Tips Menyiapkan Dana Darurat

Dalam perencanaan keuangan, dana darurat adalah aspek penting yang harus disiapkan oleh semua orang. Sesuai namanya, dana darurat adalah suatu dana terpisah yang khusus disiapkan untuk menghadapi keadaan darurat, seperti terjadinya PHK dari pencari nafkah, kebutuhan biaya karena sakit, biaya bantuan untuk keluarga, dan lain-lain.

Dalam menyiapkan dana darurat ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Dana darurat harus dipisah dari rekening, instrumen investasi ataupun tabungan jangka pendek yang dimaksudkan untuk pemenuhan tujuan keuangan jangka pendek.
  2. Dana darurat harus mudah diambil kapan saja dan dimana saja. Untuk itu, rekening tabungan dengan kartu ATM merupakan pilihan terbaik.
  3. Dana darurat harus ditempatkan di instrumen yang aman, dalam arti memiliki risiko fluktuasi dan risiko default yang rendah.

Hasil investasi yang tinggi merupakan hal penting, namun bukan merupakan pertimbangan utama dalam memilih instrumen untuk penyimpanan dana darurat. Walaupun tabungan adalah produk terbaik untuk penempatan dana darurat, dengan mempertimbangkan imbal hasil yang kecil, Anda dapat juga menempatkan sebagian dana tersebut di instrumen likuid lain dengan imbal hasil lebih tinggi seperti deposito, reksadana pasar uang, ataupun logam mulia dengan proporsi yang sesuai dengan proyeksi tingkat risiko pribadi Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s