Tiga Solusi Terbaik Untuk Tokopedia

Situs jual beli online atau e-commerce di Indonesia sedang berkembang. Situs e-commerce terbaik di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, OLX Indonesia, Lazada dan Elevania saling memudahkan konsumen untuk belanja barang. iPrice hadir untuk menemukan, membandingkan dan lebih hemat harga di setiap e-commerce.

Menurut data yang dirilis biro riset Frost & Sullivan, bersama China, Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan pasar e-Commerce terbesar di dunia dengan rata-rata pertumbuhan 17 persen setiap tahun.

Melihat besarnya potensi ekosistem jual beli online yang semakin digeluti konsumennya, tak heran jika kegiatan berbelanja online kini telah menjadi gaya hidup yang digandrungi oleh banyak orang. Hal ini pun mendorong munculnya berbagai toko online baru yang hadir untuk bersaing di industri pasar online Indonesia.

Saya suka belanja online, jika membutuhkan barang apapun saya bandingkan dulu harga antar e-commerce ditambahkan dengan ongkos kirim. Jika harga barang plus ongkos kirim masih masuk akal, saya langsung membelinya. Jika tidak wajar dengan ongkos kirimnya dan waktu kirimnya memakan waktu yang lama saya akan mencari barang tersebut di toko offline.

Rata-rata seller yang menjual barangnya di online pasti akan menjual barang di berbagai tempat seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan OLX. Saya terbiasa belanja barang di Bukalapak, karena user interface website dan aplikasinya cukup nyaman untuk mencari barang murah. Terkadang di Bukalapak saya tidak menemukan barang, saya pindah ke Tokopedia dan Lazada.

Solusi Tokopedia

Jika ada barang yang layak jual, kadang-kadang saya jual di Tokopedia khususnya part sepeda. Saya menemukan permasalahan saat tambah produk (masukkan gambar produk), ketika klik dan memasukkan 5 foto produk hanya menjadi draft tidak langsung dijadikan foto yang langsung mengupload langsung, butuh beberapa menit di setiap gambarnya langsung tayang.

Solusi dari saya ketika memasukkan 5 foto produk tersebut langsung tampil di penjualan barang, tidak perlu menunggu. Batasan foto produk 10 MB itu juga kendala, banyak orang yang tidak tahu cara mengkompres foto/gambar, mungkin Tokopedia menyiapkan sebuah plugin yang mengkompres foto tersebut sesuai standar.

tokopedia indonesia

Kedua, salah cara agar barang yang dijual cepat laku adalah seller memberikan gratis ongkos kirim untuk buyer. Kemudahan belanja online tidak diimbangi dengan murahnya ongkos kirim. Contohnya barang dikirim dari Yogyakarta ke Jakarta dengan JNE Indonesia tarifnya Rp 18.000,- padahal harga barang cuma Rp 10.000, berasa berat bayar ongkos kirimnya.

Beberapa seller biar cepat memutarkan barang menggratiskan ongkos kirim ke buyer. Tokopedia tidak ada kolom free shiping yang bisa dipilih seller untuk beberapa kota di Indonesia. Jika ada pembeli sama-sama dalam kota, dengan adanya fasilitas free shiping jadi tidak pikir-pikir untuk langsung klik beli barang. Tokopedia harus berbenah menambahkan fasilitas pilihan free shiping di halaman tambah produk.

 

tokopedia indonesia

 

Ketiga, saya mendownload aplikasi mobile Tokopedia yang ada di Play Store android. Saya selalu pakai untuk mencari barang, mengecek tiket kereta api dan membeli pulsa. Saya menemukan keanehan di aplikasi mobile Tokopedia tersebut, jika tidak dipakai aplikasinya selama 10 menit atau lebih perlu log-in ulang artinya tidak praktis.

Saya membandingkan dengan aplikasi mobile e-commerce lain yang tidak perlu berulang-ulang log-in. Aplikasi e-commerce ada yang sudah bisa memberikan notifikasi langsung jika ada barang yang ditanyakan. Pesan e-commerce sekarang semacam sms atau pesan Whats App masuk, Tokopedia seharusnya bisa semacam itu. Ada fitur chat yang dimodel semacam messenger Facebook atau Whats App.

Itu solusi saya untuk Tokopedia agar terus berbenah dan memudahkan pembeli berbelanja di Tokopedia.

Leave a Reply

