Desa Wisata Pentingsari

Kemarin Sabtu (17/12) saya jalan-jalan ke Desa Wisata Pentingsari yang berlokasi di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta tepatnya di kaki Gunung Merapi. Kebetulan jalan-jalan kali ini bersama Dinas Pariwisata Sleman, mengenal potensi wisata Sleman yaitu Desa Wisata Pentingsari dan Agro Wisata Bumi Merapi. Lokasi Desa Wisata Pentingsari tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja hanya 25 km dengan jalan menanjak arah Kaliurang.

Saya bersama Ardian berangkat dari Jogja pukul 08:00 WIB naik Honda Vario 150 sampai di Desa Wisata Pentingsari kurang lebih pukul 09:00 WIB. Kami melewati rute utama yang mudah dilewati mobil dan motor. Rutenya: Kota Jogja – Jl. Kaliurang – Ring Road Kaliurang – Arah Kaliurang – Pakem – Cangkringan – Desa Wisata Pentingsari. Lebih mudahnya menanyakan setelah menemukan Kali Kuning yang sering untuk jeep offroad.

Desa Wisata Pentingsari cukup terkenal oleh penduduk sekitar, kami kebablasan sampai Kali Kuning dan menanyakan ke warung sekitar diberitahu arahnya. Desanya agak masuk ke dalam jalan setapak, jadi pelan-pelan saja jika ingin menuju Desa Wisata Pentingsari. Suasana dan pemandangan sepanjang masuk Desa Wisata Pentingsari sangat tenang dan adem, banyak pepohonan besar yang menutupi wilayahnya. Cuaca saat itu tidak begitu panas, agak mendung.

Tidak terlambat datang di Desa Wisata Pentingsari sudah ada Pak Warsito, perwakilan Dinas Pariwisata Sleman yang mengundang teman-teman blogger mempromosikan wisata Sleman. Selain dari Dinas Pariwisata Sleman ada koordinator Desa Wisata Pentingsari yang menemani keliling dan memperkenalkan potensi yang ada di desa tersebut.

Sambil menunggu teman-teman blogger yang belum datang, kami dijamu jajanan tradisional Sleman seperti jadah tempe mbah carik, pisang dan kacang rebus, dan minumannya wedang jahe merah. Kami dipersilahkan untuk masuk di pendopo ndalem Desa Wisata Pentingsari untuk bersantai dan mendengarkan apa saja yang ada di desa wisata. Saya baru tahu banyak potensi Desa Wisata Pentingsari, seperti Joglo Herbal, guest housecamping ground dan outbond, kopi robusta, pelatihan menanam salak, dll.

Joglo Herbal

desa wisata pentingsari

Joglo herbal berlokasi di wilayah Desa Pentingsari yang dikelola oleh Pak Rahman. Joglo herbal sebagai tempat pelatihan, konsultasi, rekreasi dan home stay. Waktu berkunjung ke joglo herbal bertemu langsung dengan Pak Rahman. Orangnya gembira dan suka berbagi informasi mengenai tanaman-tanaman yang bisa dijadikan produk herbal.

Tanaman herbal bisa ditanam di halaman rumah dan memakai media pot. Pak Rahman mencontohkan tanaman herbal seperti tanaman obat daun dewa, tanaman obat seledri, belimbing wuluh, tanaman obat daun kelor, bayam duri, dll. Untuk menjaga kesehatan, Pak Rahman yang berumur 65 tahun menyarankan agar selalu minum air putih dan mengurangi makan-makanan yang enak seperti sate kambing, tengkleng, jeroan. Berasa enaknya sekarang, tapi efeknya akan dirasakan saat tua.

Masih di joglo herbal, teman-teman blogger diajak berkreasi membuat belalang dari janur dan wayang. Saya kebagian membuat belalang dari janur, fungsinya ditaruh saat acara pernikahan di tengah hiasan buah-buahan. Filosofi belalang dari janur yaitu mensyukuri hasil kebun di ladang/sawah. Susah-susah gampang membuat belalang dari janur, tapi saya lancar setelah diajarkan awalan cara membuatnya.

Guest House

desa wisata pentingsari

 

desa wisata pentingsari

 

desa wisata pentingsari

 

desa wisata pentingsari

 

Cukup murah menginap di guest house atau home stay Desa Wisata Pentingsari, hanya Rp 100.000,- sudah 3x makan dan 1x snack. Dengan view pedesaan dan sungai yang mengalir deras membuat hati nyaman dan kembali segar. Model guest house di Desa Wisata Pentingsari tinggal bersama pemilik rumah, jika ingin mencari sesuatu bisa dibantu. Desain rumahnya tidak begitu tradisional, cukup nyaman dan adem karena di dataran tinggi.

Selain guest house jika pengunjung ingin mencoba kegiatan lain seperti bajak sawah/tanam padi, memancing/tangkap ikan, petualangan, sepak bola lumpur, dll. masing-masing ada tarifnya. Mulai 15.000/orang bisa mencoba kegiatan lain yang seru. Jika bosan dengan kegiatan outdoor ingin bersantai dan menonton atraksi budaya. Warga Desa Wisata Pentingsari juga ada fasilitas belajar gamelan, tari klasik, kreasi janur dan kreasi wayang suket. Mulai Rp 25.000/orang bisa mencoba kegiatan tersebut.

Ada 55 rumah yang disewakan menjadi guest house di Desa Wisata Pentingsari. Rata-rata yang menyewa guest house adalah instansi dan sekolah yang menyewa paketan dan outbond. Disarankan jika ingin menyewa guest house dan fasilitas lainnya 3-4 bulan dari waktu kedatangan, biasanya penuh jika memesan waktu dekat. Untuk perorangan/keluarga juga bisa menyewa hanya guest house, jika penasaran dengan tempatnya. Informasi persewaan bisa hubungi Pak Doto – 0858.6866.3456.

Sentra Olahan Kopi Robusta

desa wisata pentingsari

 

desa wisata pentingsari

 

desa wisata pentingsari

 

desa wisata pentingsari

Desa Wisata Pentingsari punya kelompok tani perempuan yang dinamakan Tunggak Semi. Kelompok tani tunggak semi terdiri dari beberapa Ibu rumah tangga yang mengolah hasil kebun yang ada di Desa Wisata Pentingsari. Untuk proses dari biji kopi menjadi bubuk kopi yang siap dikonsumsi, kelompok tani masih menggunakan cara manual.

Saya berkesempatan melihat langsung proses produksi kopi robusta Desa Wisata Pentingsari. Biji kopi yang sudah panen disangrai di wajan penggorengan 2-3 jam dan terus dibolak-balik hingga semua berwarna hitam kecoklatan. Setelah melalui proses sangrai, biji kopi tersebut didiamkan dingin, lalu masukkan di tumbukkan kopi dari kayu lalu dipukul-pukul dengan kayu hingga menjadi serbuk.

Selain kopi di Desa Wisata Pentingsari juga ada olahan jamur kuping dan merang, karena faktor hama yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya banyak warga yang berhenti membudidayakan jamur tersebut. Potensi makanan lain ada keripik bayam, salak rebus dan keripik salak, cukup enak olahannya karena masih sedikit ditemukan di tempat oleh-oleh.

desa wisata pentingsari

Iklan

2 thoughts on “Desa Wisata Pentingsari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s