Tes Kesehatan Sebelum Menikah di Laboratorium Klinik Cito Jogja

Ini pengalaman pertama saya tes kesehatan khususnya sebelum menikah di laboratorium. Saya banyak bertanya ke teman, keluarga dan mencari informasi di internet, apakah perlu melakukan tes kesehatan sebelum menikah? Saya hobi berolahraga dan rutin 2 bulan sekali donor darah sukarela di PMI Kota Jogja. Saya berkesimpulan badan segar dan bugar, insyallah tidak ada apa-apa di dalam organ dalam tubuh. Setelah bertanya dan kesepakatan dengan calon istri, saya menyetujui untuk tes kesehatan sebelum menikah.

Banyak laboratorium di Jogja seperti laboratorium klinik Cito Jogja, Prodia Jogja, Pramita Lab Jogja, dll. menawarkan paket tes kesehatan sebelum menikah. Sayangnya laboratorium tersebut tidak menjelaskan detail di website perusahaan, berapa tarif dan apa saja yang kan dites dalam paketan tes kesehatan tersebut. Saya bersepeda ke tiap-tiap laboratorium yang radiusnya tidak begitu jauh dari rumah. Tiap laboratorium mematok harga yang bermacam-macam dan jenis pemeriksaan yang lengkap.

Setelah berkeliling tiap laboratorium, akhirnya saya memutuskan untuk tes kesehatan sebelum menikah di Laboratorium Klinik Cito Jogja – Jl. Atmosukarto No. 4 Jogja, Telp. (0274) 563.656. Faktor utama saya memilih laboratorium klinik Cito Jogja, karena tarif yang ditawarkan cukup ekonomis. Laboratorium klinik Cito Jogja jelas membuat paket untuk pria dan wanita, khusus pria ada paket jasmine seharga Rp 513.000. Untuk wanita ada paket rose: Rp 1.235.000,- dan paket tulipe: Rp 1.780.000. Khusus tanggal 9 dan 10 tiap bulannya, Laboratorium Klinik Cito se-Indonesia memberikan diskon 20%. Lumayan…

Kamis (9/1) saya memantapkan untuk datang ke Laboratorium Klinik Cito Jogja dan mengambil paket jasmine. Paket jasmine diperuntukkan untuk pria yang akan menikah dan menginginkan deteksi kesehatan reproduksi dan genetika. Jenis pemeriksaan:

  • Darah lengkap dengan analyzer (dengan LED)
  • Glukosa puasa
  • Glukosa 2 jam pp
  • VDRL
  • HbsAg
  • Golongan Darah + Rhesus
  • Analisa Urine
  • Pemeriksaan Fisik

Khusus yang ingin mengetahui pengecekan glukosa puasa sebaiknya tidak makan selama 8-10 jam sebelum tes kesehatan tersebut, dibolehkan untuk minum air putih. Waktu saya melakukan tes kesehatan tersebut, pukul 21:00 sampai pagi 08:00 WIB saya tidak makan apapun. Pukul 21:00 – 05:00 bisa dipakai untuk tidur. Saya datang pagi 08:00 WIB ke Laboratorium Klinik Cito Jogja, tidak begitu antri lama langsung dicek diambil darahnya.

Selesai pengambilan darah untuk pengecekan glukosa puasa, disarankan untuk makan nasi dan dihitung kapan mulai makan pertama. Misalnya kamu makan pukul 09:00 dihitung sampai 2 jam yaitu pukul 11:00, harus kembali ke laboratorium untuk dicekkan kembali glukosa 2 jam lanjutannya. Laboratorium klinik Cito memprioritaskan pasien yang akan mengecek glukosa 2 jam, tidak perlu antri lagi walaupun pasien saat itu banyak.

Glukosa 2 jam sama diambil darahnya di sekitaran lengan, saya terbiasa dengan donor darah melihat suntikan besar tidak merasa takut, hahaha.. Dari darah tersebut untuk melihat hasil glukosa, HBsAg dan VDRL. Setelah pengambilan darah, pasien diberikan gelas kecil untuk menampung urine yang akan dianalisa. Saya membaca kertas di kamar mandi, mengenai tipe-tipe urine jika warna urine kita putih itu baik tidak dehidrasi. Jika warna urine kita kuning dan kecoklatan artinya kurang minum/dehidrasi ringan.

Setelah mengumpulkan urine, pasien diajak ke ruangan yang berbeda untuk tes fisik. Tes fisik mengukur tinggi badan, berat badan, mengecek kesehatan mata, cek tensi, dll. Untuk pengecekan mata sama dengan di optik, kita harus melepas kacamata dan membaca huruf yang ada di depan. Kalau ini tidak dibantu kacamata cadangan kesehatan semacam di optik yang mudah diganti lensa, hanya menutup mata sisi kanan atau kiri.

Setelah pengecekan mata, dokter memberikan sebuah kertas untuk mengecek otak kita masih fokus atau tidak. Di kertas itu ada pola bergaris dan bulat kita mengurutkan dengan tangan jalan yang benar dan lurus dari pola tersebut. Ada juga kertas yang memiliki pola titik dan mencari sebuah angka di antara titik tersebut. Tes kesehatan terakhir saya disuruh tidur di kasur pasien, baju dilepas dan dokter menekan seluruh organ tubuh kita. Ditanya apakah sakit? Atau geli? Dokter mengecek ambien, memasukan tangannya ke anus dan memberikan olesan.

Semua prosedur tes kesehatan sebelum menikah sudah saya lakukan. Tidak perlu menunggu lama, 1 hari hasil dari tes kesehatan tersebut sudah bisa diambil di Laboratorium Klinik Cito Jogja. Buat yang tidak sempat mengambilnya, bisa download dari website dan melihat hasilnya. Saya sarankan untuk datang langsung mengambil hasil laboratorium, karena ada penjelasan dari dokter mengenai kesimpulan hasil tes kesehatan tersebut. Contoh saran di hasil laporan saya:

  • Prehipertensi: Perbaiki gaya hidup dengan tidur yang cukup 6-8 jam, olahraga yang teratur minimal 3 kali/minggu, hindari konsumsi alcohol, kurangi konsumsi garam dan lemak, tingkatkan konsumsi kalsium dan minyak ikan. Kontrol tekanan darah secara teratur minimal 1 bulan sekali.
  • Konsultasi dokter mata

 

2 tanggapan untuk “Tes Kesehatan Sebelum Menikah di Laboratorium Klinik Cito Jogja

Tinggalkan Balasan

