5 Tips Agar Keuangan Sehat

Sebagai laki-laki, saya tentu saja sangat suka berbelanja. Namun, saya menolak untuk tekor setiap bulan hanya karena memenuhi hasrat untuk keinginan. Hal yang sangat membantu adalah memiliki anggaran setiap bulan untuk pemasukan uang dan pengeluaran uang.

Setiap bulan, alokasikan penghasilan Anda untuk pos pengeluaran seperti berikut ini.

  1. Zakat. Sebagian dari harta kita adalah milik orang lain. Dalam Islam, telah diatur bahwa ada zakat maal, zakat fitrah, dan juga zakat profesi. Kecuali zakat fitrah, nilainya adalah 2.5% dari penghasilan maupun nominal aset yang sudah terhitung harus dikeluarkan zakatnya.
  2. Bayar pinjaman. Dalam pengelolaan keuangan secara syariah, tujuan Anda meminjam dan bagaimana kemampuan Anda untuk bayar pinjaman itu menjadi satu hal penting. Itu sebabnya, utang kartu kredit bisa jadi agak menyesatkan, karena tujuan minjamnya itu tidak bisa dikontrol oleh pemilik dana. Apalagi utang ini tanpa agunan, sangat mengerikan jika ternyata Anda tidak mampu bayar, karena tidak ada aset yang bisa dilikuidasi untuk menutup saldo pinjaman. Ingat lho, pinjaman ini bisa diwariskan kepada anak-anak kita yang pastinya akan membuat hidup mereka semakin sulit.
  3. Dana Darurat. We really never know what’s gonna happen next. Karena takdir adalah milik Allah SWT semata, yang bisa kita lakukan adalah menyisihkan penghasilan untuk masa-masa sulit.
  4. Belanja. Yeayyy.. item nomer empat ini pastinya jadi favorit saya. Belanja untuk keperluan rutin bulanan memang harus bisa dibayar pakai uang penghasilan sendiri. Bukan uang dari pinjaman dana tunai, atau uang orang tua.
  5. Menabung & Investasi. Saya selalu menganggap mengeluarkan uang untuk menabung dan investasi sama saja dengan berbelanja produk-produk keuangan. Pentingnya berinvestasi sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Uang sisa Rp. 100.000 jika tidak diinvestasikan, pasti akan habis juga kan? Dan sayangnya, tidak jadi apa-apa.

Agar anggaran setiap bulan dapat berjalan sesuai rencana, maka usahakan untuk melakukan alokasi di awal bulan. Metode untuk pengelolaan uang dapat menggunakan bantuan beberapa rekening dalam bentuk kartu ATM sekaligus kartu debit dan kartu uang elektronik. Usahakan untuk disiplin dalam pengaturan uang, agar rencana yang telah disusun dapat tercapai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s