Soto Lamongan Cak Kadir Yogyakarta

Rabu pagi (8/2) tiba-tiba saya ingin sarapan soto, karena #RaboSoto di social media yang dirayakan setiap hari Rabu. Di sekitaran rumah Ngadinegaran sangat mudah menemukan soto, karena penjual soto di Jogja kalau pagi pasti beredar di sepanjang jalan. Pengen merasakan soto yang berbeda dengan penjual lainnya, akhirnya memutuskan untuk sarapan di Soto Lamongan Cak Kadir.

Soto Lamongan Cak Kadir tidak begitu jauh dari rumah, sekitar 600 meter ke arah selatan – Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Mudahnya setelah 500 meter akan menemukan Indomaret di timur jalan, maju sedikit 50 meter di timur jalan ada papan merah yang menutupi trotar Soto Lamongan Cak Kadir. Lokasinya sangat strategis diantara Indomaret dan Alfamart, kalau malam dijadikan tempat jualan martabak telur dan terang bulan.

Berbeda dengan soto biasanya yang kuahnya bening dan hanya berisi kobis. Kalau soto lamongan ada tambahan kaldu yang menjadi pilihan mau dikasih banyak atau sedkit, karena kaldunya dipisah. Sampai di Soto Lamongan Cak Kadir langsung ada tawaran mau soto ayam, soto ceker atau soto sapi. Untuk harganya satu porsi soto ayam dan soto ceker cukup murah: Rp 6.000,- belum sama nasi, karena nasinya dipisah seharga: Rp 2.000.

Untuk soto sapi harganya Rp 8.000,- belum sama nasi. Tambahan makanan setiap menyantap soto ada sate ayam, sate usus atau sate ati, untuk di Soto Lamongan Cak Kadir hanya ada tempe goreng kering dan perkedel. Kalau mau menambah telur rebus, bisa minta di awal saat memesan, saya melihat telur rebus di display gerobaknya. Saya mencoba 2 tempe goreng kering, rasanya pas dengan santapan soto.

Saya memesan soto ceker dengan kaldu dipisah. Satu mangkok soto ceker berisi 2 ceker yang sangat empuk, hanya satu kali lahap daging dan kulit cekernya mudah terlepas. Rasa kuah sotonya gurih dan warna kuahnya tidak begitu bening. Soto Lamongan Cak Kadir buka dari 05:00 – 10:00 WIB. Saya cocok makan di Soto Lamongan Cak Kadir, rekomendasi sarapan soto di wilayah Jogja Selatan.

image: bagus gowes
image: bagus gowes

 

image: bagus gowes
image: bagus gowes

 

image: bagus gowes
image: bagus gowes
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s