Kereta Api Penataran Dhoho

Minggu (9/4) saya bersama Atiqoh jalan-jalan ke Malang, rencana itu spontan karena ingin menikmati wisata yang berbeda. Tujuan wisatanya bukan ke Kota Malang, tapi kota terdekat dari wisata tersebut harus menuju Malang. Saya dan Atiqoh ingin mengunjungi Coban Nirwana yang lokasinya 20 km dari Kota Malang, tepatnya di wilayah Gedangan, Malang Selatan.

Karena Atiqoh besar di Malang, tahu ada 3 alternatif menuju Malang yaitu motor, kereta api dan bus patas. Naik kendaraan bermotor boncengan dari Surabaya ke Malang cukup jauh 94,5 km, di jalan terasa capai dan lelah tidak ada kepastian jam berapa sampai Malang. Naik bus patas juga tidak tahu sampai jam berapa sampai Malang, estimasi 2,5 jam. Pilihan terakhir naik kereta api dari Stasiun Wonokromo yang paling pagi yaitu Kereta Api Penataran Dhoho.

image: bagus gowes

Pukul 04:41 Kereta Api Penataran Dhoho tiba di Stasiun Wonokromo. Rumah kami dekat dengan stasiun, setelah sholat subuh 4:30 kami menaiki motor menuju Satsiun Wonokromo. Alhamdulillah sampai di stasiun dan masih ada tiket Kereta Api Penataran Dhoho. Harga tiket Kereta Api Penataran Dhoho dari Stasiun Wonokromo ke Stasiun Malang sangat murah cuma Rp 12.000. Pembelian tiket kereta apinya hanya ada di loket dan bisa dibeli 1 minggu sebelum pemberangkatan.

Kekecewaan saya setelah membeli tiket Kereta Api Penataran Dhoho, PT. Kereta Api Indonesia di tahun 2017 masih menjual tiket kereta tanpa tempat duduk. Dengan sistem kereta api Indonesia yang sudah online, mungkin dibatasi penumpang kereta api ekonomi. Jika sudah penuh kursinya, sebaiknya tidak menjual tiket kereta apinya lagi. 2 jam berdiri dengan penumpang lain di dalam kereta api sampai Malang sangat membosankan dan sangat capai.

image: bagus gowes

Jika Surabaya – Malang sama dengan Yogyakarta – Solo yang hanya menempuh waktu 1 jam dan keretanya bersih tidak masalah. Kereta Api Penataran Dhoho termasuk ekonomi yang sempit untuk berdiri tidak nyaman sekali berdiri selama 2 jam. Saya kecewa dengan PT. Kereta Api Indonesia khususnya di Kereta Api Penataran Dhoho ini. Jika ingin ke Malang lagi dengan kereta yang sama akan membeli tiket keretanya 1 minggu sebelum pemberangkatan.

image: bagus gowes

 

image: bagus gowes

 

image: bagus gowes

 

image: bagus gowes

 

image: bagus gowes

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s