Bikin Paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Cilacap

Hallo.. Selamat pagi dari Cilacap! Saya sedang pulang kampung di Cilacap untuk mengurus dokumen menikah dan paspor. Senin sore (9/1) saya pulang ke Cilacap dengan Bus Efisiensi, sudah lama tidak pulang ke Cilacap. Perjalanan Jogja ke Cilacap menggunakan Bus Efisiensi hampir 5,5 jam, karena jalanan rusak dan penuh dengan kendaraan. Tidak ada pilihan lain, kalau naik kereta harus turun di Stasiun Kroya atau Stasiun Maos yang cukup jauh dari rumah.

Selasa (10/1) saya niatkan untuk mengurus pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Cilacap, karena di bulan Maret akan bepergian ke luar negeri. Kantor Imigrasi Cilacap beralamatkan di Jalan Urip Sumoharjo No. 249, Gumilir, Cilacap tidak begitu jauh dari rumah mungkin 1 kilometer. Sebelum ke Imigrasi Cilacap saya menuju Imigrasi Jogja tetapi ditolak oleh petugas imigrasi, alasannya KTP saya bukan Jogja dan sekitarnya (Sleman, Bantul, Jogja, Kulon Progo, Gunung Kidul dan kota terdekat lain). Untuk tetap membuat paspor di Imigrasi Jogja harus membuat surat keterangan domisili yang dikeluarkan oleh Ketua RT ditandatangani RW dan Kelurahan.

Oke saya menyerah, kapan-kapan saya akan membuat paspor sendiri di Imigrasi Cilacap. Sebelum pulang dari Imigrasi Jogja, kebetulan dokumen saya diperiksa untuk melihat kelengkapannya: 1 lembar akta kelahiran asli dan foto copy, 1 lembar kartu keluarga asli dan foto copy dan 1 lembar KTP asli plus foto copy. Kata petugasnya syarat-syaratnya sudah terpenuhi, kalau bisa mengurusnya di Imigrasi Cilacap lebih bagus sesuai dengan KTP.

bikin paspor online

Selasa pagi saya berpakaian rapi (baju kerah sampai leher, celana jeans dan sepatu) memantapkan datang ke Imigrasi Cilacap untuk membuat paspor. Saya berangkat dari rumah pukul 08:00 WIB, sampai Imigrasi Cilacap pukul 08:15 WIB. Pertama kali saya masuk ke kantor Imigrasi Cilacap dengan bangunan baru, saya pelan-pelan membaca tanda tempat parkir motor yang diarahkan ke belakang. Kantor Imigrasi Cilacap memakai gedung baru pindahan dari kantor lama di Jalan S. Parman, Cilacap.

Setelah memarkirkan motor, saya masuk dengan percaya diri menemui satpam Imigrasi yang ada di dalam ruangan. “Saya ingin membuat paspor”, ditanya balik “Membuat paspor baru atau perpanjangan?” Paspor baru. Saya diarahkan ke mbak customer service yang berada di samping pintu masuk berjumlah 2 orang. Saya tidak sempat berkenalan dan ditanya namanya, langsung ditanya syaratnya sudah lengkap? Coba dikeluarkan semuanya. Tidak begitu lama, mbak cs mengeluarkan sebuah map biru berisi formulir pembuatan paspor baru yang harus diisi dan salah satu formnya harus ditempel materai Rp 6.000.

Saya mencari meja untuk menulis form tersebut dengan lengkap, ballpoint hitam dan memakai huruf kapital. Sebaiknya ballpoint disiapkan dari rumah, jangan mengandalkan fasilitas Imigrasi. Saya melihat ballpoint di Imigrasi habis dan tidak diganti oleh petugas. Setelah selesai menulis formulir dan menempel materai Rp 6.000,- berikut tanda tangan, perlu dicek ulang oleh cs kembali. Setelah lolos pengecekan, dilanjutkan pengambilan nomor antri yang ada scan foto wajah. Saya mendapatkan nomor 76, nomor di layar baru 26 cukup lama menunggunya.

bikin paspor online

Sudah datang cukup pagi ternyata menunggu panggilan setelah waktu istirahat jam 13:00, karena pukul 12:00 – 13:00 masuk waktu istirahat pegawai. Saya mendapatkan no. 76, karena di Imigrasi Cilacap banyak pemuda, bapak dan ibu yang magang dan bekerja di luar negeri dibantu oleh agen. Kemungkinan dari pagi agen tersebut membawa 5-10 orang yang sudah siap formulir, pengambilan nomornya sekaligus. Buat yang ingin membuat paspor di Imigrasi Cilacap, saya sarankan datang sebelum jam 12:00 karena pendaftaran tiap harinya dibatasi maksimal 12:00 – setelah jam tersebut tidak dilayani.

