Sunday Morning Run Indorunners Jogja

Minggu-minggu ini setiap pagi Jogja selalu hujan, kadang-kadang cuma gerimis yang membuat gagal untuk berolahraga di luar rumah. Kemarin Minggu (15/1) cuaca Jogja hujan tapi tidak begitu deras, saya sudah niat berangkat lari sunday morning run bersama komunitas Indorunners Jogja. Dari rumah Ngadinegaran sudah hujan yang intensitasnya teratur. Saya paksakan untuk memakai jaket menuju lokasi kumpul di Graha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada.

Sepanjang perjalanan menuju Graha Sabha Pramana hujan masih terus turun dan tidak pernah berhenti sedikit pun. Pukul 18:00 sampai di sisi barat Graha Sabha Pramana, ternyata sudah 6 orang berkumpul melakukan pemanasan. Hujannya sudah cukup reda menunggu teman lain yang bergabung lari pagi. Kami sepakati pukul 18:20 berangkat dari Graha Sabha Pramana mengikuti rute yang sudah dibuat teman lari David Pande.

Sunday morning run merupakan agenda rutin Indorunners Jogja yang diadakan tiap hari Minggu dengan start/finish di sisi barat Graha Sabha Pramana. Tahun 2017 hari minggu kemarin pertama kali sunday morning run dengan rute yang cukup jauh 14 kilometer, mengelilingi Kota Jogja sampai Alun-Alun Kidul. Saya sudah lama tidak long run cukup pegal setelah lari kemarin, hehe.. Rute sunday morning run bisa dilihat di Strava.

indorunners jogja

Tepat pukul 18:20 kami ber-15 berlari dari Graha Sabha Pramana UGM menuju Jl. C. Simanjuntak dengan hujan yang belum berhenti. Kami bukan atlit, cuma penghobi, kecepatan rata-rata hanya pace 7/km. Di setiap ada spot menarik yang bagus untuk foto-foto, kami berhenti untuk istirahat dan mendokumentasikan sunday morning run. Alhamdulillah tidak ada cedera atau tertinggal rombongan, semua bisa menyesuaikan ritme lari.

Spot-spot yang abadikan untuk foto bersama yaitu Tugu Jogja, Malioboro dengan tampilan baru. Malioboro yang sekarang sangat nyaman untuk pejalan kaki, ada kran air minum yang bisa langsung diminum di tengah-tengah Malioboro. Spot selanjutnya kami berhenti di 0 kilometer dengan background Kantor Pos Besar Yogyakarta. Tidak jauh dari Kantor Pos Besar Yogyakarta, kami berhenti di Alun-Alun Kidul sambil mengabadikan di belakang pohon beringin.

indorunners jogja

14 kilometer bukan jarak yang pendek untuk pelari pemula. Disarankan tiap 5 kilometer harus minum agar tidak dehidrasi. Kami sempat berhenti di Indomaret untuk beristirahat dan membeli minuman. Jangan sekali-kali meremehkan minum karena alasan tidak haus, itu akan fatal mengganggu otak. Terakhir kami semua finish sekitar pukul 09:00 – 09:30 dengan cuaca yang cerah, tidak begitu panas. Semua senang dan sehat setelah sunday morning run.

indorunners jogja

 

indorunners jogja

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s