story, merupakan karya fenomenal yang mempromosikan lewat sosial media Instagram.

Cyndo tidak instan seperti sekarang yang dikenal sebagai seorang seniman mural dan sketcher. Awal Cyndo menggambar saat masih kecil tidak berbentuk dan tidak memiliki jiwa seni. Karya yang ditunjukan saat itu hanya berbentuk lingkaran. Setelah itu Cyndo mulai mengeksplor dan menambah referensi dengan membaca buku-buku ilustrasi design grafis. Selalu mencoba dan sharing kepada yang lebih mahir terus dilakukan. Tips dari Cyndo buat yang baru memulai ilustrasi, jangan minder dengan hasil karyamu untuk terus mencoba dan tunjukan kepada teman karyamu itu.

sakuku bca promo

Setelah Cyndo menghasilkan banyak karya seperti sekarang, perlu adanya personal branding dan promosi di social media. Sekarang eranya social media, jika memiliki sesuatu yang baru akan menjadi kebanggaan dan pastinya dipamerkan di online. Saat itu Cyndo setelah membuat karya ilustrasi dan sketch langsung mengabadikannya di Instagram dan Facebook. Jika beruntung ada orang yang menyukai hasil karya kita dan membelinya dengan harga yang pantas.

Untuk personal branding, Cyndo membuat karya pribadi agar masyarakat lebih mengenal yaitu Cerita Kecil. Ini adalah sebuah wadah, Cyndo dengan pacarnya Camilla Okdriana mencoba untuk mewarnai dan membagi mimpi kepada sesama. Karena mimpi berasal dari sini, kata Cyndo. Cyndo memilih nama “Cerita Kecil”, karena dari cerita-cerita kecil ini berharap akan terjalin sebuah cerita yang mampu menghidupi cerita kehidupan yang lebih besar bagi Anda. Saat ini Cyndo membagikan ceritanya dalam bentuk “scrapframe..”.

Scrapframe adalah sebuah metode menuangkan seni visual 2D yang ditempel dengan berbagai tambahan media sehingga gambar tersebut menjadi tampak menonjol dan menghasilkan efek yang menarik. Cerita kecil adalah scrapframe yang dibuat dengan metode gambar tangan menggunakan media “Cat air” dan “Drawingpen/Pensil”  sehingga hasil karya tersebut hanya menjadi milik si penerima Cerita Kecil seorang, satu saja tanpa ada copy’an dalam bentuk digital.

sakuku bca promo

Dari hobi sketch bisa dijadikan pekerjaan seperti Cyndo. Pertama kali mendapatkan pekerjaan mural, tidak memasang harga yang mahal. Terima saja pekerjaan tersebut dan itu menjadikan batu loncatan pekerjaan selanjutnya. Cyndo bercerita pernah diajak ke Filipina untuk menghibur warga saat terkena badai Katrina. Cyndo membuat sketch berbentuk cerita untuk anak-anak di Filipina agar mereka lebih tegar menjalani kehidupan selanjutnya. Dari sekedar sketch bias jalan-jalan membantu masyarakat lainnya.

sakuku bca promo sakuku bca promo

Sesi kedua, perkenalan produk terbaru dari BCA yaitu Sakuku. Sakuku adalah sebuah aplikasi mobile yang memudahkan segala transaksi perbankan untuk segala acara. Lebih jelasnya Sakuku adalah dompet elektronik yang bersifat personal, uangnya tersimpan di aplikasi Sakuku di smartphonemu. Lebih simple dan praktis tidak perlu bawa uang banyak di dompet.

Sakuku bisa digunakan untuk belanja barang di berbagai merchant seluruh Indonesia. Cek aja list merchant Sakuku di sini (www.bca.co.id/merchantsakuku). Selain untuk belanja, Sakuku bisa juga untuk membeli pulsa, transaksi perbankan dan yang paling penting bisa transfer antar akun Sakuku tanpa ada biaya. Jika di lokasi merchant belanja ada logo Sakuku, selesai belanja ingin mengambil uang tunai bisa juga melalui ATM BCA terdekat tanpa menggunakan kartu ATM.

Ada tiga point penting dari aplikasi Sakuku yaitu Mudah, Praktis dan Gratis. Pertama, mudah hanya perlu mendownload aplikasinya di App Store dan Google Play Store. Setelah mendownload langsung registrasi di aplikasinya tersebut dengan mencantumkan email, tanggal lahir, dan no. handphone. Praktis, dengan menggunakan no. handphone kita yang diibaratkan nomor rekening sangat mudah dihafal dan bertransaksi. Ketiga, gratis biaya bulanan. Tidak perlu ketakutan ada potongan setiap bulannya.

Fitur aplikasi Sakuku di smartphone sangat lengkap bias melihat info saldo, mutasi transaksi, bayar belanja, isi pulsa, kontak. Untuk info saldo, sangat mudah tidak perlu lagi ke mesin ATM untuk mengecek saldo. Mutasi transaksi, terlihat ada berapa transaksi yang sudah kamu lakukan dengan Sakuku. Bayar belanja, fitur ini bisa membantu kamu membayar belanjaan secara online atau offline. Isi pulsa, kamu bisa memakai aplikasi Sakuku untuk membeli pulsa smartphone-mu atau nomor lain. Terakhir kontak, kita bisa melihat teman-teman kita yang memakai Sakuku. Lebih mudah dan praktis dengan Sakuku. Berikut tampilan Sakuku di smartphone android.

sakuku bca promo

 

sakuku bca promo

 

sakuku bca promo

 

sakuku bca promo

Iklan

2 tanggapan untuk “Pemanfaatan Sosial Media Untuk Bisnis dan Hobi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s