Kiat Memaksimalkan Fungsi Internet Untuk UKM

Bukan cuma untuk sarana bersosial media, tapi dengan internet 4G LTE yang tersedia, kamu bisa mengoptimalkan penggunaanya, mulai dari blogging, membuat konten video dan mengupload di Youtube dan menjual sesuatu di marketplace.

Internet kencang seperti XL 4G LTE menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh hampir sebagian besar orang. Pengalaman pribadi saya yang menjadi UKM dimulai dari tahun 2010, pada tahun itu belum seperti sekarang yang sudah banyak marketplace dan terbiasa dengan belanja online. Beberapa marketplace juga sudah mempersempit lingkupnya ada yang fokus di fashionhandicraft, gadget, dll. UKM bisa memanfaatkannya.

Bagaimana cara memanfaatkan fungsi internet untuk UKM di era digital sekarang ini? Apa saja yang bisa dilakukan oleh UKM agar produknya dikenal oleh masyarakat dunia?

Promosi

Bagi UKM yang sudah memiliki produk sendiri dirasa kurang untuk penjualan, mungkin belum tepat sasaran dan maksimal promosinya. Sekarang tersedia beberapa marketplace gratis yang dapat dipakai untuk mempromosikan barang, seperti Bukalapak, Tokopedia, Kaskus, Elevania, dll. Untuk mengetahui seberapa besar efeknya, silahkan dicoba satu per satu mengupload barang di marketplace tersebut.

Bagi yang ingin lebih serius untuk promosi di online, bisa memakai Facebook ads Indonesia. Facebook memiliki dashboard manager untuk mengelola iklan, disana anda bisa memasang iklan sesuai target. Selain Facebook ads, Instagram dan blog juga bisa dijadikan media promosi. Anda bisa menghubungi buzzer atau selebriti Instagram/blogger yang memiliki pengikut banyak dengan harga yang bisa dinegosiasikan untuk mempromosikan produk UKM.

Packaging dan Branding

Produk UKM dari makanan, kerajinan tangan, fashion sudah banyak sekali dijual di online. Anda bisa membuat perbedaan dan memaksimalkan produknya dengan mengganti packaging yang lebih unik dan eye catching. Selain menikmati manfaat dan fungsi dari produkmu, pembeli juga mendapatkan keunikan dari packaging produk yang kamu jual. Biasanya akan dibagikan di social media, itu menambah keuntungan promosi gratis.

Packaging dan branding sangat berhubungan. Contohnya sebuah roti yang berisi parutan keju, packaging akan memakai warna dominan kuning dan sebuah gambar roti yang menggambarkan isi di dalam kemasannya. Usahakan branding tidak jauh-jauh dari kemasan, misalnya makanan menggunakan warna yang cerah dan soft, orang menikmati produknya dari packaging yang bagus lalu akan membeli.

Website dan Blog

Website dan blog merupakan media yang wajib dimiliki UKM saat ini. Fungsi website dan blog untuk UKM sebagai company profile, foto produk, kontak, dll. Buat UKM yang belum memiliki budget untuk membuat website profesional, bisa memakai layanan blog gratisan seperti WordPress, Blogspot, Tumblr, dll. Perbedaan website/blog gratis dan berbayar terkait di penamaan/domain perusahaan dan tema yang bisa dipilih sesuai selera. Jika anda rajin mengisi/posting blog, Google akan menjaring blogmu muncul di halamannya.

Website/blog sebagai katalog produk UKM, usahakan foto produknya lebih detail dan sesuai produk yang dijual. Ada beberapa website yang memanipulasi foto produk agar terlihat bagus di mata konsumen. Cantumkan harga dan kontak jika ada pembeli yang tertarik dengan produk anda. Jika ada kontak yang tersambung dengan Whats App dan LINE itu lebih bagus, lebih mudah untuk dihubungi daripada diberikan nomor telepon.

Jangan sia-siakan momen ketika ada pembeli suka foto dengan produk anda. Itu bisa menjadi portofolio yang bisa diupload di website/blog, pembeli akan senang fotonya muncul disana. Tidak perlu membayar mahal untuk model, konsumen bisa dijadikan model gratis.

Terakhir, jika anda sudah memiliki toko/outlet yang disana ada produk UKM bisa didaftarkan di Google Places. Google places adalah fasilitas gratis yang disediakan oleh Google untuk mempromosikan toko anda. Setelah anda mengirimkan data toko ke Google, pihak Google akan mereview dari lokasi, produk, dll. Tidak begitu lama Google akan mengkonfirmasi lewat email. Pengunjung yang pernah datang ke toko anda, akan diminta review oleh Google dengan memberikan tanda bintang.

Advertisements

7 thoughts on “Kiat Memaksimalkan Fungsi Internet Untuk UKM

  1. Amir

    Di tempat saya juga tanpa saya sadari ada beberapa UKM yang berdiri, dan sempat saya promosikan pula sebisa saya, tentunya dengan internet di jaringan tercepat 4G LTE, promosi menjadi lebih lancar

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s