Baru kali saya antri dan menunggu lama di Imigrasi Cilacap, loket yang aktif melayani ada 5 tetapi di tiap-tiap loket ada sistem acak ada antrian yang offline untuk umum, lanjut usia, difabel dan online. Nomor 76 saya dapat layanan pukul 14:00, untung saya bisa pulang dulu dan makan siang karena dekat dari rumah. Saya ke kantor Imigrasi Cilacap lagi 13:30 sudah mulai sepi. Saya berada di loket 2 dengan petugas yang gendut, ditanya: Sebelumnya sudah punya paspor? Belum. Alasan membuat paspor? Saya akan ke luar negeri untuk liburan. Tidak ada pertanyaan lanjutan.

Setelah proses wawancara yang singkat dilanjutkan untuk pindah kursi di sebelah dengan background putih untuk foto, petugas Imigrasi mengarahkan kepala agak kesamping kanan atau kiri. Buat yang memiliki jambang (jenggot atau kumis) sebaikanya dicukur dahulu, karena akan mempersulit untuk mengenali wajah ketika mengunjungi negara lain yang mempermasalahkan foto yang ada jambang dengan aslinya yang mungkin tidak ada jambang.  Setelah foto, petugas menyuruh untuk menempelkan 5 jari kanan dan kiri bergantian ke alat sidik jari. Jangan basah jari dan kaku saat menempel.

bikin paspor online

Selesai sudah proses administrasi dan wawancara pembuatan paspor, menunggu 5 menit saya dipanggil lagi diberikan formulir pembayaran paspor yang berisi kode untuk dibayarkan ke bank pemerintah atau Kantor Pos Indonesia. Pembayaran tersebut totalnya: Rp 355.000, dengan perincian Rp 300.000 (Biaya Paspor) + Rp 55.000 (Jasa Ti Biometrik). Selesai mendapat formulir tersebut saya menuju satpam menanyakan Bank mana saja yang berkerjasama dan terdekat dengan Imigrasi Cilacap, satpam menyarakan di BNI terdekat dekat terminal Cilacap. Waktu sudah menunjukkan pukul 14:45, satpam Imigrasi menyarankan sekarang saja untuk membayar agar segera diproses.

Formulir perintah pembayaran ada stempel yang bertuliskan 3 hari dari waktu pembayaran paspor bisa diambil di Imigrasi dengan waktu 09:00 – 16:00. Saya segera hari itu menuju BNI Gatot Subroto Cilacap, alhamdulillah masih buka dan melayani pembayaran paspor tersebut. Padahal waktu sudah menunjukkan pukul 15:00. Saya mendapatkan bukti pembayaran paspor dari BNI ada 3 lembar yang berbeda warna putih, pink dan kuning. Saya sambil berdoa semoga cepat jadinya dan dihitung 1 hari mulai Rabu.

3 hari penghitungan paspor jadi umumnya dibuat dan transfer hari Selasa, jadi hari Jum’at atau Senin karena Sabtu dan Minggu kantor libur. Saya coba datang Kamis (12/1) siang ke kantor Imigrasi Cilacap, ternyata tidak ada paspor dengan nama saya yang sudah siap. Dengan sedikit memaksa, saya sudah membayarnya dari Selasa lalu petugasnya menghitung 3 hari dari Selasa yaitu Jum’at jadinya. Saya diarahkan ke bagian bendahara untuk cross check pembayaran. Bendahara bilang paspor sudah bisa diambil tetapi agak sorean aja Mas sekitar pukul 15:00.

bikin paspor online

Alhamdulillah cukup 2 hari menunggu paspor jadi, diluar perkiraan yang dikiranya 3-5 hari ketabrak libur pegawai. Saya datang tepat pukul 15:00 WIB menuju loket pengambilan paspor untuk menandatangani formulir pengambilan paspor. Sebelum paspor dibawa, ada bagian yang harus di foto copy  bagian belakang dan halaman paspor yang ada fotonya. Tidak perlu calo atau agen pembuat paspor untuk mengurusnya, hanya butuh kesabaran dalam mengurusnya. Hore..!!!