UBER, Solusi Mengurangi Kemacetan Lalu Lintas di Indonesia

Selamat pagi.. Kamu tau UBER? Ojek online, pasti tau? Kemarin Kamis (26/1) saya diundang UBER Indonesia gathering blogger dan instagramer di Agenda Resto Jogja – Greenhost Hotel Jogja. Pihak UBER Indonesia menjelaskan sejarah UBER di San Fransisco, California – sekarang sudah ada di Jogja dengan nama uberMOTOR. Di tulisan ini saya akan berbagi mengenai sejarah dari UBER dan menjadi solusi mengurangi kemacetan lalu lintas di Indonesia.

UBER didirikan oleh Travis Kalanick dan Garrett Camp. Bermula dari kebutuhan Travis dan Garrett saat berada di Paris. Kedua orang tersebut ingin sebuah kendaraan datang sendiri yang hanya dioperasikan dengan smartphone. Kemudahan penggunaan smartphone dimanfaatkan Travis dan Garrett membuat aplikasi UBER. Awal mula aplikasi UBER memakai nama UBERCab dengan tampilan yang sederhana, belum semenarik sekarang.

Dengan kemudahan social media Travis dan Garrett merekrut developer dan driver waktu itu dengan Twitter. “Travis: looking 4 entrepreneurial product a location based service.. pre-lauch, BIG equity, big peeps”. Banyak masyarakat yang tertarik ingin bergabung menjadi driver UBER khususnya pemilik mobil, karena mendapat pemasukan tambahan diluar pekerjaan utama. Setelah San Fransisco, negara-negara di Eropa menyambut baik UBER. Per Maret 2013, ada 6.977.450 orang di seluruh dunia yang bergabung menjadi driver UBER.

uber jogja lowongan

Kapan UBER masuk di Indonesia? UBER Indonesia mulai beroperasi tahun 2014. Jakarta adalah kota pertama UBER di Indonesia. Inovasi akan mengganggu ekosistem yang sudah ada. Masih ingat dengan protes UBER di Jakarta yang dilakukan driver taxi offline. Mungkin sampai sekarang, driver UBER dimusuhi driver taxi online bisa jadi mengambil rejeki dari penumpangnya. Itu sebuah resiko ketika taxi offline tidak berinovasi dengan jaman yang serba cepat sekarang. Pengguna/penumpang membutuhkan keamanan, kecepatan dan harga yang pasti untuk sebuah transportasi.

Saat berkunjung ke Jakarta saya selalu menggunakan UBER dari Bandara Soekarno Hatta menuju tempat yang dituju. Waktu ke Jakarta saya mengikuti acara Jakarta Marathon 2016 dengan Jarwadi. Bukan sok gaya memakai UBER tidak memakai taxi di bandara, UBER banyak yang menganggap murah dibanding taxi bandara. Waktu itu tidak memakai promo apapun, dari Bandara Soekarno Hatta sampai Harmoni cuma Rp 80.000. Alternatif transportasi lain memakai Bus Damri, tapi harus berhenti di Stasiun Gambir dilanjut transportasi lain.

UBER Indonesia menjelaskan, selain Jakarta sudah ada kota-kota lain di Indonesia yang tercover UBER yaitu Bandung, Surabaya, Bali, Malang dan Yogyakarta. Khusus Malang dan Yogyakarta belum ada untuk mobil yaitu uberX, uberBlack, uberTRIP, uberXL. Kebutuhan kota Yogyakarta menurut tim UBER Indonesia adalah motor, banyak mahasiswa yang harganya ekonomis untuk menuju tempat tertentu. Tapi ada kemungkinan uberX tahun ini akan masuk di Yogyakarta, menunggu kebijakan dari UBER pusat.

Sebagai generasi millenial Indonesia yang membutuhkan kepraktisan yaitu mobilitas dengan satu ketukan. Jika ingin berkunjung ke kota tertentu tidak perlu menghapalkan rute bus umum atau angkuta kota yang ada di kota tersebut, buka aplikasi UBER melihat motor/mobil UBER yang ada di daerah tersebut selesai. UBER merilis kecepatan motor/mobil di tiap-tiap negara saat pengguna menunggu driver UBER datang.

  1. London: 2.3 menit
  2. Sydney: 2.8 menit
  3. New York City: 2.9 menit
  4. San Francisco: 3.5 menit
  5. Bandung dan Surabaya: 4 menit
  6. Bali: 5.2 menit
  7. Jakarta: 6 menit
  8. Bangkok: 6 menit

uber jogja lowongan

Kemudahan UBER lain yang bisa dirasakan masyarakat Indonesia yaitu kenyaman, andal dan harga terjangkau. Seandainya kamu ada kartu kredit atau saldo UBER bisa dipakai di kota lain yang memiliki UBER. Khusus kartu kredit, jika kamu travelling ke luar negeri masih bisa dipakai dengan kurs mengikuti negara tersebut. Bagaimana cara melakukan pemesanan di aplikasi UBER?

  1. Masukkan alamat tujuan
  2. Atur alamat penjemputan dan pilih metode pembayaran
  3. Tekan “Pesan uberMotor”
  4. Identitas pengemudi dan kendaraan yang menjemput akan muncul di layar. Nikmati perjalanan dengan harga yang sangat terjangkau. Biaya minimum: Rp 5.000 per perjalanan. Biaya per km: Rp 1.800. Biaya pembatalan: Rp 5.000

UBER Indonesia memberikan jaminan, jika motor/mobil yang datang tidak sesuai dengan pesanan sebaiknya ditolak, karena berhubungan dengan keamanan penumpang. UBER memberikan perlindungan asuransi perjalanan dimulai hingga perjalanan selesai. Santunan hingga Rp 100.000.000,- untuk kematian atau cacat tetap akibat kecelakaan. Santunan hingga Rp 10.000.000,- untuk penggantian biaya perawatan medis akibat kecelakaan.

Terakhir, penawaran menarik khusus UBER di Yogyakarta ada JOGJA FREE WEEK. Merayakan minggu pertama masuk kampus, UBER memberikan naik UBER gratis selama seminggu menuju dan pulang dari kampus dengan uberMOTOR. Mulai tanggal 6 Februari 2017 s/d 12 Februari 2017.

CARANYA?

Masukan kode promo khusus JOGJA FREE WEEK sebelum atau di tanggal 6 Februari 2017. Nikmati perjalanan uberMOTOR GRATIS dari dan menuju kampusmu!

Iklan

2 thoughts on “UBER, Solusi Mengurangi Kemacetan Lalu Lintas di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s