60’s Hostel Singapore

Saat eksplore Singapore pada bulan Maret 2017 saya sempat menginap 1 malam di sebuah hostel yang bernama 60’s Hostel Singapore. Lokasinya di 569 Serangoon Road, Singapore. Kenapa saya memilih 60’s Hostel Singapore? Pertama, murah dan review di Traveloka bagus. Saya dapat harga Rp 135.319,- untuk 1 malam. Kedua, lokasinya dekat stasiun MRT Little India Singapore. Saya janjian dengan teman di sekitaran Little India, jadi mudah untuk bertemu.

Pengalaman pertama saya mencari 60’s Hostel Singapore gampang-gampang susah. Selama di Singapore saya tidak membeli paketan internet, hanya mengandalkan free wifi hotspot Singapore di beberapa tempat seperti Bandara Changi Singapura, Stasiun MRT Singapore dan wifi hostel. Mendarat di Bandara Changi Singapura saya langsung mencari pusat informasi untuk mendapatkan wifi password lalu mengakses WhatsApp dan mendownload peta offline di Google Maps.

image: bagus gowes

Free wifi hotspot Bandara Changi Singapura hanya 30 menit saya prioritaskan yang penting dilakukan untuk mencari informasi di negara Singapura, seperti peta stasiun MRT, pemberhentian MRT yang dekat dengan 60’s Hotel Singapore. Ternyata cukup mudah, karena peta di stasiun MRT ada bahasa Indonesia. Kalau bingung, bisa menanyakan ke petugas yang jaga di setiap pintu masuk/keluar MRT. Petugasnya ramah-ramah, bisa berbahasa Indonesia.

Perjalanan dengan MRT selama 20 menit sampai juga di stasiun MRT Little India. Kalau menurut Google Maps dari stasiun ke 60’s Hostel Singapore hanya 800 meter. Jalan kaki sambil menikmati trotoar di Singapore juga seru. Kebetulan saat saya berkunjung ke Singapore ada gelaran konser akbar yaitu Coldplay Tour Singapore 2017, sering sekali di MRT bertemu dengan orang Indonesia yang akan menonton konsernya.

image: bagus gowes

Saat memesan 60’s Hostel Singapore di Traveloka fotonya tidak begitu kelihatan tampak depannya. Saya bertanya ke masyarakat Singapore dari petugas bersih-bersih jalan dan warung makan, mereka tidak tahu hostelnya. Terakhir saya menanyakan ke pengunjung sebuah restaurant diberi tahu lokasinya. Sampai di lokasi saya kaget, ternyata 60’s Hostel Singapore bentuk bangunannya seperti ruko yang direnovasi dijadikan hostel.

Untuk check-in dan masuk ke dalam hostel dibutuhkan kartu khusus ditempelkan di pintu 60’s Hostel Singapore. Tidak perlu khawatir karena ada petugas yang jaga dan menunggu di dalam/luar 60’s Hostel Singapore, hanya perlu mengetuk pintunya akan dibukakan. Selanjutnya proses check-in sangat mudah, saya hanya menunjukan bukti pemesanan di Traveloka dan memberikan uang deposit $10 nantinya akan dikembalikan saat check-out.

image: bagus gowes

Hostel adalah sharing room dengan pengunjung lain. Saya memesan 60’s Hostel Singapore di Traveloka sudah ada penjelasan kalau sekamar ada 8 kasur dan campur (pria dan wanita). Jangan khawatir, di hostel tidak boleh berhubungan badan, saling menjaga kenyamanan, artinya tidak boleh berisik atau ngobrol keras-keras yang bisa mengganggu pengunjung lain. 60’s Hostel Singapore juga memberikan sarapan gratis, biasanya roti tawar dan teh panas. Kebetulan saya tidak sempat mencobanya, karena jam 7 pagi saya harus check-out agar bisa menikmati Singapore lebih lama.

60’s Hostel Singapore sangat cocok buat backpacker yang hanya menumpang tidur 1 -2 malam di Singapore. Kamar yang diisi 8 kasur tingkat terasa sempit, kerepotan yang saya rasakan saat menaruh tas ransel. Ada backpacker negara lain sedikit egois menaruh tas besarnya di tempat yang asal-asalan. Usahakan minta kasur yang posisinya di bawah, jadi kalau mau keluar masuk kamar mudah. Saya dapat tempat tidur yang di atas, perlu usaha naik – turun tangga kamar tidur.

image: bagus gowes

2 thoughts on “60’s Hostel Singapore

    1. BAGUS GOWES Post author

      City tour Singapore: Merlion, Gardens By The Bay. Kulineran di kampung muslim, sholat jum’at di masjid agung. Sorenya balik ke Indonesia via kapal laut, menginap di Tanjungpinang. Mahal-mahal di Singapore. 😀

      Like

      Reply

Leave a Reply

