Bersihin Karang Gigi di RSGM FKG UMY

Sudah hampir 1 tahun saya tidak pernah ke doktor gigi untuk scaling atau bersihin karang gigi. Diingatkan istri  untuk ke dokter gigi membersihkan karang gigi dan menambal gigi yang berlobang. Mumpung sedang di Jogja, saya tahu tempat membersihkan karang gigi yang murah, hehe.. Jum’at (28/4) saya niatkan untuk datang ke RSGM FKG UMY di Wirobrajan, Kota Jogja.

Dulu saya sering ke dokter gigi minimal 1 tahun sekali, karena banyak teman yang sedang koas di RSGM FKG UMY sekedar bersihin karang gigi atau menambal gigi. Setelah teman-teman sudah lulus dan pindah kota, saya jarang mengunjungi dokter gigi lagi. Berasa karang giginya tidak ada setiap melihat di kaca, ternyata karang giginya menempel di sela-sela gigi.

Saya datang ke RSGM FKG UMY pukul 09:00 WIB langsung menuju meja pendaftaran di lantai 3, ditanya sebelumnya sudah pernah berobat di RSGM UMY? Saya bilang sudah, langsung dicarikan map bertuliskan nama saya. RSGM FKG UMY adalah rumah sakit pendidikan gigi dan mulut, jadi yang menangani semua permasalahan gigi adalah mahasiswa koas yang sebentar lagi mau lulus.

Setelah bagian pendaftaran menemukan map yang berisi dokumen berobat, saya dipersilahkan menunggu untuk penanganan dokter. Tidak sampai 10 menit saya ditemui calon dokter bernama Nadya, saya diajak ke ruangan praktek yang berisi semua mahasiswa yang sedang belajar, bekerja dan berdiskusi dengan pasien dan dosennya.

Sebelum penanganan membersihkan karang gigi saya ditanya keluhan yang selama ini dialami, apakah berdarah saat menggosok gigi? Apakah linu untuk mengunyah di gigi gerahamnya? Setelah menanyakan beberapa pertanyaan, dilanjutkan untuk mengecek satu per satu kondisi gigi dan melihat bagian mana yang ada karang giginya.

Karena ditangani calon dokter yang sedang koas, semua penanganan harus dilaporkan dulu ke dosen perlu waktu yang cukup lama setelah melihat kondisi gigi. Dosen yang bertugas di hari itu hanya ada 1 dan dibutuhkan banyak calon dokter yang sedang menangani pasien. 10 menit menunggu dosen datang dan langsung dilakukan penanganan bersih karang gigi.

Sudah cukup lama tidak membersihkan karang gigi, terasa sakit hampir mau nangis.. Banyak karang gigi yang menyelip di sela-sela gigi yang lokasinya di gigi geraham. Kata dokter gigi yang sebelah kiri jarang dipakai makan/mengunyah, jadi banyak karang gigi yang menempel. Seandainya makan dipakai semua gigi geraham kanan dan kiri, akan mengurangi karang gigi. Fungsi makanan juga membersihkan karang gigi.

Perkiraan waktu 1 jam yaitu 09:00 – 10:00 untuk membersihkan karang gigi, ternyata selesai 11:30 WIB hampir masuk Sholat Jum’at. Alhamdulillah gigi bersih kembali, mungkin kembali 6 bulan lagi setelah ini sekitar bulan Desember 2017. Tarif scaling di RSGM FKG UMY cukup terjangkau, hanya Rp 50.000,- Kalau di dokter gigi yang sudah membuka praktik, mungkin berkisar harga 100.000,- ke atas.

Tinggalkan Balasan

