Tips Beramal dengan Cerdas

Selain berinvestasi di dunia, kita juga harus ingat investasi di akhirat. Salah satu caranya adalah dengan beramal. Apabila Anda sudah berpenghasilan, beramal pasti akan membuat hidup Anda lebih nyaman.

Bagaimana cara beramal dengan cerdas? Simak tips berikut ini yuk!

  1. Dahulukan yang wajib. Zakat adalah kewajiban yang harus ditunaikan apabila menenuhi persyaratan seperti mencapai nilai nishab. Sedangkan, sedekah adalah perbuatan amal yang tidak memiliki batasan dan tidak ada aturan khususnya.
  2. Buat perencanaan. Untuk zakat profesi, usahakan disisihkan setiap bulan, meski pembayaran bisa saja dilakukan secara tahunan. Sedangkan, untuk zakat harta, sebaiknya diambil dari tabungan.
  3. Tidak berutang. Bila penghasilan atau harta tidak mencapai nishab, maka zakat tidak wajib ditunaikan. Jika kemampuan finansial terbatas, beramallah dengan kemampuan yang Anda miliki.
  4. Bayarkan lewat badan resmi. Khusus zakat harta, ada 8 golongan yang memang ditetapkan berhak untuk menerima. Bagi Anda yang ingin menunaikan zakat, sebaiknya membayar lewat badan amil yang resmi. Bahkan, jika Anda membayar lewat Baznas misalnya, pembayaran zakat bisa jadi komponen pengurang pajak penghasilan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s